Sadis, Begini Cara Pelaku Habisi Korban Lalu Dikubur Dalam Rumah di KBB

Pelaku kabur ke Jakarta-Cianjur

Bandung Barat, IDN Times - Didi Hartanto (42) tewas lalu dikubur di dalam rumah di
di Perumahan Bumi Citra Indah 1, Desa Pataruman, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat. Pelakunya adalah Ijal (31), yang sudah ditangkap pihak kepolisian.

Polisi mengungkap cara sadis pelaku membunuh korban yang merupakan pegawai di Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) dan Keamanan Hasil Perikanan Bandung pada 23 Maret 2024 sekitar pukul 23.00 WIB. Awalnya terjadi perselisihan di antarany korban dan pelaku yang sudah saling mengenal itu.

Kemudian hasil keterangan sementara yang diperoleh, pelaku menghantam korban menggunakan benda tumpul yakni besi pada bagian kepalanya. Kondisi itu membuat korban tumbang. Namun untuk kepastian penyebabnya, polisi menunggu hasil autopsi.

"Dari keterangan tersangka pakai besi, tumpul sementara. Nanti kita menunggu hasil visum dari rumah sakit untuk memastikan penyebab kematian," kata Dirkrimum Polda Jabar Kombes Pol Surawan di lokasi, Selasa (16/4/2024).

1. Motif pelaku habisi korban

Sadis, Begini Cara Pelaku Habisi Korban Lalu Dikubur Dalam Rumah di KBB(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dia mengatakan berdasarkan keterangan pelaku yang sudah ditangkap, penyebab Ijal membubun korban hingga menguburnya itu dikarenakan permasalahan upah Rp300 ribu.
"Untuk motif dari keterangan sementara tersangka, tersangka menagih uang kerja selama dua hari sebesar Rp300 ribu," kata Surawan.

Namun pihak kepolisian masih mendalami lagi motif pelaku yang secara sadis menghabisi nyawa korban yang dikuburnya di dalam rumah. Pasalnya, usai membunuh korban, pelaku membawa barang berharga milik korban seperti sepeda motor hingga sertifikat rumah. Pelaku diketahui merupakan pekerja serabutan yang juga dipercaya korban.

"Tersangka setelah melakukan pembunuhan juga mengambil barang-barang berharga milik korban. Antara lain ada sepeda motor, sertifikat rumah, kemudian ada telepon genggam milik korban. Masih kita dalami perihal motifnya," ujarnya.

2. Pelaku butuh waktu 7 jam kubur korban

Sadis, Begini Cara Pelaku Habisi Korban Lalu Dikubur Dalam Rumah di KBB(Bangkit Rizki/IDN Times)

Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono mengatakan setelah menghabisi nyawa korban kemudian pelaku berusaha untuk menghilangkan jejak. Ijal mengubur Didi di bagian dapur dengan cara menggali tanah hingga 50 cm lalu ditutup lagi menggunakan keramik serapi mungkin.

"Setelah pelaku menghabisi korban kemudian pelaku membutuhkan waktu sekitar 6 sampai 7 jam untuk merapikan TKP, membereskan TKP (memasang keramik ulang) sehingga TKP itu benar-benar bersih," kata Aldi.

3. Pelaku kabur ke berbagai daerah

Sadis, Begini Cara Pelaku Habisi Korban Lalu Dikubur Dalam Rumah di KBB(Bangkit Rizki/IDN Times)

Sesaat setelah itu, pelaku membawa kabur barang berharga milik korban. Barang-barang berharga milik korban di antaranya dua unit sepeda, satu unit handphone, dan sertifikat rumah. Bahkan dia sudah menjual sepeda motornya itu.

"1 unit motor sudah dijual, ini sedang kami cari. Kemudian yang satu disimpan di rumah pelaku, sertifikat juga masih disimpan. Jadi untuk sementara barang hilang yang diambil pelaku yaitu motor dua, sertifikat, kemudian handphone," ujarnya.

Pelaku kemudian menghilang dari sekitar komplek perumahan Bumi Citra Indah. Ijal kabur ke berbagai daerah hingga akhirnya ditangkap polisi di daerah Cianjur pada Senin (15/4/2024) malam.

"Pelaku setelah melakukan pembunuhan ini dia sempat kabur-kabur ke Jakarta dan sebagainya. Tadi malam diamankan di daerah Cianjur," ucap Aldi.

Setelah berhasil diamankan, pelaku diminta menunjukkan lokasi jenazah Didi yang sudah dihabisi olehnya. Pelaku kemudian menunjukkan satu ruang kosong di bagian belakang rumah korban yang rapi tanpa ada kerusakan.

"Untuk titik penguburan ini, pelaku yang menjelaskan korban dikubur di sini. Sementara ini masih kami dalami katanya sih motifnya sakit hati, cuma sakit hati kenapa nanti kami akan dalami," katanya.

Baca Juga: Ternyata Ini Motif Pelaku Habisi dan Kubur Korban Dalam Rumah di KBB

Baca Juga: Mayat Dikubur Dalam Rumah di KBB Korban Pembunuhan, Pelaku Ditangkap

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya