44 Hektare Tutupan Pohon Hilang, Suhu Udara Kota Bandung Semakin Panas

Kehilangan pohon membuat temparatur makin meningkat

Bandung, IDN Times - Kota Bandung yang selama ini disebut sebagai salah satu kota dengan udara yang dingin perlahan mulai terkikis. Kondisi temperatur di kota ini perlahan tapi pasti terus meningkat setiap tahunnya.

Salah satu persoalan yang membuat hal itu terjadi tidak terlepas dari tutupan hutan di Bandung yang hilang. Dikutip dari laman Global Forest Watch, sebuah platform daring rintisan The World Resources Insitute yang menyediakan data tentang perubahan lahan pohon sedunia, tutupan hutan di Kota Bandung menghilang mencapai 44 hektare. Data ini direkap sejak tahun 2001 sampai 2020.

Kehilangan tersebut membuat jumlah karbon dioksida meningkat. Angka 44 hektare itu setara dengan 23,9 kiloton emisi CO₂e (karbon dioksida ekuivalen).

1. Dalam 6 tahun terakhir rata-rata suhu di Bandung naik

44 Hektare Tutupan Pohon Hilang, Suhu Udara Kota Bandung Semakin PanasPintersent

Sementara itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung, rata-rata temperatur di Bandung sejak 2014 hingga 2019 juga mengalami kenaikan. Pada 2014 temparatur rata-rata ada di angka 23,40 derajat celcius, 2015 (23,56), 2016 (23,80), 2017 (23,90), 2018 (23,60), dan pada 2019 (23,70).

Dalam jurnal yang dibuat M. Zakir Tazkiatun Naf dan Rika Hernawati dari Jurusan Teknik Geodesi, FTSP, Institut Teknologi Nasional pada 2018 mengenai Analisis Fenomena UHI (Urban Heat Island) Berdasarkan Hubungan Antara Kerapatan Vegetasi Dengan Suhu Permukaan, diketahui bahwa temperatur di Bandung meningkat akibat tutupan pohon yang kian menghilang.

Kesimpulan yang didapat pada 1996 suhu minimum di Bandung mencapai 12.4°C dan suhu maksimumnya 25.8°C, sedangkan suhu rata-ratanya yaitu 19.1°C. Namun pada 2018 suhu minimumnya yaitu 19.2°C dan suhu maksimumnya 36.1°C sedangkan suhu
rata-ratanya yaitu 28.7°C.

Artinya, terjadi peningkatan suhu rata-rata sebesar 9.6°C dalam rentang waktu 1996 sampai dengan 2018. Pada tahun 1996 suhu Kota Bandung masih dominan suhu antara 16-20°C. Sedangkan pada 2018 suhu
Kota Bandung antara 26-30°C berada ditengah-tengah perkotaan.

"Berdasarkan estimasi LST (Land Surface Temperature) dapat dilihat bahwa fenomena UHI sudah terjadi di wilayah Kota Bandung. Korelasi antra indeks vegetasi SAVI (Soil Adjusted Vegetation Index) dan LST berbanding terbalik yang artinya semakin rapat vegetasi maka akan semakin rendah suhu permukaannya," kata Zakir dan Rika dalam jurnal yang mereka hasilkan dikutip IDN Times, Senin (20/9/2021).

2. Di Hari Bumi, Pemkot Bandung pilih tanam kopi

44 Hektare Tutupan Pohon Hilang, Suhu Udara Kota Bandung Semakin PanasIDN Times/Indiana Malia

Pemkot Bandung bukan tanpa usaha untuk mengembalikan keasrian lewat penanaman pohon. Namun, pohon yang digunakan saat ini lebih kepada pohon produktif.

Pada peringatan Hari Bumi misalnya, Pemkot Bandung menanam 3.000 pohon kopi di ruang terbuka hijau (RTH) Kelurahan Pasirwangi Kecamatan Ujungberung Penanaman pohon tersebut masih dalam rangkaian Gerakan Bandung Menanam.

"Kegiatan ini dalam upaya memelihara lingkungan dan mencegah terjadinya banjir," ujar Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. Selain upaya untuk penghijauan, hal ini juga diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan baru untuk warga sekitar," kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana dikutip dari siaran pers Humas Bandung.

3. Tanam pohon yang punya nilai ekonomi bagi masyarakat

44 Hektare Tutupan Pohon Hilang, Suhu Udara Kota Bandung Semakin PanasIlustrasi pohon kopi (IDN Times/Indiana Malia)

Menurut wakil wali kota, selain mencegah banjir, penghijauan merupakan bagian upaya juga untuk memberikan kenyamanan bagi lingkungan. "Bukan hanya memberikan manfaatnya lingkungan saja tetapi pengurangan risiko banjir dan juga punya nilai ekonomi di masyarakat," jelasnya.

Baca Juga: 10 Kota dengan Suhu Paling Panas di Indonesia, Gerahnya Bikin Emosi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya