4.400 Pelari Ramaikan Darul Hikam Run di Gedung Sate Akhir Pekan Ini

Ini merupakan tahun kelima DH Run

Bandung, IDN Times - Majelis Pendidikan Darul Hikam (DH) kembali menggelar kegiatan lari bareng bertajuk DH Run, akhir pekan ini, Sabtu (27/1/2024). Ajang lari bersama ini akan dihadiri sekitar 4.400 peserta dari Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Direktur MPDH Ruri B. Ramadhanti mengatakan, sama seperti tahun sebelumnya kegiatan DH Run ini akan diselenggarakan di sekitar kawasan Gedung Sate, Kota Bandung. Nantinya para peserta akan lari sepanjang lima kilometer (km) menyusuri beberapa jalan yang selama ini menjadi ikon Kota Bandung.

"Sebagai ikon Kota Bandung, Gedung Sate dipilih kembali menjadi pusat kegiatan DH Run 2024, dan berbagai kegiatan akan diselenggarakan untuk memeriahkan acara di sana," kata Ruri dalam konferensi pers, Selasa (23/1/2024).

Dalam kegiatan tersebut, mayoritas peserta adalah siswa dari DH. Mereka pun datang bersama orang tua atau sanak keluarga lainnya sebagai bentuk kegiatan bersama di luar ruangan.

1. Para pelajar harus sehat jiwa dan raga

4.400 Pelari Ramaikan Darul Hikam Run di Gedung Sate Akhir Pekan IniIDN Times/Istimewa

Ruri menuturkan, melalui DH Run yang diselenggarakan dalam rangka milad ke-58 Darul Hikam diharap bisa membuat lembaga pendidikan ini semakin aktif menjadi bagian dari proses peningkatan SDM Indonesia yang kuat, maju, unggul, berakhlak dan berprestasi.

Menurutnya, selama ini banyak siswa yang mulai malas bergerak karena terlalu asyik bermain game baik lewat ponsel atau gawai lainnya. Maka, lewat DH Run diharap para siswa bisa lebih aktif untuk berolahraga karena memang banyak manfaatnya.

"Makanya kami lakukan gerakan olahraga agar bugar karena fisik penting untuk penunjang prestasi siswa," kata dia.

Olahraga pun, lanjutnya, menjadi sunah Rasulullah di mana minta anaknya diajarkan untuk berenang, berkuda, dan memanah.

2. Persilakan masyarakat lain yang ingin berpartisipasi

4.400 Pelari Ramaikan Darul Hikam Run di Gedung Sate Akhir Pekan IniIDN Times/Istimewa

Ruri menuturkan, saat ini pendaftaran DH Run sudah ditutup. Meski demikian dia mempersilakan masyarakat lainnya yang ingin ikut serta dalam kegiatan akhir pekan nanti.

Namun, peserta tersebut tidak akan mendapatkan tanda pengenal yang bisa ditukarkan dengan hadiah dari pantia.

"Jadi kami tidak melarang. Cuman ada perbedaan antara peserta yang sudah mendaftar dan yang onsite (datang saat acara)," kata dia.

3. Ini jalur DH Run 2024

4.400 Pelari Ramaikan Darul Hikam Run di Gedung Sate Akhir Pekan IniIDN Times/Istimewa

Sementara itu, Ketua Pelaksana DH Run 2024 Panca Wulandari mengatakan persiapan acara khususnya perizinan dan keamanan sudah mendapatkan izin resmi dari pihak Gedung Sate, Polsek, dan Polrestabes.

Panca menambahkan bahwa jalur sepanjang 5 kilometer dipilih melalui jalan protokol yang melewati berbagai tempat ikonik di Kota Bandung.

"Peserta Start dan Finish di Gedung Sate dan akan melewati beberapa jalur ikonik di Kota Bandung seperti jalan Merdeka, Jalan Jawa, dan Gor Saparua. Jalur tersebut dipilih agar pelari dapat melintasi beberapa ikon di Kota Bandung dan untuk kenyamanan pelari dipilih melalui jalan utama," kata Panca.

Dia memastikan bahwa pihak kepolisian dan marshall profesional sudah siap untuk membantu kelancaran pelari melintasi beberapa titik persimpangan yang dilewati.

Baca Juga: 10 Potret Artis di Event Charity Run for Humanity, Bertabur Bintang!

Baca Juga: 10 Tips Lari saat Hujan agar Aman dan Tetap Maksimal

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya