2 Pasien yang Diisolasi di Ruang Khusus RSHS Kondisinya Membaik 

Kemungkinan keduanya negatif terpapar virus Corona

Bandung, IDN Times - Dua pasien yang sempat dirawat di ruang isolasi khusus karena diduga terjangkit Virus Corona kondisinya dinyatakan semakin membaik. Ketua Tim Infeksi Khusus Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) dr Yovita Hartantri mengatakan, kondisi kedua pasien cukup bagus. Gejala seperti sesak napas berat yang sempat dirasakan mulai hilang.

Dia menuturkan, dari dua pasien yang dirawat, pasien yang merupakan warga negara Tiongkok (Cina) yang kondisinya kian bagus. Sejak dirujuk ke RSHS pasien ini memang tidak ada demam. Dia hanya merasakan sesak dan flu.

"Kondis terbaru ini tidak ada keluhan demam maupun nyeri menelan. Dan kondisi secara pemeriksaan dari lab juga baik," ujar Yovita ditemui di RSHS, Rabu (28/1).

1. Hasil laboratorium negatif terpapar Virus Corona

2 Pasien yang Diisolasi di Ruang Khusus RSHS Kondisinya Membaik Penanganan terkait dugaan pasien terpapar virus corona di RSHS (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Yovita memprediksi, untuk pasien dari Cina yang sekarang tengah dirawat kemungkinan besar negatif terpapar virus Corona. Berdasarkan data yang bersangkutan pulang ke Indonesia pada 12 Januari. Ketika hari ini tidak ada gejala yang menunjukkan pasien itu terjangkit, maka besar kemungkinan hasil lab di Litbangkes bakal negatif.

"Karena kan sudah lebih dari 14 hari (masa inkubasi). Kalau sampai sekarang sudah masuk 15 hari, sudah lebih. Dan kalau memang negatif (hasil Litbangkes) akan dipulangkan," kata Yovita.

2. Pasien kedua membaik walau untuk bernapas masih menggunakan alat bantu

2 Pasien yang Diisolasi di Ruang Khusus RSHS Kondisinya Membaik Penanganan pasien diduga terpapar virus Corona di RSHS. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Sementara untuk pasien kedua yang merupakan warga negara Indonesia (WNI), kondisinya juga sudah membaik dibandingkan ketika datang pertama kali ke RSHS. Namun, pasien ini masih harus bernapas menggunakan alat bantu,

"Pasien sudah ada kontak. Tekanan daerah dan pernapasan baik. Demam juga tidak ada, dan hasil pemeriksaan lab ke arah perbaikan," papar Yovita.

3. Kedua pasien masih berada di ruang isolasi

2 Pasien yang Diisolasi di Ruang Khusus RSHS Kondisinya Membaik (Nomor hotline untuk dihubungi soal virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Meski kondisinya perlahan membaik, saat ini kedua pasien masih dirawat di ruang isolasi. RSHS baru bisa memulangkan mereka ke keluarga atau rumah sakit awal ketika hasil sampel dari Litbangkes sudah selesai seluruhnya.

Hingga pukul 11.00 WIB, RSHS belum menerima laporan berbentuk formulir yang sebelumnya dikirimkan ke Litbangkes. Kemungkinan formulir itu bisa diterima sore ini.

"Spesimen dari tenggorokan dan dan hidung kan sudah dikirim. Kalau untuk detailnya kita tidak tahu apa yang dilakukan," ujarnya,

4. RSHS tetap akan memantau pasien WNI meski diprediksi negatif terpapar

2 Pasien yang Diisolasi di Ruang Khusus RSHS Kondisinya Membaik IDN Times/Debbie Sutrisno

Meski pasien yang merupakan WNI juga kemungkinan negatif terpapar virus Corona, namun pihak RSHS masih akan memantau perkembangannya. Sebab pasien ini baru masuk ke Indonesia pada 22 Januari. Artinya yang bersangkutan belum melewati masa inkubasi selama 14 hari.

"Ya kita tetap akan memantaunya," papar Yovita.

Di luar itu, saat ini RSHS masih menanti hasil pemeriksaan secara utuh dari Litbangkes untuk memastikan kondisi kedua pasien yang dirawat.

Baca Juga: Negatif Corona, Dua Pasien yang Dirawat RSHS Hanya Menderita ISPA

Baca Juga: Tip dari Menkes agar Tidak Tertular Virus Corona

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya