Pasangan yang Sudah Konfirmasi Bakal Daftar di Pilkada Cimahi dan KBB

Pasangan diimbau konfirmasi kalau mau mendaftar

Bandung Barat, IDN Times - Pendaftaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kota Cimahi resmi dibuka pada Selasa (27/8/2024). Sejumlah pasangan sudah mengkonfirmasi akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Di Pilkada, KPU KBB hingga saat ini sudah menerima informasi empat pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat yang melakukan konfirmasi akan mendaftar. Seperti pasangan Didik Agus Triwiyono dan Gilang Dirga serta Edy Rusyandi dan pasangannya yang akan mendaftar pada Rabu (28/8/2024).

Kemudian pasangan Hengky Kurniawan dan Ade Sudrajat serta Sundaya - Aa Maulana yang sudah mengkonfirmasi akan mendaftar ke KPU KBB pada Kamis (29/8/2024).

"Yang sudah konfirmasi itu memang hari kedua dan ketiga. Yang sudah konfirm hari kedua Didik - Gilang, Edy dan wakilnya. Hari ketiga Hengky dan wakilnya, satu lagi pasangan independen (Sundaya - Aa Maulana," kata Ketua KPU KBB Ripqi Ahmad Sulaeman.

1. KPU imbau pasangan untuk konfirmasi sebelum mendaftar

Pasangan yang Sudah Konfirmasi Bakal Daftar di Pilkada Cimahi dan KBBIlustrasi calon kepala daerah jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

KPU Bandung Barat bakal membuka pendaftaran calon kepala daerah mulai 27-29 Agustus 2024. Untuk hari petama dan kedua, waktu pendaftaran akan dibuka mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan hari terakhir, waktu pendaftaran akan diperpanjang sampai pukul 23.59 WIB.

Ripqi mengimbau para peserta Pilkada Serentak Bandung Barat lebih dahulu mengkonfirmasi ke KPU saat hendak melakukan pendaftaran. Hal ini supaya penyelenggaraan bisa menetapkan jadwal pendaftaran tak berbarengan dengan calon lain. Selain itu, langkah konfirmasi pendaftaran agar para bakal calon memastikan semua persyaratan lengkap dibawa.

"Kita imbau konfirmasi dulu ke KPU. Karena biar disiapkan waktu paling tepatnya. Selain itu, agar kita mudah memberitahu apa saja syarat yang mesti dilengkapi," ucap dia.

2. Keamanan di kantor KPU diperketat

Pasangan yang Sudah Konfirmasi Bakal Daftar di Pilkada Cimahi dan KBBilustrasi pilkada (IDN Times/Esti Suryani)

Untuk memperlancar jalannya pendaftaran, KPU akan membatasi peserta dan pengiring pasangan calon yang hadir, lantaran terbatasnya kapasitas kantor KPU. Untuk proses pengaman pihaknya telah bekerjasama dengan aparat TNI-Polri, Dishub dan Satpol PP.

"Kita kerjasama dengan lintasan instansi untuk pengamanan. Total ada 100 lebih personil yang diterjunkan dalam tahapan pendaftaran," ucap Ripqi.

2. Ada 2 pasangan konfirmasi bakal daftar di Cimahi

Pasangan yang Sudah Konfirmasi Bakal Daftar di Pilkada Cimahi dan KBBKetua KPU Kota Cimahi, Anzhar (Rizki/IDN Times)

Sementara di Pilkada Kota Cimahi, hingga saat ini KPU baru menerima konfirmasi ada dua pasangan bakal calon Wali dan Wali Kota Cimahi. Yakni pasangan Dikdik Suratno Nugrahawan dan Bagja Setiawan serta pasangan Ngatiyana dan Adhitia Yudhirtira.

"Sejauh ini masih dua pasangan yang sudah konfirmasi, ada Dikdik - Bagja yang rencananya hari kedua dan Ngatiyana - Adhitia hari ketiga," kata Ketua KPU Kota Cimahi Anshar Ishal Afryand.

Baca Juga: Cerita Anak Kepala Desa yang jadi Anggota DPRD Termuda di KBB

Baca Juga: 50 Anggota DPRD KBB Sah Menjabat, Ini Daftar Nama-namanya

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya