3.400 Tenaga Pendidikan dan Pensiunan di ITB Ikut Vaksinasi Massal

Semoga pembukaan kuliah luring segera terwujud

Bandung, IDN Times - Sebanyak 3.400 tenaga pendidik, pensiunan, serta warga lanjut usia (lansia) yang ada di lingkungan Institut Teknologi Bandung (ITB) mengikuti vasinasi COVID-19 secara massal. Vaksinasi dilakukan mulai hari ini hingga Rabu (24/3/2021).

Rektor ITB Reini Wirahadikusumah mengatakan, vaksinasi dilakukan di gedung Sabuga agar bisa dilakukan dalam jumlah besar. Vaksinasi dengan sistem ini sebelumnya sudah dilakukan untuk tenaga kesehatan yang ada di Bandung dan sekitarnya.

"Program penyelenggaraan vaksinasi massal di ITB ini merupakan implementasi kebijakan dari pemerintah pusat untuk mendorong penerimaan vaksin. Tujuannya untuk menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok yang tujuannya menekan penyebaran COVID-19," ujar Reini dalam konferensi pers secara daring, Senin (22/3/2021).

1. Vaksinasi massal belum tentukan jadwal masuk perkuliahan

3.400 Tenaga Pendidikan dan Pensiunan di ITB Ikut Vaksinasi MassalIDN Times/Istimewa

Dia menuturkan, meski tenaga pendidik di lingkungan kampus sudah mendapat vaksin COVID-19 tahap pertama dan kedua, belum tentu perkuliahan bisa langsung diselenggarakan secara tatap muka. ITB masih menanti kepastian tersebut dari kementerian, pemerintah provinsi, maupun pemerintah kota Bandung, apakah bisa membuka kuliah secara langsung atau tetap harus daring (online).

"Tentunya kita tunggu. Kita coba berupaya tapi terakhir (keputusan) mengikuti arahan yan berwenang," ujarnya.

2. Perkulihan luring sudah dilaksanakan untuk beberapa program studi

3.400 Tenaga Pendidikan dan Pensiunan di ITB Ikut Vaksinasi Massalpexels/startup-stock-photos

Namun, lanjut Reini, ITB sebenarnya sudah melakukan perkuliahan dengan cara hybrid, di mana ada yang telah tatap muka dan bisa datang ke kampus. Mayoritas kuliah luring dilakukan di kampus Jatinangor, Sumedang.

Di sana sudah ada empat program studi mahasiswa yang tetap dikendalikan dengan baik dalam protokol ksehatan COVID-19.

"Dengan pembelajara ini kam dapat pernghargaan berharga dena kita bisa membuka di semester yang akan datang," kata dia.

3. Mahasiswa baru bisa mendapat vaksin pada tahap III dan IV

3.400 Tenaga Pendidikan dan Pensiunan di ITB Ikut Vaksinasi MassalIlustrasi vaksinasi . (Dok. IDN Times/ Istimewa)

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Jawa Barat, Marion Siagian mengatakan, saat ini Pemprov Jabar memiliki target 36 juta jiwa mendapat vaksinasi COVID-19. Setelah tahap pertama usai, tahap II ada 6,6 juta jiwa yang ditargetkan menerima vaksin tersebut.

Khusus untuk mahasiswa termasuk yang berdomisili di Jabar, akan masuk dalam tahap III dan IV yang rencananya dimulai pada Juni atau Juli 2021. Semua kemungkinan penyuntikan masih memastikan ketersediaan vaksin.

"Tahap tiga dan empat ini untuk masyarakat umum termasuk adek-adek (mahasiswa). Kalau sekarang ini masih diberikan kepada tenaga pendidik, TNI, Polri, media, dan mereka pekerja yang berhubungan langsung dengan masyarakat," ungkap Marion.

Baca Juga: Didampingi Menkes, Jokowi Akan Tinjau Vaksinasi Massal di Sidoarjo

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya