Polisi Gencarkan Patroli Siber Tangkal Hoaks di Pilkada 2024

Polisi siapkan patroli siber 24 jam

Cimahi, IDN Times - Memasuki tahapan kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Polres Cimahi mulai bersiaga menghadapi kejahatan di dunia siber. Polisi akan melakukan patroli di dunia maya untuk mengantisipasi penyebaran hoaks di masa kampanye

Kapolres Cimahi AKBP Tri Suhartanto mengatakan patroli siber itu sebagai upaya
mewujudkan kondusivitas pesta demokrasi serta potensi polarisasi di masyarakat selama masa kampanye Pilkada 2024 di wilayah hukum Polres Cimahi yang meliputi Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Kami akan terus lakukan patroli siber untuk mencegah berita hoaks," kata Tri di Mapolres Cimahi, Kamis (26/9/2024).

1. Siapkan sanksi bagi pelanggar

Polisi Gencarkan Patroli Siber Tangkal Hoaks di Pilkada 2024ilustrasi orang menolak berita hoaks (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dirinya mengatakan, Polres Cimahi sudah
menyiagakan delapan personel patroli siber yang bakal tiap hari bekerja selama 24 jam. Mereka intensif memantau dunia maya di beragam platform media sosial guna memetakan tindakan kampanye hitam dan sebaran informasi hoaks.

Nantinya, kata Tri, aparat berwajib bakal bekerjasama dengan sejumlah stakeholder untuk melakukan tindakan jika ditemukan kasus pelanggagaran hukum.

"Bagi mereka yang melanggar akan dibawa ke Gakumdu kecuali kalau itu masuk kategori tindak pidana bisa masuk UU ITE itu kita yang bakal proses," ujar dia.

2. Polisi minta masyarakat saring informasi

Polisi Gencarkan Patroli Siber Tangkal Hoaks di Pilkada 2024ilustrasi pilkada (IDN Times/Esti Suryani)

Tri menerangkan selain upaya dari aparat kepolisian, pencegahan kampaye hitam dan berita hoaks diperlukan peran aktif masyarakat. Literasi digital perlu ditingkatkan dengan menyaring informasi secara bertahap serta melakukan verifikasi dari sumber yang bisa dipertanggung-jawabkan.

"Kami sampaikan ke masyarakat jangan mudah percaya kepada berita yang memprovokasi, menjelekkan, atau konten isu negatif. Yakinlah Pilkada ini untuk kebaikan semua, siapa pun pemenangnya insyaallah yang terbaik," kata dia.

3. Cimahi-KBB diklaim minim konflik

Polisi Gencarkan Patroli Siber Tangkal Hoaks di Pilkada 2024Ilustrasi pemilu. (IDN Times/Mhd Saifullah)

Berdasarkan hasil pemetaan, wilayah Cimahi dan Bandung Barat tak masuk kategori daerah rawan konflik selama pelaksanaan Pilkada. Satu-satunya yang diwaspadai Polisi justru potensi bencana dan tantangan geografis.

Terutama di Kabupaten Bandung Barat karena ada beberapa TPS sulit akses dan rawan bencana longsor.

"Di wilayah hukum Polres Cimahi tidak ada titik rawan (konflik), yang ada adalah kerawanan geografis. Yakni di Bandung Barat mulai dari akses sulit dan bencana di pelosok. Ini perlu ada CB yang terbaik agar hak pilih masyarakat tetap bisa tersalurkan dengan nyaman," ujar dia.

Sebelumnya, pada Pilkada 2024 di wilayah hukum Polres Cimahi akan diadakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Wali dan Wakil Wali Kota Cimahi serta Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat.

Baca Juga: Dikdik-Bagja Tebar Janji untuk Disabilitas di Pilkada Cimahi

Baca Juga: 3 Artis Bertarung di Pilkada KBB 2024, Ini Nomor Urutnya

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya