Stasiun Whoosh Padalarang Diserbu Penumpang Arus Balik Long Weekend

Senin merupakan puncak arus balik libur panjang

Bandung Barat, IDN Times - Arus balik libur panjang akhir pekan ini terlihat dari Stasiun Whoosh Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Senin(16/9/2024). Ada peningkatan akktivitas di stasiun khusus kereta cepat itu pada Senin (16/9/2024) yang merupakan hari terakhir libur long weekend.

Manager Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa mengatakan, memasuki hari terakhir libur panjang akhir pekan kali ini, terlihat sudah ada peningkatan penumpang Kereta Cepat Whoosh yang kembali menikmati libur panjangnya di wilayah Bandung Raya dan kembali ke Jakarta.

"Arus balik long weekend, penumpang dari Bandung alami peningkatan yang kembali ke Jakarta. Khusus hari ini dari Stasiun Whoosh Padalarang ada sekitar 10 ribu penumpang," kata Eva.

1. 90 ribu tiket Whoos terjual

Stasiun Whoosh Padalarang Diserbu Penumpang Arus Balik Long Weekend(Dok/Istimewa)

Pihaknya memprediksi total volume penumpang diakhir libur panjang pada momen Maulid Nabi Muhammad SAW akan mencapai 20 ribu penumpang. Berdasarkan data sementara hingga pagi ini sebanyak 18 ribu tiket whoosh telah terjual.

"Dari jumlah tersebut 70 persen di antaranya berasal dari wilayah Bandung, yakni Stasiun Padalarang dan Tegalluar Summarecon yang akan menuju Jakarta," ujar dia.

Eva membeberkan, total penjualan tiket yang tercatat dari 13-16 September 2024 yang merupakan periode libur panjang pekan ini mencapai 90 ribu. "Tertinggi volume penumpang terjadi pada Sabtu (14/9) dimana angka volume penumpang mencapai 23.500 dalam satu hari," ucap dia.

2. Kepadatan sudah diantisipasi

Stasiun Whoosh Padalarang Diserbu Penumpang Arus Balik Long Weekend(Dok/Istimewa)

KCIC, kata Eva, sudah mengantisipasi peningkatan arus balik ini dengan mempersiapkan perjalanan Kereta Cepat Whoosh sebanyak 48 perjalanan atau total sebanyak 28 ribu tempat duduk.

Tidak hanya mempersiapkan stasiun dan kereta Whoosh, KCIC juga telah berkordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia untuk menyiapkan Kereta Api Feeder. Seperti diketahui, Kereta Api Feeder merupakan angkutan khusus penumpang Kereta Cepat Whoosh dari Stasiun Padalarang ke Stasiun Bandung maupun sebaliknya.

"Penumpang Whoosh dengan tiket Padalarang-Halim, maupun Tegalluar Summarecon-Halim dapat menggunakan fasilitas KA Feeder dari Stasiun Bandung dan Cimahi untuk mempermudah akses menuju Stasiun Padalarang," kata Eva.

3. Jumlah seat Feeder ditambah

Stasiun Whoosh Padalarang Diserbu Penumpang Arus Balik Long Weekend(Dok/Istimewa)

Untuk mengantisipasi kepadatan, KCIC juga sudah menambah 50 kursi tambahan di ruang tunggu Kereta Api Feeder Bandung dan Cimahi guna kenyamanan penumpang. Selain itu juga ditambahkan total 10 petugas yang siap melayani penumpang di Stasiun Bandung dan Cimahi yang ingin mendapatkan informasi mengenai perjalanan Whoosh maupun KA Feeder.

Bagi penumpang yang akan menggunakan KA Feeder dari Stasiun Bandung dan Cimahi, agar datang di stasiun setidaknya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan karena pintu menuju peron ditutup 5 menit sebelum keberangkatan.

"KCIC siap melayani penumpang dengan baik pada masa arus balik libur panjang akhir pekan ini. Berbagai persiapan sudah dilakukan dengan baik, untuk menghadirkan layanan whoosh yang selamat, aman, nyaman, lancar, dan terkendali," pungkas dia.

Rizki Photo Community Writer Rizki

Sehat, soleh, rezeki nomplok

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya