10.142 Mahasiswa UPI Ikuti Masa Orientasi Secara Laring dan Daring

Semoga ini tidak mengendurkan integritas mahasiswa baru kita

Bandung, IDN Times - Di masa pandemik COVID-19, orientasi siswa dan mahasiswa dilakukan tidak sebagaimana mestinya. Saat ini setiap lembaga pendidikan mau tak mau mengharuskan orientasi secara daring (online).

Hal ini pula yang dilakukan kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Tahun ini, setidaknya ada 10.142 mahasiswa baru UPI yang mengikuti masa orientasi. Ada dari mereka yang mengikuti secara langsung (luring) tapi mayoritas mengikuti secara online.

Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung M Solehuddin meminta, masa pandemi tak menjadi halangan bagi mahasiswa untuk maju dan terus meraih pendidikan secara maksimal.

"Ini bukan merupakan halangan dan rintangan besar untuk menciptakan manusia Indonesia yang unggul dalam meraih daya saing untuk menciptakan kemajuan bangsa. Keunggulan inilah yang menjadi nilai utama dalam membangun generasi emas Indonesia yang cerdas dan berkarakter," ujar Solehuddin saat mengawali Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (Mokaku) secara daring dan luring di Kampus UPI, Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Selasa (1/9/2020).

1. Kondisi pandemik harus dijadikan pembelajaran dalam beradaptasi menghadapi berbagai perubahan

10.142 Mahasiswa UPI Ikuti Masa Orientasi Secara Laring dan DaringDok.IDN Times/Istimewa

Menurut Solehuddin, meski menjalani proses pendidikan dengan keterbatasan, dia mengajak semua sivitas akademika UPI khususnya para mahasiswa baru untuk menghadapi pandemik COVID-19 dengan bijak. Mahasiswa pun diimbau memanfaatkan momen ini untuk beradaptasi dan menggapai harapan baru yang lebih baik, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik.

Mahasiswa baru yang diterima di UPI adalah generasi millennial yang memiliki karakter dan cara pandang tersendiri yang berbeda dengan generasi sebelumnya.

"Yaitu generasi yang diyakini memiliki kemampuan dan fleksibilitas dalam menghadapi berbagai tantangan hidup," ujarnya.

2. Tahun ini ospek secara luring dilakukan di satu tempat

10.142 Mahasiswa UPI Ikuti Masa Orientasi Secara Laring dan DaringInstagram/infoupibandung

Tahun ini, kata dia, UPI menerima 10.142 mahasiswa baru. Puluhan ribu mahasiswa itu tersebar di berbagai kampus UPI di Jawa Barat. Mokaku diikuti 15 mahasiswa sebagai perwakilan dari delapan Fakultas, lima UPI Kampus daerah, dan dua mahasiswa unsur Sekolah Pascasarjana. Mokaku sendiri dilaksanakan selama tiga hari, mulai pada tanggal 1-3 September 2020 di Gedung Ahmad Sanusi (BPU).

Hal ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang diselenggarakan serentak bersamaan kampus daerah. Yaitu Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta, dan Serang.

3. UPI ingin memfasilitasi mahasiswa baru menjadi genereasi yang berintegritas

10.142 Mahasiswa UPI Ikuti Masa Orientasi Secara Laring dan DaringInstagram/infoupibandung

Sementara menurut Ketua pelaksana Mokaku UPI 2020 Suwatno, setiap tahun UPI menerima mahasiswa baru tidak kurang dari 10.000-an yang tersebar pada 8 fakultas, 5 kampus daerah, serta Sekolah Pascasarjana. Sebagai upaya untuk memfasilitasi mahasiswa baru mempercepat proses adaptasi terhadap lingkungan yang baru dan memahami strategi pembelajaran.

“Masa ini dapat dijadikan titik tolak inisiasi pembinaan idealisme, menanamkan dan memperkuat rasa cinta tanah air, dan kepedulian terhadap lingkungan, juga dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan berintegritas”, papar Suwatno.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya