Perlintasan Rel 'Maut' di Cilame Akhirnya Dipasangi Palang Pintu

Lokasi itu jadi lokasi kecelakaan maut, lima orang tewas

Bandung Barat, IDN Times - Usai tragedi kecelakaan maut yang menewaskan lima orang, Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat (KBB) akhirnya memasang palang pintu manual di perlintasan kereta api di Kampung Sumur Bor, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah.

Pemasangan palang pintu manual ini merupakan langkah jangka pendek untuk mengantisipasi kecelakaan di perlintasan kereta api sebidang agar tidak terilang. Sehingga para pengendara bisa lebih waspada dan mengetahui saat kereta api melintas.

"Pemasangan palang pintu perlintasan kereta api ini sebagai langkah pencegahan kecelakaan beberapa hari lalu," kata Kepala Dinas Perhubungan KBB Fauzan Azima saat dihubungi, Kamis (21/12/2023).

1. Dinas Perhubungan KBB siapkan petugas

Perlintasan Rel 'Maut' di Cilame Akhirnya Dipasangi Palang Pintu(Bangkit Rizki/IDN Times)

Fauzan menilai, pemasangan palang pintu perlintasan kereta baik manual maupun otomatis merupakan solusi jangka pendek. Meski sementara, pemerintah tetap mempersiapkan kelengkapan lainnya berupa rambu pendukung serta relawan penjaga perlintasan.

"Selain penyiapan palang, kami tugaskan relawan penjaga, dan kelengkapan rambu-rambu. Kami gak berharap kejadian kemarin terulang lagi," kata dia.

Sedangkan untuk jangka panjang, pemerintah akan mengusulkan pembuatan palang pintu otomatis hingga pembangunan underpass di perlintasan sebidang tersebut. "Jangka panjang kami usulkan pembangunan underpass. Kami sedang kaji, sehingga tidak ada lagi perlintasan sebidang karena rawan kecelakaan," ucap Fauzan.

2. Kecelakaan menewaskan lima orang

Perlintasan Rel 'Maut' di Cilame Akhirnya Dipasangi Palang Pintu(Bangkit Rizki/IDN Times)

Kecelakaan maut terjadi pada Kamis (14/12/2023), di mana minibus Daihatsu Sigra yang berisi enam orang tertabrak Kereta Api Feeder yang membawa penumpang Kereta Cepat Whoosh Jakarta-Bandung di lokasi tersebut.

Korban meninggal dunia yakni Neneng (49 tahun), Muhammad Putra Nugraha (2), Reina Rafika Putri (6), Ponidi (45), dan terakhir Syakila Lisdia Putri (4). Sementara satu orang korban atas nama Ratih (13) masih dilakukan perawatan di RSUD Cibabat.

3. Kronogi kecelakaan

Perlintasan Rel 'Maut' di Cilame Akhirnya Dipasangi Palang Pintu(Bangkit Rizki/IDN Times)

Awalnya, minibus yang ditumpangi para korban melaju dari rumahnya di wilayah Desa Cilame dengan menaiki angkutan online yang dikemudikan Ponidi. Mereka hendak menuju daerah Cangkorah, Batujajar, KBB.

Namun saat melintas di tempat kejadian perkara (TKP), saat bersamaan datang Kereta Api Feeder yang mengangkut ratusan penumpang Kereta Cepat Whoosh dari arah Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung sehingga kecelakaan pun tak bisa dihindarkan. Minibus itu terseret hingga 500 meter dari perlintasan.

Baca Juga: Satu Korban Minibus Tertabrak KA Feeder Berhasil Lewati Masa Kritis

Baca Juga: Korban Jiwa Minibus Tertabrak KA Feeder di KBB Bertambah

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya