10 Besar Parpol Raih Suara Terbanyak pada Pileg DPRD Jabar 

Gerinda masih dominan 

Bandung, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih melakukan penghitungan secara real count suara yang masuk untuk pemilihan presiden dan wakil presiden termasuk dengan anggota legislatif dari pusat hingga ke kabupaten/kota.

Di Provinsi Jawa Barat, hasil pemilihan untuk kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) masih mengunggulkan partai Gerindra. Berdasarkan data KPU yang sudah merekap 56,08 persen TPS, partai yang diketuai Prabowo Subianto ini mampu meraih suara mencapai 16,54 persen atau setara dengan 1.505.386 pemilih.

1. Golkar dan PKS membayangi

10 Besar Parpol Raih Suara Terbanyak pada Pileg DPRD Jabar Grid.id

Di bawah Gerindra, terdapat partai Golkar dan PKS yang masih membayangi. Golkar saat ini berada di urutan kedua dengan raihan 14,79 persen dan PKS mendapat 12,67 persen.

Kemudian ada PKB yang sekarang suaranya semakin melejit dibandingkan lima tahun lalu. Suara PKB hingga saat ini berada di urutan keempat dengan 12,07 persen, di mana di bawahnya ada PDI Perjuangan dengan 11,46 persen.

2. PAN, Demokrat, dan Nasdem suaranya beda tipis

10 Besar Parpol Raih Suara Terbanyak pada Pileg DPRD Jabar Warga Suku Badui memasukkan surat suara ke dalam kotak suara saat pencoblosan Pemilu 2024 di Desa Kenekes, Lebak, Banten (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Dari penghitungan sementara, ada tiga partai yang suaranya tidak berbeda jauh, yaitu PAN, Demokrat dan Nasdem. Sejauh ini Partai Demokrat berada di posisi keenam dengan raihan 6,46 persen, disusul PAN dengan 6,43 persen, dan Demokrat yang meraih suara 6,26 persen.

Setelahnya terdapat PPP yang mampu mendapat 5,29 suara dan PSI yang mendapat 2,18 persen suara.

3. Gerinda bisa back to back jadi Ketua DPRD Jabar

10 Besar Parpol Raih Suara Terbanyak pada Pileg DPRD Jabar Partai Gerindra (gerindra.id)

Berdasarkan data KPU pada Pileg 2019 dan 2024, Partai Gerindra bisa kembali menjadi pemenang Pileg di Jabar. Pada 2019, Gerindra mampu unggul dengan menepatkan kader paling banyak yaitu 25 kursi. Setelahnya ada PKS yang mampu meraih 21 kursi, disusul oleh PDIP 20 kusi, dan Golkar 16 kursi.

Raihan suara Gerindra perlahan naik dibandingkan pada Pileg 2014. 10 tahun lalu Gerindra hanya mampu menempatkan 11 kursi kadernya di DPRD Jabar.

Baca Juga: Usut Kecurangan Pemilu, Eep Saefullah Usul Bentuk Pansus Pilpres

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya