Partisipasi Memilih Jadi PR di Pilkada 2024 Kota Cimahi

Partisipasi pemilu di Pemilu 2024 melenceng dari target

Cimahi, IDN Times - Partisipasi memilih menjadi pekerjaan rumah bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cimahi, Jawa Barat di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Sebab, pada Pemilu 2024 partisipasi masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya melenceng dari target.

Ketua KPU Kota Cimahi Anzhar Ishal Afryand mengatakan, awalnya ia menargetkan partisipasi memilih di Pemilu 2024 minimal menyamai Pemilu 2019 yakni 86,7 persen. Namun kenyataannya malah menurun menjadi 85,3 persen.

"Terkait partispasi memang kemarin ada penurunan 1 persen (Pemilu), yaitu menjadi PR (pekerjaan rumah) kami. Harapannya di Pemilukada kami bisa lebih gencar lagi dalam hal sosialisasi supaya partisipasinya bisa bertambah," kata Anzhar saat dihubungi, Sabtu (4/5/2024).

1. KPU Kota Cimahi bakal gencarkan sosialisasi

Partisipasi Memilih Jadi PR di Pilkada 2024 Kota Cimahi(Bangkit Rizki/IDN Times)

Untuk itu, kata dia, dalam menghadapi Pilkada dibmana akan dilaksanakan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cimahi periode 2024-2029, KPU Kota Cimahi akan lebih menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat baik secara tatap muka ataupun melalui media sosial.

"Kami akan memakasimalkan sosialisasi tatap muka maupun publikasi lainnya. Supaya pada Pemilikada tahun ini partisipasi masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya bisa maksimal," ujar Anzhar.

2. Proses penyusunan DPT belum dilakukan

Partisipasi Memilih Jadi PR di Pilkada 2024 Kota CimahiIlustrasi Pilkada (IDN Times/Mardya Shakti)

Dirinya melanjutkan tahapan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada 2024 di Kota Cimahi belum dimulai. KPU masih menunggu data Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) sebagai bahan penyusunan DPT Pilkada Serentak 2024. Mereka lantas akan melakukan pemutakhiran data setelah DP4 itu diterima.

Namun, kata Anzhar, jumlah pemilih di Kota Cimahi pada Pilkada 2024 kemungkinan akan mengalami penambahan dibandingkan Pemilu 2024. Sebab, banyak warga yang akan memasuki usia 17 tahun atau syarat minimal memilih pada Pilkada nanti. Jumlah DPT pada Pemilu 2024 mencapai 416.734 orang.

"Jumlah DPT kemungkinan ada penambahan. Nanti kami akan melakukan pemutakhiran dan sebagainya berdasarkan DP4 itu," katanya.

3. Kebangpol Kota Cimahi harapkan partisipasi pemilih naik

Partisipasi Memilih Jadi PR di Pilkada 2024 Kota CimahiIlustrasi Pemilu. (IDN Times/Mhd Saifullah)

Kepala Bidang Bidang Politik Dalam Negeri pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Cimahi Ajat Sudrajat berharap partisipasi masyarakat Kota Cimahi dalam menyalurkan hak pilihnya pada Pilkada 2024 minimalnya bisa mencapai 85 persen. Mereka akan turun serta untuk melakukan sosialisasi.

"Harapannya tentunya partisipasi memilih bisa lebih dari 85 persen. Tinggal sebelum pelaksaan, kami mendorong untuk melakukan sosialisasi yang lebih masif lagi," kata Ajat.

Kesbangpol Kota Cimahi juga berharap semua tahapan pesta demokrasi lima tahunan di daerah ini berjalan lancar.

"Tentunya harapannya pesta demokrasi khususnya Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cimahi berjalan lancar, sukses dan tidak ada ekses," ucapnya.

Baca Juga: Daftar Nama Anggota DPRD Cimahi Terpilih 2024-2029

Baca Juga: Dikdik Siap Lepas Jabatannya Demi Maju di Pilkada Kota Cimahi 2024

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya