2 Anak Tertabrak Moge, Susi Pudjiastuti Minta Aturan Konvoi Diperketat

Sudah damai tapi polisi tetap usut kasus ini

Bandung, IDN Times - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti ikut bersuara atas kasus meninggalkan anak kembar yang tertabrak konvoi motor gede (moge) di Kabupaten Pangandaran. Bagaimana tidak, kasus seperti ini bukan untuk pertama kali terjadi melibatkan rombongan motor gede yang sedang melakukan touring.

"Sudah saatnya touring moge diatur lebih ketat. Jalan di Indonesia terutama country side atau di daerah tidaklah luas dan lebar. Jalanan ini juga banyak melewati perkampungan," ujar Susi dalam cuitannya melalui akun Twitter dikutip IDN Times, Senin (14/3/2022).

Dengan kondisi ini, maka konvoi moge harus lebih disiplin, patuh, dan waspada terhadap berbagai hal yang memungkinkan terjadi kecelakaan fatal. Kedisiplinan ini seharusnya menjadi hal yang wajib.

1. Polres Ciamis lamjutkan proses hukum dua pengendara Harley Davidson

2 Anak Tertabrak Moge, Susi Pudjiastuti Minta Aturan Konvoi DiperketatIlustrasi moge BMW R1200 GS (bikesrepublic.com)

Sementara itu, Kepolisian Resor Ciamis melanjutkan proses hukum dua pengendara sepeda moge Harley Davidson yang menabrak dua anak kembar berusia 8 tahun hingga meninggal di Jalan Raya Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

"Masih kita proses hari ini, kita proses pemeriksaan juga saksi-saksi untuk menaikkan proses penyelidikan ke penyidikan," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Ciamis AKP Zanuar Cahyo Wibowo saat dihubungi wartawan di Ciamis, dikutip dari ANTARA.

2. Dua korban meninggal ditabrak dua pengendara berbeda

2 Anak Tertabrak Moge, Susi Pudjiastuti Minta Aturan Konvoi DiperketatIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Ia menuturkan peristiwa kecelakaan lalu lintas itu bermula dari seorang anak bernama Hasan yang menyeberang jalan kemudian datang pengendara moge lalu menabrak korban di Kalipucang, Pangandaran, Sabtu (12/3/2022).

Selanjutnya korban lain, yang merupakan saudara kembar Hasan bernama Husen, juga menyeberang jalan dan datang lagi pengendara moge lainnya lalu terjadi tabrakan serupa yang menyebabkan korban meninggal dunia.

"Jadi ada dua kecelakaan dengan dua korban yang berbeda dalam satu TKP (tempat kejadian perkara)," kata Zanuar.

Ia menyampaikan jajarannya sudah melakukan olah tempat kejadian perkara dengan memeriksa saksi-saksi di lokasi kejadian, juga meminta keterangan dari keluarga korban. Selain memeriksa keterangan saksi, kata dia, polisi juga sudah mengamankan dua pengendara moge dan juga sepeda motor yang dikendarainya di markas Polres Ciamis.

"Kami juga sudah amankan pelaku, namun belum ditetapkan sebagai tersangka," katanya. 

3. Meski orangtua dan pengendara damai, kasus ini tetap akan diproses

2 Anak Tertabrak Moge, Susi Pudjiastuti Minta Aturan Konvoi DiperketatIlustrasi hukum (IDN Times/Arief Rahmat)

Ia menegaskan proses hukum tetap akan dilakukan sesuai prosedur yang berlaku meskipun kedua belah pihak sudah menyatakan damai dengan kejadian itu.

Satuan Lalu Lintas, kata dia, akan menyelesaikan proses penyelidikan sampai tuntas untuk selanjutnya masuk ke tahap penyidikan, di mana nantinya penyidik akan memutuskan dilanjutkan atau tidaknya perkara tersebut.

"Nanti kami gelar perkara untuk menaikkan dari proses penyelidikan ke penyidikan," katanya.

Baca Juga: Tak Hanya di Pangandaran, Ini Deretan Kecelakaan yang Libatkan Moge

Baca Juga: Marc Marquez Sudah Mengaspal Lagi Pakai Moge

Baca Juga: Konvoi Moge Ribut dengan Sopir Truk di Batang, Dirlantas: Harus Punya Etika di Jalan 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya