Tim DVI Polri Bantu Identifikasi Jasad Korban Tanah Longsor di KBB

Tiga jasad korban longsor sudah ditemukan

Bandung, IDN Times - Post mortem dan ante mortem dilakukan dalam proses identifikasi para korban yang dilaporkan tertimbun longsor pada Minggu (24/3/2024). Ante mortem merupakan identifikasi terhadap korban dengan mengambil data dari pihak keluarga.

Aldi mengatakan, Tim DVI Polda Jabar itu sebelumnya sudah melakukan Tim DVI sudah melakukan proses ante mortem yaitu melakukan pengambilan sampel DNA 10 keluarga korban hilang. Sampel DNA nantinya akan dicocokan dalam proses post mortem dengan jasad yang sudah ditemukan.

Proses post mortem akan dilakukan Tim DVI di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cililin. Sejauh ini, petugas gabungan sudah menemukan tiga jasa korban yang tertimbun longsor. Ketiga jasad sudah dibawa ke rumah sakit.

"Sehingga nanti kalau korban ditemukan tak selamat atau dalam keadaan mayat rusak, maka akan dicocokkan dengan sampel DNA posko antemortem," ujar Aldi.

1. Polisi kerahkan anjing pelacak

Tim DVI Polri Bantu Identifikasi Jasad Korban Tanah Longsor di KBB(Bangkit Rizki/IDN Times)

Hingga saat ini, Tim SAR gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Basarnas, TNI-POLRI, dan relawan masih melakukan pencarian terhadap korban. Petugas menggunakan alat sederhana cangkul, pompa penyemprot air atau alkon, dan anjing pelacak atau tim K-9 untuk mencari sisa korban yang tertimbun longsor karena akses alat berat ke lokasi sulit.

"Petugas menurunkan anjing pelacak dan alat sederhana untuk mencari korban tertimbun longsor, mengingat akses alat berat tidak memungkinkan sampai ke lokasi," kata Aldi.

2. Petugas temukan 3 korban

Tim DVI Polri Bantu Identifikasi Jasad Korban Tanah Longsor di KBB(Bangkit Rizki/IDN Times)

Sebelumnya, Tim Sar Gabungan menemukan jiga jasad korban yang tertimbun longsor di Kampung Gintung, RT 04/07, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat. Ketiganya ditemukan pada Selasa (26/3/2024).

Sebelumnya, Tim Sar Gabungan menerima laporan ada 10 warga yang dilaporkan hilang dalam peristiwa longsor yang menerjang pada Minggu (24/3/2024) malam. Para korban itu diduga 'terkubur' saat kejadian.

"Kami ucapkan terlebih dahulu Innalillahi wa Inna Ilaihi Raajiun. Turut berduka cita, tim Sar Gabungan menemukan tiga jasad yang tertimbun di worksheet A," kata Kepala Seksi Operasi dan Siaga pada Basarnas Bandung, Supriono di lokasi.

3. Korban ditemukan di waktu berbeda

Tim DVI Polri Bantu Identifikasi Jasad Korban Tanah Longsor di KBB(Bangkit Rizki/IDN Times)

Supriono mengatakan, ketiga jasad itu ditemukan di worksheet A atau zona 1 pencarian yang difokuskan Tim Sar Gabungan sejak hari pertama. Proses pencarian dilakukan secara manual dan menggunakan alkon air untuk mengikis tanah.

Ketiga korban yang tertimbun material longsor ditemukan dalam waktu yang berbeda. Jasad pertama merupakan anak-anak berjenis kelamin perempuan ditemukan pukul 11.54 WIB. Jasad kedua anak-anak berjenis kelamin laki-laki ditemukan pukul 12.23 WIB.

Kemudian jasad ketiga, dewasa berjenis kelamin perempuan ditemukan pukul 12.56 WIB. Para korban itu ditemukan di titik yang memang sebelumnya dipetakan dan difokuskan untuk dilakukan pencarian.

"Ketiganya ditemukan sesuai dengan informasi awal, di titik inilah adanya korban sejumlah 5 sampai 6 korban. Maka konsentrasi dari awal rencana operasi, kita tentukan 3 worksheet ini," ujar Supriono.

Ketiganya, terang Supriono, ditemukan di kedalaman lumpur material longsor dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Kondisi itu tentunya menyulitkan proses pencarian yang dilakukan petugas gabungan sejak awal. Pihaknya berharap sisa korban yang dilaporkan hilang segera ditemukan.

"Kedalaman sekitar 1,5 meter, dan itu yang sejak awal menjadi kendala kami. Tapi dengan penemuan ini, mudah-mudahan terus bertambah yang bisa kita evakuasi. Apalagi saat ini cuaca sedang bagus dan anggota prima kondisinya," ujar Supriono.

Baca Juga: Tiga Korban Tanah Longsor di KBB Ditemukan

Baca Juga: Curhat Pilu Korban Longsor di KBB Kala Mensos Risma Datang

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya