Separuh Warga Cimahi Diprediksi Mudik Lebaran Tahun Ini 

Pemudik asal Cimahi didominasi menuju Priangan Timur

Cimahi, IDN Times - Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dicky Saromi memprediksi separuh warga Kota Cimahi, Jawa Barat, akan pulang kampung pada lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024. Jumlah penduduk Kota Cimahi berdasarkan Data Konsolidasi Bersih (DKB) Semeseter II tahun 2023 mencapai 575.519 jiwa.

"Ada hitungan kami hampir setengah, 50 persen mudik," kata Dicky saat dikonfirmasi di Pemkot Cimahi, Kamis (4/4/2024).

1. Pemudik diimbau pakai kendaraan umum

Separuh Warga Cimahi Diprediksi Mudik Lebaran Tahun Ini (Bangkit Rizki/IDN Times)

Menurut Dicky, mayoritas pemudik asal Kota Cimahi akan pulang kampung pada lebaran tahun ini ke berbagai wilayah di Priangan Timur seperti Garut, Tasikmalaya, Banjar, Pangandaran dan sebagainya. Selain itu, ada juga yang mudik ke berbagai wilayah di Jawa Tengah.

Dicky mengimbau warganya yang akan mudik untuk mempersiapkan diri dengan matang, khususnya yang akan menggunakan kendaraan pribadi. Namun, ia berharap pemudik asal Kota Cimahi menggunakan kendaraan umum atau transportasi massal.

Kemudian sepulangnya nanti, Dicky meminta bagi warga yang ingin membawa sanak keluarganya ke Kota Cimahi untuk merantau dipastikan harus memiliki pekerjaan. "Banyakan ke arah Priangan Timur. Tentunya bila mana bawa keluarga sudah jelas pekerjaannya. Intinya mereka mudik dan pulang kembali dengan selamat," ujar Dicky

2. Pemkot Cimahi buka pos pelayanan mudik

Separuh Warga Cimahi Diprediksi Mudik Lebaran Tahun Ini (Bangkit Rizki/IDN Times)

Dicky melanjutkan, untuk melayani arus mudik tahun ini tentunya Pemkot Cimahi akan melakukan pengamanan bersama unsur TNI dan Polri, mulai dari menyiapkan personel Satpol PP, Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) hingga petugas kesehatan.

Mereka akan bertugas selama 24 jam secara bergiliran di pos pengamanan dan pelayanan yang sudah disiapkan di sejumlah titik di Kota Cimahi, di antaranya di Alun-alun Kota Cimahi, Rest Area KM 125 dan Kebon Kopi.

"Jadi yang saya sampaikan kami ada Pusdalops kebencanaan dari BPBD. Mereka ini bekerja, piket bergiliran. Kami juga ada pasukan 119 Dinas Kesehatan yang merupakan panggilan darurat selain mereka stand by di pos terpadu. Peruntukannya untuk melayani pemudik," kata Dicky.

3. Mudik gratis diberangkatkan pekan ini

Separuh Warga Cimahi Diprediksi Mudik Lebaran Tahun Ini (Bangkit Rizki/IDN Times)

Selain itu, Pemkot Cimahi juga membuka pelayanan mudik gratis tahun ini dengan tujuan Cimahi-Solo via Yogyakarta melalui jalur selatan, dan Kota Cimahi menuju Semarang via Cirebon lewat jalur utara.

Ada delapan bus yang sudah disiapkan dan akan mengangkut sekitar 400 warga Kota Cimahi yang akan mudik ke kampung halamannya masing-masing pada mudik lebaran tahun ini. Mereka akan diberangkatkan pada Sabtu (6/4/2024).

Baca Juga: Polisi Bersenjata Kawal Mudik Lebaran 2024 di Cimahi dan KBB

Baca Juga: Pastikan Keselamatan, Dishub Kota Cimahi Periksa Bus Mudik Gratis

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya