RJS Cisarua Beberkan Kondisi Tersangka yang Mutilasi Istrinya di Ciamis

Suami yang mutilasi istri terus jalaninobservasi di RSJ

Bandung Barat, IDN Times - Tarsum (41), seorang suami yang secara sadis membunuh lalu memutilasi jasad istrinya sendiri di Ciamis, Jawa Barat menjalani perawatan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Humas, dan Pemasaran RSJ Provinsi Jawa Barat, Rasidin mengatakan, Tarsum tiba di RSJ milik Pemprov Jabar itu sejak Selasa (7/5/2024). Dia didampingi aparat kepolisian dari Ciamis.

"Mewakili pimpinan, bahwa benar yang bersangkutan (Tarsum) sudah tiba di IGD RSJ Cisarua. Dia tiba Selasa, 7 Mei 2024 jam 9 malam," kata Rasidin saat dikonfirmasi, Jumat (10/5/2024)

1. Tersangka ditangani dokter spesialis

RJS Cisarua Beberkan Kondisi Tersangka yang Mutilasi Istrinya di CiamisIDN Times/Istimewa

Rasidin mengatakan tersangka pembunuh dan memutilasi istrinya sendiri itu
langsung mendapatkan penanganan oleh dokter spesialis.

"Setelah itu mendapatkan penanganan kedaruratan. Saat ini yang bersangkutan sedang dirawat di ruang rawat jalan," kata Rasidin.

Di RSJ Cisarua, Tarsum bakal menjalani serangkaian pemeriksaan dan observasi untuk mengetahui kondisi kejiwaannya secara menyeluruh. Berdasarkan prosedur
Visum et Repertum Psikiatrikum (VeRP)

"Yang bersangkutan akan mendapatkan observasi dan pemeriksaan lainnya secara menyeluruh menurut prosedur Visum et Repertum Psikiatrikum (VeRP)," kata Rasidin.

2. Tersangka dirujuk ke rumah sakit jiwa

RJS Cisarua Beberkan Kondisi Tersangka yang Mutilasi Istrinya di CiamisIlustrasi pembacokan (IDN Times/Mia Amalia)

Diberitakan sebelumnya, Kasatreskrim Polres Ciamis AKP Joko Prihatin mengatakan, dokter kejiwaan telah melakukan pemeriksaan kedua kali kepada pelaku. Hasilnya, pelaku akan dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa Cisarua, Kabupaten Bandung Barat untuk memastikan apakah yang bersangkutan memang tidak waras atau alami ganguan lainnya.

"Menurut dokter kejiwaan harus diobservasi karena mengalami depresi," kata dia.

Namun, pihaknya belum dapat memastikan apakah pelaku mengalami depresi ringan atau berat. Pelaku akan secepatnya dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa karena tidak terdapat tempat khusus di Rumah Sakit Umum Daerah Ciamis.

3. Tersangka bunuh istrinya pakai pisau

RJS Cisarua Beberkan Kondisi Tersangka yang Mutilasi Istrinya di CiamisPixabay.com

Selama proses pemeriksaan, Joko mengatakan pelaku dalam kondisi stabil meski masih terguncang dan terpukul. Meski demikian, setelah beberapa lama pelaku menanyakan kabar keluarga termasuk istrinya.

"Sempat menanyakan keluarga dan istrinya," ucap dia.

Pihaknya akan menunggu hasil observasi 14 hari ke depan untuk menentukan langkah selanjutnya. Terkait senjata tajam yang digunakan pelaku, Joko menyebut bahwa pisau tersebut biasa dipakai di dapur. Meski hanya menggunakan pisau dapur tapi pelaku bisa melakukan mutilasi diprediksi karena dia sudah terbiasa menggunakannya.

"Mungkin dia mantan bandar domba. Mungkin punya keahlian untuk apa namanya, bahasa sunda menyisit. Kayaknya sudah biasa," ungkap Joko.

Baca Juga: Pelaku Mutilasi Istri di Ciamis Dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa di KBB

Baca Juga: Ketika Haji Tertua Asal KBB Setia Tunggu Istri Demi Naik Haji Bersama

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya