2.000 Pelari Ikut QRIS Run, Dorong Percepatan Transformasi Digital

BI ingin Provinsi Jabar nomor satu dalam pemakaian QRIS

Bandung, IDN Times - Sebanyak 2.000 pelari ikut meramaikan QRIS Adventure Run di sekitar Gedung Sate, Kota Bandung. Kegiatan tersebut sekaligus merupakan pembukaan Pekan West Java Digital and Sharia Economic Festival (DIGISEF) 2023 serta puncak acara Pekan QRIS Nasional (PQN) Jawa Barat 2023.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Erwin Gunawan Hutapea mengatakan, QRIS AdventureRun merupakan wujud kreatif Bank Indonesia Jawa Barat dalam mensosialisasikan penggunaan QRIS kepada masyarakat Jawa Barat yang dibalut dengan konsep fun city run.

Diawali dengan pendaftaran melalui pembayaran QRIS senilai Rp17.823, para runner akan berlomba memasuki 9 checkpoint di sepanjang 7,5 km rute guna menyelesaikan berbagai fun games terkait edukasi QRIS.

"Runner berlomba untuk menyelesaikan berbagai tantangan di masing-masing checkpoint untuk memperebutkan medali finisher," kata Erwin, Minggu (20/8/2023).

1. Bisa ikuti kegiatan ini secara daring

2.000 Pelari Ikut QRIS Run, Dorong Percepatan Transformasi DigitalIDN Times/Istimewa

Animo masyarakat pun sangat terlihat dalam gelaran kali ini. Tidak lebih dari dua hari, peserta QRIS AdventureRun sudah melebihi target kuota yang ditetapkan.

Bagi masyarakat Jawa Barat yang belum berkesempatan mengikuti kegiatan city run dan berbagai rangkaian acara menarik QRIS AdventureRun, Bank Indonesia juga menawarkan Virtual QRIS AdventureRun pada periode waktu 20-27 Agustus 2023 sepanjang rute total 7,5 km.

2. Ajak masyarakat lebih banyak transaksi secara digital

2.000 Pelari Ikut QRIS Run, Dorong Percepatan Transformasi DigitalIlustrasi Quick Responce Code Indonesia Standard (QRIS). (dok. Bank Indonesia)

Erwin menuturkan, rangkaian acara QRIS AdventureRun difokuskan untuk menjangkau lebih banyak masyarakat Jawa Barat guna semakin memperluas penggunaan dan transaksi QRIS di Jawa Barat untuk mempertahankan posisi Jawa Barat sebagai provinsi dengan jumlah merchant dan nilai transaksi tertinggi di Indonesia.

Semakin spesial, gelaran QRIS AdventureRun ini juga sebagai sarana edukasi fitur baru QRIS untuk transaksi tarik tunai, transfer dan setor tunai (QRIS TUNTAS) serta dimulainya uji coba QRIS antarnegara Indonesia-Singapura. Fitur baru tersebut telah diluncurkan Bank Indonesia bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-78 pada 17 Agustus 2023.

Peluncuran QRIS TUNTAS dan uji coba QRIS antarnegara tersebut merupakan bagian dari implementasi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 untuk semakin mengakselerasi inklusi ekonomi dan keuangan digital sekaligus mendukung stabilitas dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Di satu sisi, QRIS TUNTAS diarahkan untuk mendukung stabilitas sistem pembayaran melalui interkoneksi dan inteoperabilitas antar penyelenggara dan sumber dana melalui skema harga yang efisien dengan tetap memastikan keberlangsungan layanan oleh industri.

"Uji coba QRIS antarnegara Indonesia-Singapura yang menfasilitasi pembayaran QR Code pembayaran antarnegara secara lebih efisien guna mendorong pertumbuhan sektor pariwisata," kata dia.

3. Inovasi QRIS terus dilakukan

2.000 Pelari Ikut QRIS Run, Dorong Percepatan Transformasi DigitalFitur pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Bank Raya. (dok. Bank Raya)

Ke depan, Bank Indonesia berkomitmen untuk terus bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait, termasuk Pemerintah baik pusat dan daerah, pelaku industri dan masyarakat dalam rangka memperluas akseptasi QRIS dengan didukung pengembangan inovasi fitur QRIS secara berkelanjutan.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya