Puncak Arus Mudik Terlewati, 250 Ribu Sepeda Motor Melintas di KBB

Volume kendaraan naik dibandingkan mudik 2023

Bandung Barat, IDN Times - Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat (KBB), Fauzan Azima menyebutkan, puncak arus mudik yang melintasi wilayah Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat sudah terlewati. Dia menyebutkan, minat pemudik tahun ini begitu tinggi dibandingkan lebaran tahun lalu.

Pada Senin (8/4/2024) atau H-2 lebaran 2024 pukul 18.30 WIB, arus lalu lintas di kawasan Simpang Padalarang, Bandung Barat yang merupakan lintasan pemudik yang lewat jalur arteri dari arah Cianjur, Sukabumi, Jakarta, Bekasi, Karawang, Purwakarta menuju wilayah Timur seperti Garut dan sekitarnya terpantau ramai lancar.

"Kalau puncak mudik sepertinya memang sudah terlewati itu. Pada H-5 itu kenaikannya sampai 40 persen dibandingkan mudik tahun kemarin," kata Fauzan di Padalarang.

1. Kendaraan didominasi sepeda motor

Puncak Arus Mudik Terlewati, 250 Ribu Sepeda Motor Melintas di KBB(Bangkit Rizki/IDN Times)

Pihaknya mencatat jumlah kendaraan yang melintas di wilayah Bandung Barat pada momen mudik lebaran tahun 2024 mencapai sekitar 250 ribu untuk roda dua atau sepeda motor dan sekitar 80 ribu untuk kendaraan roda empat atau mobil dari kedua arah. Jumlah itu tercatat sejak H-7 lebaran.

"Kendaraan memang masih didominasi oleh roda dua. Kalau pas puncaknya itu naik ya sampai 40 persen, tapi sisanya itu paling 10-20 persen. Kalau pergerakan pemudik sampai hari ini masih ada," ujar Fauzan.

2. Tak ada kemacetan berarti di jalur mudik KBB

Puncak Arus Mudik Terlewati, 250 Ribu Sepeda Motor Melintas di KBB(Bangkit Rizki/IDN Times)

Meski ada peningkatan kendaraan yang melintas di jalur mudik tahun ini mengalami peningkatan, kata Fauzan, namun cenderung lancar dan tidak ada kemacetan parah. Menurutnya hal itu dikarenakan jangka waktu libur menuju Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah cujup panjang.

Kondisi itu dimanfaatkan para pemudik untuk pulang ke kampung halamannya lebih awal. Selain itu, kata Fauzan, para personel dari mulai Dinas Perhubungan, TNI, Polri dan berbagai stakeholder terkait lainnya berperan penting untuk mengantisipasi kemacetan di momen mudik lebaran tahun ini.

"Untuk mudik tahun ini alhamdulillah cukup lancar, kepadatan bisa diantisipasi. Tahun ini periode mudiknya cukup panjang, jadi masyarakat banyak yang mudik awal. Tapi kita harus waspada arus balik karena relatif pendek liburnya," kata Fauzan.

3. Petugas gabungan siapkan pos pelayanan

Puncak Arus Mudik Terlewati, 250 Ribu Sepeda Motor Melintas di KBB(Bangkit Rizki/IDN Times)

Kapolres Cimahi, AKBP Aldi Subartono mengatakan kelancaran arus lalu lintas di Jalur Mudik Bandung Barat tak lepas dari langkah antisipasi dini aparat kepolisian. Mudai dari penebalan petugas di titik rawan macet seperti persimpangan dan pasar tradisional, hingga rekayasa buka tutup jalur dan penertiban penyebrangan orang.

"Boleh kami sampaikan juga arus lalu lintas H-2 ini di wilayah arteri Padalarang ramai lancar. Pemudik sudah terlihat dari malam minggu dana puncaknya sampai hari ini. Alhamdulillah kita bisa mengurai dan memitigasi. Semuanya berjalan dengan lancar," kata Aldi.

Untuk mengantisipasi kelelahan pemudik, aparat kepolisian dan pemerintah daerah mendirikan fasilitas pos pelayanan terpadu di Simpang Padalarang. Di tempat ini diberikan layanan kesehatan, tempat istirahat, dan musala.

"Untuk fasilitas yang ada di Posyan ini, ada pos kesehatan, Dishub, dan lain-lain. Tadi juga ada masyarakat yang kelelahan kita berikan penanganan awal. Bagi pemudik yang melintasi, silakan beristirahat. Di sini ada mushola, tempat istirahat, dan sebagainya," ujarnya.

Baca Juga: Polisi Amankan Sopir Truk Maut yang Buat Pemudik di KBB Meninggal

Baca Juga: Polisi Bersenjata Kawal Mudik Lebaran 2024 di Cimahi dan KBB

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya