Viral! Siswa SMK di KBB Meninggal Usai Diduga Jadi Korban Bully Teman

Korban disebut jadi korban bully selama sekolah

Bandung Barat, IDN Times - Seorang siswa di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat dikabarkan meninggal dunia usai menjadi korban bully teman sekolahnya selama hampir tiga tahun. Korban disebut mengalami gangguan jiwa hingga akhirnya meninggal dunia.

Kasus dugaan perundungan atau bullying itu viral di media sosial usai dibagilan akun X @jissookkim. Dalam unggahan akun tersebut, dijelaskan korban kerap mendapat perundungan selama tiga tahun, baik secara fisik maupun verbal.

Setelah ditelusuri pada Senin (9/6/2024), korban diketahui bernama Nabila Fitri Nuraini (18) yang merupakan warga Kampung Centeng, RT 05/07, Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, KBB. Pihak keluarga membenarkan kejadian yang dialami korban hingga viral di media sosial itu.

"Iya betul korban anak saya. Tapi kami gak tau sampai viral di media sosial karena gak pernah blow up. Saya baru tahu viral itu pas hari ke-8 almarhum meninggal," tutur Siti Aminah (42), ibu korban.

1. Keluarga awal tahu dari teman korban

Viral! Siswa SMK di KBB Meninggal Usai Diduga Jadi Korban Bully Temanilustrasi stop Bullying

Dia mengatakan, anaknya memang mengalami gangguan psikis atau mental karena diduga dirundung temannya sendiri. Namun, korban yang merupakan anak pertama dari tiga bersaudara itu memendamnya selama hampir tiga tahun.

Awalnya Siti dan suaminya, Dadang Komarudin (46) mengetahui anaknya menjadi korban bully itu dari teman dekat anaknya. Namun Nabila tidak pernah mengaku atau bercerita ketika ditanya orang tuanya dengan alasan enggan dibesar-besarkan dan ingin fokus belajar saja.

"Pas kelas 2 ada temennya cerita Nabila selama ini disuruh-suruh sama pelaku. Disuruh ngerjain tugas, disuruh gendong, dikata-katain kasar. Saya tanya ke Nabila, diam. Saya mau lapor ke sekolah juga gak boleh," ujar Siti.

2. Kondisi korban memburuk awal Mei

Viral! Siswa SMK di KBB Meninggal Usai Diduga Jadi Korban Bully Teman(Bangkit Rizki/IDN Times)

Siti dan suaminya tetap berfikir positif dan percaya anaknya tidak mengalami masalah lantaran ketika berada di rumah tidak ada tanda-tanda tersebut. Namun laporan adanya dugaan perundungan itu kembali diterimanya akhir tahun 2023 ketika anaknya menjalani masa Praktik Kuliah Lapangan (PKL).

Puncaknya, tanggal 8 Mei 2024 sikap Nabila membuat aneh ibunya karena tiba-tiba ingin memeluknya. Selain itu, korban mengutarakan kebahagiaannya karena sebentar lagi akan lulus dari sekolah tersebut dan mengatakan akan terbebas dari beban selama tiga tahun.

"Saya masih berfikir positif mungkin lagi cape pulang sekolah dan sebelumnya ada acara jadi panitia. Besoknya langsung ngedrop dan kondisi mentalnya terus menurun, marah-marah gak jelas. Termasuk yang di video yang viral itu mungkin puncaknya. Dari sana makin yakin anak saya jadi korban bully," kata dia.

3. Kekuarga minta diusut tuntas

Viral! Siswa SMK di KBB Meninggal Usai Diduga Jadi Korban Bully TemanKampanye Stop Bullying di Kota Batu. (Dok. Humas Pemkot Batu)

Siti sudah membawa anaknya itu untuk menjalani pengobatan baik ke dokter hingga pengobatan lainnya. Namun kondisi kesehatan anaknya semakin menurun hingga
akhirnya korban meninggal dunia pada 30 Mei 2024.

Selama ini, keluarga sudah berusaha mengadukan kejadian yang dialami anaknya kepada pihak sekolah maupun keluarga terduka pelaku. Namun belum mendapatkan respon yang memuaskan.

"Kami dari awal dapat laporan dari temannya sampai anak drop sudah datang ke sekolah, tapi kayanya terlambat responnya. Ke pelaku juga pas diminta datang ke rumah, responnya gak baik," ucap Siti.

Sejak kejadian itu, Siti mengaku dirinya dan keluarganya tidak pernah mempublikasikan kejadian yang dialami anaknya itu hingga viral di media sosial. "Kami sudah ikhlas. Tapi masalah hukum harus tuntas biar ada efek jera," katanya.

Baca Juga: Gedung Megah untuk Anggota DPRD KBB Senilai Ratusan Miliar Mangkrak

Baca Juga: 2 Pemuda di KBB Terciduk Edarkan Tramadol Hingga Rexlona Secara Ilegal

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya