Potret Kemiskinan di Cimahi, Senyum Nelis Tinggal di Rumah Nyaris Ambruk

Rumah Neli dapat bantuan untuk diperbaiki

Cimahi, IDN Times - Pahitnya hidup dirasakan Nelis Kurnia (40). Betapa tidak, ia bersama suami dan ketiga anaknya sudah bertahun-tahun tinggal di rumah yang tidak laik huni di Kampung Cempaka, RT 07/15, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat.

Atap rumahnya nyaris ambruk karena sudah lapuk dimakan waktu namun tak kunjung mendapat perbaikan. Saat hujan, Nelis dan keluarganya harus bersiap menerima air masuk ke dalam rumahnya lewat atap yang sudah bocor. Sedangkan bagian dinding rumah dengan ukuran 5x10 meter itu sudah nampak kusam retak.

"Rusaknya udah lumayan lama, 10 tahunan. Kalau hujan bocor karena atapnya udah lapuk, dinding juga retak dan bolong," tutur Nelis, Rabu (19/6/2024).

1. Terkendala biaya perbaikan

Potret Kemiskinan di Cimahi, Senyum Nelis Tinggal di Rumah Nyaris Ambruk(Bangkit Rizki/IDN Times)

Meski tinggal di rumah tak laik, Nelis dan keluargnya tetap bertahan karena hanya bangunan itulah yang menjadi satu-satunya tempat bernaung dari panas dan hujan. Rumahnya hanya terdiri dari ruang keluarga yang menyatu dengan dapur dan dua kamar kecil, yang satu di antaranya hanya dibatasi sekat dari triplek.

Neli sudah lama sekali ingin memperbaiki rumahnya karena kondisinya semakin memperihatinkan. Namun, penghasilan suaminya dari kerja serabutan selama ini hanya cukup untuk mememuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya.

"Iya belum diperbaiki karena terkendala biaya. Suami saya kerja serabutan, gak cukip kalau untuk renovasi rumah," ujarnya.

2. Rumahnya Nelis akhirnya diperbaiki

Potret Kemiskinan di Cimahi, Senyum Nelis Tinggal di Rumah Nyaris Ambruk(Bangkit Rizki/IDN Times)

Asa Neli untuk memperbaiki rumah memprihatinkannya itu akhirnya datang juga. Ia kini bisa tersenyum usai rumahnya terpilih untuk diperbaiki secara gratis. Ia pun tak akan khawatir lagi rumahnya bocor lagi saat hujan karena akan segera diperbaiki.

"Alhamdulillah dapat perbaikan gratis, rumahnya akan jauh lebih nyaman dan bikin tenang. Kalau huian juga gak khawatir lagi," katanya.

3. Total ada tiga rumah yang dapat perbaikan

Potret Kemiskinan di Cimahi, Senyum Nelis Tinggal di Rumah Nyaris Ambruk(Bangkit Rizki/IDN Times)

Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono mengatakan total ada tiga rumah di Kota Cimahi yang mendapatkan perbaikan secara gratis. Pemilihan rumah itu berdasarkan hasil kolaborasi pihaknya bersama Pemkot Cimahi.

"Totalnya ada 3 rumah yang kami perbaiki. Ini hasil kolaborasi kami bersama TNI dan pemerintah. Termasuk untuk kriteria rumah yang laik mendapatkan bantuan," ujar Aldi.

Baca Juga: DP4 Pilkada KBB 2024 Lebih Sedikit Dibandingkan Pemilu 2024

Baca Juga: Perundungan Berujung Kematian di KBB, Keluarga Korban Lapor Polisi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya