10.196 Pemudik Sudah Kembali ke Kota Bandung Lewat Terminal Cicaheum 

Hari ini diprediksi jadi puncak arus balik 

Bandung, IDN Times - Sebanyak 10.196 orang tercatat sudah kembali ke Kota Bandung atau sekitar 45 persen dari data keberangkatan dari Terminal Cicaheum. Kedatangan mereka diketahui saat pulang ke Kota Bandung melalui Terminal Cicaheum hingga Kamis 23 April 2023.

Kepala Terminal Cicaheum Roni Hermanto menuturkan, hingga hari ini jumlah penumpang yang turun di Terminal Cicaheum masih banyak. Selain mereka yang turun di terminal ada juga yang turun di jalan sebelum terminal atau pool bus.

Roni mengungkapkan, sempat terjadi kenaikan arus mudik di H+8 Idulfitri. Ia memprediksi arus balik tersebut dapat naik hingga jelang sore nanti.

"Tapi Subuh sampai pagi ada lonjakan dari bus antar kota dan antar provinsi dari Jawa Timur maupun Jawa Tengah. Pada sore mungkin ada sedikit kenaikan," teangnya.

1. Imbau pemudik pulang tak bawa barang berlebihan

10.196 Pemudik Sudah Kembali ke Kota Bandung Lewat Terminal Cicaheum Dok. Humas Pemkot Bandung

Di luar itu, Roni mengimbau masyarakat yang datang ke Cicaheum untuk tidak membawa barang barang berlebih serta tetap menjaga protokol kesehatan.

"Yang berangkat dari terminal Cicaheum ini masih cukup tingggi. Meskipun PPKM telah dicabut, kesehatan harus dijaga, dan tidak membawa barang berlebihan karena ini menggunakan kendaraan umum," ujarnya.

2. Jumlah bus berangkatkan penumpang mudik lebih banyak

10.196 Pemudik Sudah Kembali ke Kota Bandung Lewat Terminal Cicaheum IDN Times/Debbie Sutrisno

Berdasarkan data Terminal Cicaheum, selama periode mudik yakni 15 April 2023 sampai 22 April 2023, diberangkatkan 885 kendaraan yang mengangkut 16.964 penumpang.

Terbanyak pada 19 April 2023 sebanyak 3.218 penumpang yang diangkut oleh 128 kendaraan. Dalam periode yang sama, Terminal Cicaheum kedatangan 929 kendaraan yang mengangkut 4.679 penumpang, dengan yang terbanyak pada 17 April 2023, sebanyak 954 penumpang yang diangkut oleh 158 kendaraan.

Adapun pada periode arus balik yang dimulai pada 23 April 2023, Terminal Cicaheum mencatat hingga data terakhir yang masuk yakni pada 28 April 2023, ada 634 kendaraan datang yang mengangkut 4.214 penumpang.

Terbanyak yaitu pada tanggal 28 April 2023 di mana sebanyak 1.006 penumpang turun dengan diangkut 110 kendaraan.

Dalam periode yang sama, sebanyak 613 kendaraan yang diberangkatkan dari Cicaheum dengan mengangkut 8.607 penumpang. Terrtinggi, adalah keberangkatan pada 24 April 2023, di mana 1.787 penumpang berangkat menggunakan 111 kendaraan.

3. Disdukcapil lakukan pendataan para pendatang

10.196 Pemudik Sudah Kembali ke Kota Bandung Lewat Terminal Cicaheum ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung akan menggelar pelayanan identitas kependudukan digital di beberapa titik pintu kedatangan Kota Bandung.

Hal tersebut dalam rangka Implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 74 Tahun 2022 tentang Pendaftaran Penduduk Non Permanen. Hal ini juga sekaligus mendata penduduk non permanen di Kota Bandung usai Hari Raya Idulfitri 1444 H.

Kepala Disdukcapil Kota Bandung, Tatang Muhtar, pihaknya akan berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan Kota Bandung dan kecamatan dan Kelurahan pada kegiatan Imbauan Simpatik tersebut.

"Adapun lokasi Imbauan Simpatik yakni di Terminal Leuwipanjang, Stasiun Kiaracondong, dan Terminal Cicaheum," kata Tatang.

Tatang mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengimbau dan mendata para penduduk pendatang yang akan tinggal sementara/tidak menetap di Kota Bandung.

Termasuk memeriksa kelengkapan dokumen identitas penduduk pendatang serta maksud kedatangannya ke Kota Bandung.

"Dengan meningkatnya mobilitas penduduk non permanen diperlukan gambaran kondisi dan perkembangannya serta ketersediaan data penduduk non permanen di Kota Bandung. Kegiatan ini pun sebagai upaya dalam meningkatkan cakupan Pendaftaran Penduduk Non Permanen," tuturnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya