13 Calon Penumpang Kereta Api dari Cirebon Positif COVID-19

Pengecekan dan pengetesan penumpang terus dilakukan

Bandung, IDN Times - Petugas kesehatan yang tengah melakukan pengecekan calon penumpang di Stasiun Cirebon mendapati 13 calon penumpang kereta api positif COVID-19. Ini didapat setelah mereka menjalani tes antigen saat berada di stasiun.

Seluruh penumpang tersebut pun langsung ditangani Satgas setempat, kata Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Luqman Arif. "Dari awal pelaksanaan tes antigen terdapat 13 orang yang dinyatakan positif COVID-19," kata Luqman dilansir ANTARA, Kamis (24/12/2020).

1. Pengetesan sudah dilakukan sejak awal pekan

13 Calon Penumpang Kereta Api dari Cirebon Positif COVID-19Ilustrasi Swab Test. (ANTARAFOTO/Basri Marzuki)

Menurutnya sejak Senin (21/12/2020) sampai Rabu (23/12) para calon penumpang yang melakukan tes antigen di Stasiun Cirebon Prujakan dan Stasiun Cirebon Kejaksaan berjumlah 947 orang. Dari jumlah tersebut kata Luqman, terdapat 13 orang yang dinyatakan positif COVID-19 dan diisolasi terlebih dahulu di ruangan yang telah disediakan sebelum di serahkan ke Satgas Penanganan COVID-19 Kota Cirebon.

"Sebelum kami serahkan ke Satgas COVID-19, mereka langsung kita pisahkan dan masuk ruang isolasi ketika dinyatakan positif COVID-19," ujarnya.

2. Penumpang yang positif tidak boleh menggunakan kereta

13 Calon Penumpang Kereta Api dari Cirebon Positif COVID-19Penumpang memakai masker dan pelindung wajah (Face Shield)�di Kereta Api (KA) Ranggajati relasi Cirebon-Jember saat transit di Stasiun Balapan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (14/6).(ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Dia menambahkan untuk calon penumpang yang hasil tes antigen dinyatakan positif tidak diperkenankan melakukan perjalanan dengan kereta dan bea akan dikembalikan utuh sesuai yang tercetak di tiket.

Adapun syarat calon penumpang kereta untuk melakukan tes antigen adalah dengan menunjukkan tiket KA atau kode booking pada saat pendaftaran.

"Untuk biayanya cukup terjangkau yaitu sebesar Rp105 ribu," katanya.

3. Jasa Marga fasilitasi pelaksanaan rapid test di tempat peristirahatan jalan tol

13 Calon Penumpang Kereta Api dari Cirebon Positif COVID-19IDN Times/Istimewa

Pada libur akhir tahun 2020, Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) bersama dengan Polres Bogor dan Satuan Polisi Pamong Praja Pemerintah Provinsi Jawa Barat, serta Satuan Tugas Covid Daerah menggelar operasi gabungan sekaligus pemeriksaan atau pengetesan pelaksanaan protokol COVID-19 di beberapa rest area.

"Operasi gabungan yang dilakukan meliputi random check terhadap pemeriksaan protokol COVID-19 pada tempat usaha atau keramaian dan pemeriksaan protokol kesehatan pada penumpang kendaraan untuk menjalani rapid test," ujar Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Irra Susiyanti melalu siaran pers.

Pemeriksaan di lakukan di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Km 35 A Ruas Jagorawi pada hari ini 24/12 pukul 08.00–10.00 WIB, bekerja sama dengan Polres Bogor telah dilakukan pemeriksaan rapid test pada 40 orang pengunjung TIP.

Pengecekan secara cak juga akan dilakukan di Rest Area Ruas Cipularang yaitu di Km 72A pada tanggal 25/12, TIP Km 97B pada tanggal 26/12 dan TIP Km 72B pada tanggal 27/12, dengan masing-masing target pemeriksaan 100 orang pengunjung per rest area.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya