Strategi Cegah Getok Parkir dan Macet Disiapkan di Kawasan Lembang

Lembang bersiap sambut libur lebaran

Bandung Barat, IDN Times - Kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat bersiap menyambut wisatawan di libur panjang lebaran 2024. Arus lalu lintas di kawasan wisata itupun mulai mengalami kepadatan pada Rabu (10/4/2024) atau hari pertama Idulfitri 1445 Hijriah.

Kendaraan wisatawan terutama roda empat mulai keluar masuk objek wisata yang ada di sepanjang Jalan Raya Lembang, seperti Farmhouse dan The Great Asia Africa. Begitupun kendaraan yang mengarah ke Cikole yang terdapat sejumlah objek wisata.

"Sudah mulai ramai, tapi belum terlalu signifikan. Ya ini masih seperti libur Sabtu-Minggu biasa," kata Ayi Cahyadi (43 tahun) pengelola kantong parkir di kawasan Lembang, Rabu (10/4/2024).

Di hari H Lebaran ini, arus lalu lintas justru dipadati oleh masyarakat yang melakukan mudik lokal. Terlihat dari ramainya motor di ruas Jalan Raya Lembang dari kedua arah.

"Kalau hari H itu, dari dulu memang banyaknya warga yang silaturahmi ke saudara-saudaranya, makanya kelihatan ramai. Tapi kebanyakan pakai motor, kalau mobil memang itu wisatawan," kata Ayi.

1. Polisi sudah siapkan strategi atasi kemacetan

Strategi Cegah Getok Parkir dan Macet Disiapkan di Kawasan Lembang(Bangkit Rizki/IDN Times)

Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono mengatakan ia sudah memetakan titik rawan macet menjelang kunjungan wisatawan ke Lembang di momentum libur lebaran. Polisi juga sudah menyiapkan strategi jika terjadi kemacetan.

"Lembang menjadi titik krusial, karena bakal dibanjiri wisatawan. Kami sudah mitigasi dan siapkan CB untuk mengatur arus lalu lintas dan mengurai kepadatan bila terjadi," kata Aldi.

Aparat juga sudah menempatkan personel di titik-titik rawan macet, rawan bencana, dan di beberapa jalur alternatif menuju kawasan wisata Lembang dari arah Padalarang, Cimahi, dan Kota Bandung.

"Personel sudah disiapkan dan ditempatkan di titik-titik yang sudah kami tentukan. Termasuk di jalur alternatif karena prediksi kepadatan di jalur arteri," ujar Aldi

2. Pemkab Bandung Barat waspadai getok parkir

Strategi Cegah Getok Parkir dan Macet Disiapkan di Kawasan LembangIlustrasi floating market Lembang (instagram.com/gobook.viladagopakar)

Hal lain yang dipersiapkan untuk menyambut wisatawa yang diprediksi mulai berdatangan ke Lembang mulai hari H Lebaran hingga H+7 Lebaran adalah kantung parkir. Hal itu untuk mencegah adanya getok tarif parkir.

"Soal marak getok parkir di sana (Lembang), maka saya sudah perintahkan camat dan desa koordinasi menyediakan kantong parkir, jangan sampai ada parkir liar. Kalau ada langsung digeser," kata Pj Bupati Bandung Barat, Arsan Latif.

3. Parkir liat bisa picu kemacetan

Strategi Cegah Getok Parkir dan Macet Disiapkan di Kawasan LembangIlustrasi domba bermain farm house susu Lembang (instagram.com/marnulife)

Praktik getok parkir, kata Arsan, berkaitan erat dengan minimnya lahan parkir. Ujung-ujungnya muncul parkir-parkir liar yang nantinya juga bakal memicu kemacetan arus lalu lintas.

"Potensi kemacetan di Lembang kan parena parkir liar dan parkir sembarangan. Maka itu, selain kantong parkir petugas juga harus mobile, jangan cuma diam di posko," ujar Arsan.

Arsan menyebut kenyamanan dan keamanan wisatawan selama momen libur lebaran nanti menjadi garansi yang mesti diberikan pemerintah daerah Bandung Barat.
"Intinya sudah siap (menyambut wisatawan), jangan sampai wisatawan ke Lembang itu merasa tidak aman dan tidak nyaman. Sudah kita persiapkan semua," ujar Arsan.

Baca Juga: Ratusan Korban Longsor Maut di KBB Bakal Lebaran di Pengungsian

Baca Juga: Puncak Arus Mudik Terlewati, 250 Ribu Sepeda Motor Melintas di KBB

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya