4 Tahun Menara Masjid Raya Bandung Ditutup, akan Dibuka Usai Lebaran

Semoga bisa segera dibuka yah

Bandung, IDN Times - Menara Masjid Raya Bandung sampai hari ini masih belum dibuka untuk umum. Penutupan menara telah dilakukan sejak 2020 atau saat masa pandemik COVID-19.

Empat tahun berlalu, menara dengan tinggi 81 meter tersebut masih juga belum dioperasikan, meski pemerintah sudah mencabut masa darurat pandemik.

Ketua DKM Masjid Raya Bandung Ayi Hasyim Ashari mengatakan, ada sejumlah kendala yang menyebabkan pengurus masjid belum bisa membuka akses menuju menara masjid. Salah satunya adalah kerusakan pada bagian lift karena tidak difungsikan dalam waktu cukup lama.

“Alasannya, kami lagi memproses. Kalau kemarin kan enggak dipakai karena COVID-19, nah setelah covid karena lama enggak dipakai di lift-nya memang harus perbaikan dan ada kerusakan, biayanya memang lumayan,” kata Ayi, Selasa (12/3/2024).

1. Belum juga dapat izin kelaikan dari Disnaker

4 Tahun Menara Masjid Raya Bandung Ditutup, akan Dibuka Usai Lebaranilustrasi menekan tombol lift (pexels.com/kelly)

Ayi mengaku, perbaikan lift memakan biaya yang cukup besar, tapi pihak DKM tengah berusaha agar menara bisa segera beroperasi dan dikunjungi wisatawan.

Kendala berikutnya adalah izin dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) ihwal kelaikan lift. Pihaknya harus mengantongi kelayakan operasional lift untuk keselamatan pengunjung.

“Kami sedang persiapan, perbaikan dan mengurus izin ke Disnaker. Izin untuk kelaikan, ini untuk keselamatan,” tuturnya.

2. Ingin agar wisatawan bisa segera menikmati fasilitas ini

4 Tahun Menara Masjid Raya Bandung Ditutup, akan Dibuka Usai LebaranAlun-Alun Bandung (google.com/maps/Muhammad Fachry (FachryMyID))

Bila seluruh prosedur sudah dilewati, pihak DKM akan segera membuka menara kembar tersebut. Dia berharap setelah Lebaran tahun ini lift bisa diperbaiki sehingga masyarakat dapat menikmati kembali wisata melihat Kota Bandung dan sekitarnya dari menara tersebut

“Mudah-mudahan dibuka setelah lebaran,” ungkapnya.

3. Kawasan alun-alun Bandung pun cocok untuk berwisata selama Rmadan

4 Tahun Menara Masjid Raya Bandung Ditutup, akan Dibuka Usai LebaranIlustrasi seorang wanita sedang membeli makanan (Freepik.com/odua)

Alun-Alun Bandung menjadi salah satu tempat favorit untuk ngabuburit di Kota Bandung. Di sini, Anda bisa menikmati beragam kuliner khas Ramadan seperti kolak, es buah, serta aneka makanan ringan dan minuman segar. Selain itu, suasana yang ramai dan beragam atraksi seperti pentas musik dan seni jalanan juga dapat menambah keseruan ngabuburit masyarakat.

Baca Juga: 7 Aplikasi Islami buat Menemani Anak Ngabuburit Selama Puasa

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya