Tim SAR Gabungan Hentikan Pencarian Korban Longsor di KBB

Masih ada dua korban belum ditemukan

Bandung Barat, IDN Times - Proses pencarian korban tertimbun longsor di Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat resmi dihentikan pada Minggu (31/3/2024). Masih ada korban yang belum ditemukan.

"Hari ini Tim SAR Gabungan atau pelaksanan operasi SAR akan kami hentikan dan akan dilanjutkan dengan pemantauan," kata Kepala Kantor SAR Bandung Hery Marantika di lokasi, Minggu (31/3/2024).

1. Pencarian dihentikan sesuai SOP

Tim SAR Gabungan Hentikan Pencarian Korban Longsor di KBB(Bangkit Rizki/IDN Times)

Hery menjelaskan, proses pencarian dihentikan karena sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). Ini mengingat selama tujuh hari pencarian korban yang dilakukan Tim Sar Gabungan belum ditemukan sehingga sesuai aturan dihentikan.

Kemudian pertimbangan lainnya, terang dia, Tim Sar Gabungan tidak menemukan adanya korban meskipun area pencarian di lokasi longsor sudah diperluas. Bahkan, tim sudah menyisir kawasan sungai namun hasilnya masih nihil.

"Belum adanya tanda-tanda korban kita temukan selama 7 hari. Area pencarian sudah kita perluas, sektor sudah kita tambah bahkan sampai dengan ada dua tim lagi yang kita sisir sampai ke sungai namun belum ada tanda-tanda korban, itu yang pertama," kata Hery.

2. Tim SAR tetap lakukan pemantauan

Tim SAR Gabungan Hentikan Pencarian Korban Longsor di KBB(Bangkit Rizki/IDN Times)

Meski pencarian dihentikan, ujar dia, pihaknya akan tetap melakukan pemantauan. Pihaknya akan selalu berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB. "Terus berkoordinasi dengan BPBD selanjutnya akan proses rekonstruksi dari temen-temen BPBD," ucapnya.

Sebelumnya, Tim SAR Gabungan menerima laporan adanya 10 orang yang hilang dalam peristiwa longsor di Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, KBB pada Minggu (24/3/2024) malam. Kemudian Tim SAR Gabungan dari mulai Basarnas, TNI, Polri, BPBD, PMI, relawan dan berbagai unsur lainnya mulai melakukan pencarian.

Hingga berakhirnya operasi pencarian ini, Tim SAR Gabungan sudah menemukan tujuh korban yang sudah teridentifikasi dari 10 orang yang dilaporkan hilang. Sedangkan satu orang belum teridentifikasi. Artinya, dua korban lagi dinyatakan masih hilang dengan asumsi satu korban yang sebelumnya ditemukan di aliran Sungai Citarum yang belum teridentifikasi itu bagian dari korban longsor.

"Berbagai upaya telah kita laksanakan, indikasi korban 10 orang alhamdulilah 7 orang diketemukan dan 1 orang ini masih dalam proses identifikasi. Harapan kami satu orang yang masih proses identifikasi ini juga bagian yang kita cari," ujar Hery.

3. Tersisa dua korban diduga tertimbun tanah longsor

Tim SAR Gabungan Hentikan Pencarian Korban Longsor di KBB(Bangkit Rizki/IDN Times)

"Dua jenazah belum ditemukan. Satu sudah namun belum teridentifikasi karena dari titik longsor ke penemuan jenazah sangat jauh. Makanya belum yang ditemukan itu adalah korban longsor," ujar Abdul Rohman.

Baca Juga: Korban Longsor di KBB Ditemukan Saling Berpelukan

Baca Juga: Curhat Pilu Korban Longsor di KBB Kala Mensos Risma Datang

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya