TPS Keliling Disiapkan untuk Korban Banjir di Sumedang

Pj Gubernur Jabar pastikan korban banjir Sumedang nyoblos

Cimahi, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin memastikan warga korban banjir di Kabupaten Sumedang tetap bisa menyalurkan hak pilihnya di Pemilu 2024 yang akan berlangsung pada Rabu (14/2/2024).

Dia mengatakan, bagi warga yang tidak bisa mengakses langsung ke tempat pemungutan suara (TPS) karena terdampak banjir akan dijemput bola. Sebab, kata Bey, semua warga yang masuk daftar pemilih diharapkan bisa menyalurkan hak pilihnya.

"Mereka sudah mempersiapkan beberapa rencana termasuk. Kalau yang di tempat pengungsi itu dimungkinkan kalau ada kesepakatan dengan KPPS dan juga pengawasnya untuk semacam jemput bola jadi keliling," kata Bey kepada wartawan di Kota Cimahi, Selasa (13/2/2024) malam.

1. Bey Machmudin tinjau korban banjir Sumedang

TPS Keliling Disiapkan untuk Korban Banjir di Sumedang(Bangkit Rizki/IDN Times)

Seperti diketahui bencana banjir menerjang wilayah Desa Cipelang dan Desa Ujungjaya, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang pada Minggu (11/2/2024), karena jebolnya tanggul Cipelang. Banjir itu merendam rumah warga hingga akhirnya terpaksa harus mengungsi.

Bey mengatakan ia sudah meninjau langsung titik banjir di Sumedang. Dia bilang masih ada warga yang masih mengungsi dan belum kembali ke rumahnya, sehingga penyelenggara Pemilu akan jemput bola.

"Jadi mereka di tempat pengungsi kan kami bayangkan mereka masih dalam musibah, dalam suasana yang berduka karena kena banjir. Jadi kami berharap jangan sampai tidak memilih karena mereka tidak sempat ke TPS, jadi dimungkinkan TPS keliling," ujar Bey.

2. Bey Machmudin dan Forkopimda Jabar cek TPS

TPS Keliling Disiapkan untuk Korban Banjir di Sumedang(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Bey melanjutkan ia bersama unsur Forkopimda di Jawa Barat sudah melakukan pengecekan kesiapan sejumlah TPS di wilayah Bandung Raya. TPS yang pertama kali didatangi oleh Pj Gubernur Jabar yaitu TPS 48 di Perumahan Soreang Indah, Kabupaten Bandung. Dilanjutkan mengecek kesiapan TPS 14 di Margaasih.

Pengecekan kesiapan TPS dilanjutkan di TPS 29 Kelurahan Baros, Kota Cimahi dan terakhir mendatangi gudang KPU Kota Cimahi di Jalan Mahar Martanegara untuk melihat proses pemusnahan surat suara yang berlebih atau tidak digunakan serta rusak.

"Malam ini kami Forkopimda lengkap, jadi Kapolda Jabar, Pangdam III Siliwangi Kajati dan Kabinda dan Ketua KPU Jabar dan Bawaslu Jabar meninjau kesiapan akhir di tiga TPS, dua di Kabupaten Bandung dan satu Cimahi, dan sudah sangat siap," kata dia.

3. Pj Gubernur Jabar minta antisipasi kecurangan

TPS Keliling Disiapkan untuk Korban Banjir di SumedangTPS 12 Kampung Cijuhung, Desa Margaluyu, Kecamatan Cipeundeuy, KBB. (Bangkit Rizki/IDN Times)

Ia mengaku telah berdialog dengan petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) tentang daftar pemilih tetap (DPT). Tak hanya itu, ia juga mengingatkan antisipasi terhadap potensi kecuranhan.

"Kami menanyakan DPT dan juga untuk beberapa hal harus dihindari semisal kecurangan-kecurangan itu, DPT meninggal perlakuannya seperti apa dan dicoret. Kami meminimalisasi adanya kecurangan seperti itu," kata dia.

Bey memastikan tidak terdapat kekurangan dari TPS yang akan menyelenggarakan pencoblosan, meski antisipasi lainnya yang harus dilakukan terkait potensi hujan.

Ia pun menegaskan bahwa logistik pemilu sudah terdistribusikan 100 persen ke seluruh wilayah Jawa Barat, termasuk wilayah dengan akses yang relatif sulit semisal menggunakan perahu.

Baca Juga: Kala Linmas Usia Senja Siap Kawal TPS Pemilu di Kota Cimahi

Baca Juga: Seluruh Puskesmas di Kota Cimahi Siaga 24 Jam di Masa Pencoblosan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya