12 Korban Truk Terguling di Saguling Alami Trauma di Kepala

Empat orang akan jalani operasi di RSHS

Bandung, IDN Times - Sebanyak 12 korban kecelakaan maut yang menimpa truk rombongan peziarah di Jalan Saguling, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat, dirujuk ke Rumah Sakit (RS) Hasan Sadikin, Kota Bandung. Peristiwa truk terguling itu menewaskan lima penumpang, dan belasan lainnya mengalami luka-luka.

Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Hasan Sadikin Bandung dr Roland Sidabutar mengatakan, RSHS saat ini sedang merawat 12 korban kecelakaan truk terguling asal Desa Citalem, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.

"Untuk detail pasien korban kecelakaan di Cililin berjumlah 12 orang yang dibawa ke rumah sakit kami," kata Roland ditemui di RSHS, Jumat (26/1/2024).

1. Empat pasien bakal dioperasi

12 Korban Truk Terguling di Saguling Alami Trauma di KepalaPolisi Melakukan Olah TKP Kejadian Kecelakaan Maut Rombongan Peziara di Saguling, KBB. (Bangkit Rizki/IDN Times)

Roland menerangkan, mayoritas para korban mengalami luka di bagian kepala. Pascapemeriksaan ada satu pasien yang sudah diperbolehkan pulang, sedangkan empat orang akan menjalani operasi kepala.

"Dari 12 orang ini hampir sebagian besar mengalami trauma kepala. Juga ada beberapa pasien dengan trauma kepala juga dengan luka-luka di bagian tubuh lain, tapi yang paling concern nya adalah trauma di kepalanya," jelas dia.

Menurutnya, saat ini ada empat pasien yang ditangani dan direncanakan balak melakukan operasi karena membutukan tindakan di bagian kepala.

2. Baru satu korban yang diperbolehkan pulang

12 Korban Truk Terguling di Saguling Alami Trauma di KepalaKendaraan Truk Mitsubishi Colt Diesel Terguling di Saguling, Bandung Barat. (Bangkit Rizki)

Ia memerinci, dari 12 korban yang dirawat, empat diperlukan tindakan operasi, empat korban direncanakan menjalani rawat jalan, dan satu diperbolehkan pulang.

"Sisanya itu banyak yang luka-luka, mulai dari kepala, di kaki itu kami tangani tidak melalui proses operasi. Kemudian, ada satu orang yang lulanya minor, lukanya tidak terlalu berat dan sudah akan direncanakan untuk pulang," terangnya.

3. Kecelakaan terjadi karena rem truk blong

12 Korban Truk Terguling di Saguling Alami Trauma di Kepala(IDNTimes/Aditya S)

Sebelumnya, kecelakaan maut terjadi di Jalan Saguling, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat pada Jumat (26/1) pukul 00.30 WIB.

Satu unit truk yang mengangkut rombongan peziarah terguling ketika hendak menuju acara pengajian di Kabupaten Cianjur. Kecelakaan tunggal itu mengakibatkan lima orang tewas dan belasan lainnya luka-luka.

Wadirlantas Polda Jabar AKBP Edwin Afandi mengatakan, dugaan sementara kecelakaan ini diakibatkan truk yang mengalami rem blong.

"Saya bisa sampaikan bahwa analisa awal adalah adanya kegagalan sistem rem dari kendaraan tersebut," kata Edwin, Jumat (26/1).

Namun, untuk penyebab pastinya pihaknya akan melakukan penyelidikan dari mulai olah TKP, pemeriksaan saksi hingga kondisi kendaraan tersebut.

Sebab, kata dia, selain diduga karena rem blong, kecelakaan maut itu juga bisa saja dikarenakan adanya faktor lain.

"Kami identifikasi di lapangan yang pertama adalah faktor kendaraan, kedua faktor pengemudi, ketiga faktor lingkungan yaitu kurangnya penerangan, keempat faktor jalan agak rusak, sehingga kendaraan akan terkendala dengan kecepatan tinggi," ujarnya.

"Untuk memastikan penyebab utama terjadinya kecelakaan kami akan melakukan penyelidikan lebih lanjut," lanjutnya.

Baca Juga: Kendaraan Rombongan Peziarah Terguling di Saguling, 5 Orang Meninggal

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya