Pemkab Bandung Barat Cari Lahan Baru untuk Korban Longsor

Ada 30 rumah rusak berat dan 10 tertimbun akibat longsor

Bandung Barat, IDN Times - Pemkab Bandung Barat tengah mempersiapkan lahan untuk relokasi rumah terdampak bencana longsor di Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Biaya pembangunan dan perbaikan rumah akan ditanggung pemerintah.

Camat Cipongkor Rega Wiguna mengatakan, selain lahan yang disediakan, pemerintah mempersilahkan penggunaan lahan milik warga untuk dipakai pembangunan rumah baru. Apalagi, ketersediaan lahan milik pemerintah berada di lereng terjal sehingga tak cocok dibuat pemukiman karena akan kembali memicu bencana.

"Kami sedang cari lahan. Kalau pun ada warga yang memiliki lahan sendiri kami persilhkan, karena lahan milik pemerintah desa berada di lereng perbukitan," kata Rega saat dihubungi, Senin (1/4/2024).

1. Bantuan rumah sedang diproses

Pemkab Bandung Barat Cari Lahan Baru untuk Korban Longsor(Bangkit Rizki/IDN Times)

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), bakal ada relokasi 30 rumah terdampak longsor di Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor karena lokasi yang ditempati rawan bencana longsor.

Relokasi 30 rumah ini akan dibiayai oleh BNPB dengan nominal Rp60 juta. Pemerintah Daerah tinggal menyediakan lahan layak sebagai lokasi pembangunan rumah baru. Adapun bagi rumah warga yang terkena longsor dengan kerusakan ringan akan diperbaiki dengan nominal bantuan antara Rp15-30 juta.

"Sekarang sedang berproses. Bagi warga terdampak yang punya lahan diperbolehkan untuk digunakan. Nanti sisanya, baru lahan dari kita," ucap Rega.

3. Warga terdampak dapat dana tunggu hunian

Pemkab Bandung Barat Cari Lahan Baru untuk Korban Longsor(Bangkit Rizki/IDN Times)

Menurutnya selama proses relokasi, korban terdampak longsor akan diberi Dana Tunggu Hunian (DTH) Rp500 ribu per bulan tiap kepala keluarga. Meski begitu, proses ini akan berlangsung setelah masa tanggap darurat dicabut serta evakuasi korban tertimbun tuntas.

"Betul akan dapat dana tunggu hunian, tapi nanti itu diproses kalau semua sudah tuntas termasuk evakuasi korban," ujarnya.

3. Warga terpaksa mengungsi

Pemkab Bandung Barat Cari Lahan Baru untuk Korban Longsor(Bangkit Rizki/IDN Times)

Longsor yang menerjang pada Minggu (24/3/2024) melenyapkan pemukiman di Kamping Gintung, Desa Cibenda. Ada sekitar 30 rumah warga yang rusak parah, bahkan hingga tertimbun longsor. Warga yang terdampak kini mengungsi di Gor Desa Cibenda.

Selain itu, sepuluh orang dinyatakan menghilang. Hingga pencarian oleh Tim Sar Gabungan resmi dihentikan pada Minggu (31/3/2024), sudah ada tujuh korban tertimbun yang berhasil dievakuasi dan diidentifikasi, sedangkan satu korban yang ditemukan di aliran sungai belum teridentifikasi.

Baca Juga: Tim SAR Gabungan Hentikan Pencarian Korban Longsor di KBB

Baca Juga: Korban Longsor di KBB Ditemukan Saling Berpelukan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya