Perang Sarung Lagi, Polisi Tangkap 26 Remaja di Kota Cimahi

Polisi tingkatkan patroli selama Ramadan

Cimahi, IDN Times - Sekelompok remaja di Kota Cimahi, Jawa Barat kembali berbuat ulah di bulan Ramadan. Mereka hebdak melakukan tawuran menggunakan kain sarung alias perang sarung pads Sabtu (16/3/2024) sekitar pukul 00.30 WIB.

Aksi berbahaya dan mengganggu ketertiban dan kenyamanan masyarakat itu terjadi di Jalan Kerkof, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Beruntung aksi itu tak sampai terjadi sebab polisi datang tepat waktu ke lokasi.

"Polres Cimahi telah merespons cepat laporan masyarakat tentang adanya kelompok remaja yang akan perang sarung di wilayah Kerkop Leuwigajah Cimahi Selatan dengan rincian," kata Kepala Seksi Humas Polres Cimahi, Iptu Gofur Supangkat saat dikonfirmasi.

1. Informasi perang sarung berawal dari laporan via WA

Perang Sarung Lagi, Polisi Tangkap 26 Remaja di Kota Cimahi(Dok/Istimewa)

Penanganan polisi pada kelompok remaja yang didominasi kalangan pelajar itu bermula ketika polisi menerima informasi via WhatsApp. Kemudian Tim Patroli Perintis Presisi Polres Cimahi dikerahkan ke lokasi kejadian.

Benar saja ada sekelompok remaja yang hendak melakukan perang sarung di bulan Ramadan. Tim Patroli Presisi Polres Cimahi kemudian mengamankan puluhan remaja tersebut dan langsung digelandang ke Mako Polres Cimahi.

"Di lokasi kejadian tim mengamankan 26 remaja. Selanjutnya 26 remaja dibawa ke Mako Polres Cimahi dan diserahkan ke Piket Sat Reskrim untuk pemeriksaan lebih lanjut," ujar Gofur.

2. Polisi temukan berbagai barang bukti

Perang Sarung Lagi, Polisi Tangkap 26 Remaja di Kota Cimahi(Dok/Istimewa)

Berdasarkan hasil penggeledahan, kepolisian menemukan barang bukti yang akan digunakan untuk perang sarung. Dari mulai 16 buah sarung yang sudah dimodifikasi, sebuah keling dan pisau lipat hingga sepeda motor.

"Berikut sarung yang sudah dimodifikasi sebagai senjata pemukul serta saat dilakukan penggeledahan ditemukan pisau dan senjata tumpul berupa keling," ucap dia.

3. Aksi serupa terjadi beberapa hari lalu

Perang Sarung Lagi, Polisi Tangkap 26 Remaja di Kota Cimahi(Dok/Istimewa)

Sebelumnya, polisi juga mengamankan belasan remaja yang terlibat tawuran menggunakan kain sarung atau perang sarung di Kota Cimahi, Jawa Barat, diamankan polisi. Mereka mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat di tengah bulan Ramadan ini.

Aksi perang sarung yang dilakukan para remaja itu terjadi pada Kamis (14/3/2024) sekitar pukul 01.00 WIB di sekitar Jalan Margaluyu, Kelurahan Cimahi, Kecamatan Cimahi Tengah. Mereka langsung digelandang ke Mapolres Cimahi.

Kepolisian akan meningkatkan patroli selama bulan Ramadan mengantisipasi perang sarung dan aksi lain yang meresahkan masyarakat di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) serta Margaasih.

Baca Juga: Ngabuburit Unik di Kota Cimahi Sambil Nunggu Kereta Cepat Whoosh Lewat

Baca Juga: Perang Sarung di Bulan Puasa, 12 Remaja di Cimahi Ditangkap Polisi

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya