10 Caleg Artis Ini Bakal Berebut Kursi di Dapil Bandung -Cimahi

Ada yang masih aktif di layar kaca

Bandung, IDN Times - Dalam kurun 10 tahun terakhir, pemilihan calon aggota legislatif untuk duduk di kursi dewan perwakilan rakyat (DPR) mulai diisi oleh para politikus yang sebelumnya sempat malang melintang di dunia entertaiment sebagai artis atau public figure

Dalam pelaksanaan pemilihan calon legislatif (caleg) DPR 2019, jumlah kontestan dari latar belakang serupa masih ramai dan bahkan semakin menggeliat. Seperti di wilayah Jawa Barat di daerah pemilihan (Dapil) I, yakni Bandung-Cimah, terdapat 10 caleg dengan latar belakang artis. Lantas siapa saja mereka?

1. Junico BP Siahaan

10 Caleg Artis Ini Bakal Berebut Kursi di Dapil Bandung -Cimahi(Anggota DPR Komisi I Nico Siahaan) www.instagram.com/@junicosiahaan

Dari partai demokrasi Indonesia (PDI)-Perjuangan, terdapat nama Junico Bisuk Partahi Siahaan. Pria yang akrab disapa Nico Siahaan sebelumnya tampil di layar kaca sebagai pembawa acara di salah satu televisi swasta. Selain itu, Ia juga pernah terjun di dunia seni peran dengan bermain dalam film Arisan.

Nico sebenarnya bukan orang baru dalam kancah perpolitikan di legisatif. Pada pemilu 2014, Nico terpilih sebagai anggota DPR RI Daerah Pemilihan Jawa Barat I dari PDI-Perjuangan, dengan perolehan suara 64.980 suara.

2. Kirana Larasati

10 Caleg Artis Ini Bakal Berebut Kursi di Dapil Bandung -CimahiIDNTimes/Abdurrahman

PDI-Perjuangan tidak mengirimkan satu nama dengan latar belakang artis untuk maju di pemilu Dapil Jabar I. Terdapat nama Kirana Larasati, artis muda kelahiran 1987 ini telah membintangi sejumlah film maupun sinetron. 

Meski sempat diragukan dengan tekadnya masuk dunia politik, Kiranan menyebut sudah mantap di jalan barunya ini dan siap menjadi penyalur aspirasi rakyat Jabar khususnya Bandung dan Cimahi.

3. Nurul Arifin

10 Caleg Artis Ini Bakal Berebut Kursi di Dapil Bandung -CimahiIDN Times/Irfan Fathurohman

Siapa tidak tau nama Nurul Arifin. Salah satu artis senior ini telah lama ikut serta dalam perpoltikan. Dia sempat menjadi anggota DPR dari Fraksi Golkar periode 2004-2009 dan 2009-2014 untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat VII.

Saat ini ia menjabat sebagai Wakil Sekjen DPP Partai Golkar. Dengan jabatan ini Nurul sempat maju dalam pemilihan Walikota Bandung tahun lalu, sayang masih sedikit masyarakat yang siap memberikan kepercayaan kepadanya untuk mengurus Bandung.

Baca Juga: Kapolda Jabar Imbau Aparat Tak Main Hakim Sendiri Amankan Pemilu 2019

Baca Juga: 7.000 Lembar Surat Suara Pilpres dan Pileg di Kabupaten Kuningan Rusak

4. Muhammad Farhan

10 Caleg Artis Ini Bakal Berebut Kursi di Dapil Bandung -CimahiInstagram/Farhanpenyiar

Farhan menjadi salah satu artis baru yang berkeinginan duduk di kursi parlemen. Dia mendaftar menjadi caleg lewat Partai Nasdem. Farhan adalah presenter keturunan Aceh yang sempat bekerja d beberapa stasiun televisi swasta di Indonesia. 

Dia juga salah satu penyiar radio swasta di Jakarta. Ia pernah duet siaran radio pagi bersama-sama dengan Indy Barends selama beberapa tahun. Pria 49 tahun ini juga pernah menjadi Wakil Direktur PT. Persib Bandung Bermartabat yang mengelola klub sepak bola Persib Bandung.

Kini, Farhan menjadi pengelola radiobobotoh.com sejak 2015. Farhan juga menjadi presenter program Nite Time di Metro TV sejak Januari 2016.

5. Skolastika Citra Kirana Wulan

10 Caleg Artis Ini Bakal Berebut Kursi di Dapil Bandung -Cimahiinstagram.com/citrascholastika

Nama yang juga diusung Partai NasDem adalah Citra Scholastika. Dia merupakan seorang penyanyi, aktris, dan model finalis termuda dalam Indonesian Idol. 

Sebelum berhasil menjadi finalis dalam ajang Indonesian Idol, Citra sempat tersisih dalam babak Workshop III dan kembali lagi melalui Wild Card. Kegemarannya dalam bidang menyanyi mulai diasahnya sejak ia mengikuti lomba menyanyi anak-anak di Gereja saat usianya empat tahun.

6. Imel Putri Cahyati

10 Caleg Artis Ini Bakal Berebut Kursi di Dapil Bandung -Cimahiinstagram.com/imelpc

Orang ketiga yang coba diajukan NasDem untuk maju dalam Pileg 2019 di dapil Jabar 1 adalah Imel Putri Cahyati. Imel merupakan warga kelahiran Garut yang  membintangi film Syahadat Cinta yang diangkat dari novel berjudul sama.

Setelah menikah, Imel tak lagi membintangi film-film maupun FTV. Lama tak tampil di televisi ternyata dia mulai memfokuskan diri untuk terjun di dunia politik.

7. Choky Sitohang

10 Caleg Artis Ini Bakal Berebut Kursi di Dapil Bandung -CimahiInstagram.com/mrssitohang

Choky adalah aktor dan pembawa acara televisi yang saat ini maju menjadi caleg melalui Partai Perindo. Ia dikenal luas sebagai pembawa acara olahraga dan musik, selain itu ia pernah bermain dalam film Sang Dewi pada tahun 2007

Meniti karier sebagai pembawa acara di sejumlah televsi swasta, JakTV mempercayainya untuk membawakan acara My World. Kariernya mulai menanjak usai membawakan acara Good Morning on The Weekend bersama Ferdi Hasan. Nama Choky melejit setelah membawakan ajang Euro 2008.

Baca Juga: Siswa SD di Kabupaten Kuningan Masuk dalam DPT Pemilu 2019

8. Giring Ganesha

10 Caleg Artis Ini Bakal Berebut Kursi di Dapil Bandung -CimahiIDN Times/Dok

Satu nama kalangan artis yang juga cukup mengejutkan karena masuk dunia politik adalah Giring Ganesha Djumaryo. Mantan vokalis Nidji ini merupaka anak dari seorang ayah yang sempat bekerja sebagai wartawan foto yang pernah bertugas di kantor berita Antara, harian Berita Yudha, dan majalah Asri. 

Saat ini Giring mencoba dunia baru dengan terjun berpolitik di bawah naungan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

9. Virnie Syafitri Ismail

10 Caleg Artis Ini Bakal Berebut Kursi di Dapil Bandung -Cimahiinstagram.com/virnie_ismail

Virnie Syafitri Ismail adalah salah satu caleg wanita dari kalangan artis yang menggunakan "perahu" Partai Amanat Nasional (PAN). Ia memiliki darah Jawa Barat dan memutuskan untuk menjadi wakil rakyat dari dapil Jabar I.

Virnie terkenal dalam tayangan komedi di televisi dengan memerankan sosok centil, seksi, dan menggoda. Sebelum bermain pada sketsa komedi, Virnie mengawali karier di layar kaca Indonesia lewat sinetron Lobi-Lobi (1996). Setelah itu, finalis Mojang Parahyangan 1996 ini bermain di beberapa sinetron antara lain, Babe, Bulan Berkaca, Kabut Sutra Ungu, Si Toloy serta Jaka Gledek.

Baca Juga: Caleg dari 9 Parpol Batal Bertarung Pemilu di Sejumlah Daerah Sulsel

10. Ricky Subagja

10 Caleg Artis Ini Bakal Berebut Kursi di Dapil Bandung -Cimahidjarumbadminton.com

Lama malang melintang di dunia olahraga bulu tangkis, Ricky kemudian berlabuh masuk Demokrat, dan menasbihkan diri maju sebagai anggota caleg.

Dia merupakan salah satu pebulu tangkis ganda putra legendaris dunia dari Indonesia yang ketika berpasangan dengan Rexy Mainaky berhasil menjuarai hampir seluruh turnamen bergensi dunia, seperti Medali Emas Olimpiade (1996), Asian Games (1994, 1998), Juara Dunia (1995), Juara All England (1995, 1996. Tak sebagai pemain, Ricky juga aktif sebagai salah satu komentator ketika ada kompetisi bulu tangkis.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya