Polisi Masih Buru Pencuri 1 Ton Beras yang Viral di Bandung Barat

Pelaku gasak puluhan karung beras

Bandung Barat, IDN Times - Aparat kepolisian masih melakukan penyelidikan kasus pencurian puluhan karung beras di sebuah toko di Jalan Raya Batujajar, RT 03/07, Desa Cimareme, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat. Pelaku sudah membentuk tim gabungan untuk mengungkap kasus tersebut.

Aksi pencurian yang terekam kamera CCTV dan viral di media sosial diketahui terjadi pada Selasa (30/3/2024). Dalam video yang beredar, para pelaku yang lebih dari satu orang itu hanya membutuhkan waktu sekitar 25 menit untuk mencuri puluhan karung beras milik korban.

"Untuk memburu pelaku, tim gabungan dari Satreskrim Polres Cimahi dan Polsek Padalarang masih melakukan serangkaian penyelidikan," kata Kepala Seksi Humas Polres Cimahi, Iptu Gofur Supangkat saat dihubungi, Selasa (7/5/2024).

1. Polisi periksa saksi dan rekaman CCTV

Polisi Masih Buru Pencuri 1 Ton Beras yang Viral di Bandung Barat(Bangkit Rizki/IDN Times)

Gofur mengatakan tim gabungan meminta keterangan dari sejumlah saksi dan memeriksa rekaman CCTV yang viral di sosial media. Sehingga hal itu bisa menjadi petunjuk polisi untuk memburu pelaku.

"Berdasarkan rekaman CCTV dan keterangan sejumlah saksi, pelaku pencurian tersebut diduga berjumlah lima orang," ucap Gofur.

2. Kronogi pencurian beras

Polisi Masih Buru Pencuri 1 Ton Beras yang Viral di Bandung Barat(Dok/Istimewa)

Sebelumnya, Adang Muhidin (51 tahun) pemilik kios atau kontrakan mengatakan berdasarkan rekaman CCTV yang ada, para pelaku datang ke kontrakan miliknya yang disewakan itu membawa mobil pikap jenis Daihatsu Granmax berwarna putih. Mobil tersebut diparkirkan tepat di samping toko beras.

Setelah itu dua orang pelaku turun dari mobil dan menjebol pintu kios bagian belakang, sedangkan tiga orang pelaku masih berada di mobil pikap. Setelah pintu berhasil dijebol, dua orang pelaku lagi turun dari mobil untuk membantu mengangkut beras tersebut.

"Jadi mereka masuknya lewat pintu belakang, dijebol gemboknya. Pelakunya ada lima orang, yang satu pelaku itu yang sopir dia stand by di mobil, nah sisanya yang empat orang itu yang beraksi ambil beras dari toko ke mobil," ujar Adang.

3. Korban rugi Rp 15 juta

Polisi Masih Buru Pencuri 1 Ton Beras yang Viral di Bandung Barat(Bangkit Rizki/IDN Times)

Aksi komplotan pencuri berakhir sekitar pukul 02.20 WIB usai menggasak 43 karung beras, di mana setiap karungnya berisi 25 kilogram beras. Artinya, total beras yang digasak para pelaku mencapai 1.075 kilogram atau 1 ton lebih.

"Pelaku hanya beraksi sekitar 25 menit untuk mencuri 43 karung beras. Isinya 25 kilogram, kalau kerugian sekitar Rp15 juta. Mereka pergi ke arah Cimareme," ujar Adang.

Dia mengatakan sebetulnya biasanya di sekitar tempatnya itu ada dua orang yang berjaga, termasuk yang memantau CCTV lewat monitor. Namun saat kejadian, penjaganya tertidur karena kelelahan usah nonton bareng semifinal Piala Asia U-23 yang mempertemukan Timnas Indonesia Vs Uzbekistan.

"Biasanya setiap malam ada yang jaga. Tapi pas kejadian tertidur, satu orang lagi gak masuk," ucapnya.

Baca Juga: 1.181 Calon Jemaah Haji Asal KBB Diberangkatkan Tahun ini

Baca Juga: 30 Rumah dan Masjid di KBB Rusak Disapu Angi Puting Beliung

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya