1.000 Masker Dibagikan Polisi Secara Gratis untuk Pengguna Jalan 

Total akan ada 250 ribu masker yang diberi secara cuma-cuma

Bandung, IDN Times - Memasuki hari ke tiga Operasi Patuh Lodaya 2020, Direktorat Lalu Lintas (DitLantas) Polda Jawa Barat membagikan ribuan masker untuk para pengendara roda dua maupun roda empat. Pembagian masker merupakan bentuk pendisiplinan masyarakat dalam Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

"Ini adalah bentuk kegiatan dalam rangkaian kegiatan operasional patuh lodaya 2020. Untuk menciptakan Kamseltibcar lantas dan ketertiban masyarakat khususnya pendisiplinan masyarakat dalam hal adaptasi kebiasaan baru," ucap Kepala Bagian Operasi (KBO) Ditlantas Polda Jabar, AKBP Agung Reza saat ditemui di Perempatan Bypass (Samsat), Sabtu (25/7/2020).

1. Total masker yang akan dibagikan mencapai 250 ribu

1.000 Masker Dibagikan Polisi Secara Gratis untuk Pengguna Jalan Pedagang menata masker karakter wajah berbahan kain di Solo, Jawa Tengah, Senin (8/6/2020) (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Reza mengatakan, rencananya Polda Jabar akan membagikan masker sebanyak 250 ribu buah, yang disebar di seluruh daerah di Jabar. Pembagiannya dilakukan di sejumlah titik perempatan dan menyasar para pengendara yang kedapatan tidak menggunakan masker.

"Hari ini kita bagikan kurang lebih 1.000 masker, dari total 250 ribu masker untuk menciptakan Kamseltibcar (kemanan keselamatan ketertiban dan kelancaran) lantas dan ketertiban masyarakat," ujar Reza.

2. Pengguna angkutan umum dan ojek daring pun akan mendapat masker

1.000 Masker Dibagikan Polisi Secara Gratis untuk Pengguna Jalan Gojek Luncurkan Inisiatif J3K (Dok. IDN Times)

Menurutnya, pemberian masker secara gratis ini tidak hanya kepada pengendara roda dua mapupun roda empat. Pihaknya juga turut membagikan masker kepada penumpang di angkutan umum dan ojek online.

"Kepada pengguna kendaraan lain, pengguna angkot juga turut kita bagikan tadi," ungkapnya.

3. Operasi patuh lodaya kali ini lebih khusus dalam sosialisasi AKB

1.000 Masker Dibagikan Polisi Secara Gratis untuk Pengguna Jalan Ilustrasi Masker (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Terkait penindakan pelanggaran tidak menggunakan masker dalam berkendara. Reza menambahkan, pada operasi patuh lodaya 2020, polisi cenderung lebih kepada upaya sosialiasi terkait hal tersebut. Namun, mengenai penggunaan masker mayoritas masyarakat sudah tertib.

"Kegiatan operasi ini kita melakukan kegiatan preventif, dan penegakan hukum. jadi tadi kita juga agak kesulitan bagikan masker sebab masyarakat sudah tertib," pungkasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya