Partai Demokrat Gelar Tour de Java, SBY Safari Politik di Cimahi

SBY kenang masa lalu saat tinggal di Cimahi

Cimahi, IDN Times - Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan safari politik di Kota Cimahi, Jawa Barat pada Kamis (11/1/2024) malam. Ia bertemu para kader Partai Demokrat dan pelaku UMKM di Cimahi.

Kunjungan Presiden RI ke-6 itu ke Kota Cimahi merupakan rangkaian Tour de Java yang dilakukan Partai Demokrat. Ia memberikan arahan dan motivasi kepada para kader partai berlambang Mercy itu.

Bukan hanya itu, SBY juga menikmati makam malam bersama para kader Partai Demokrat, warga dan pelaku UMKM ditemani tembang-tembang klasik dari Koes Plus yang dibawakan sebuah band. SBY tak mau ketinggalan, hampir semua lagi Koes Plus ia nyanyikan bersama band pengiring.

1. SBY tinggal di Cimahi empat tahun

Partai Demokrat Gelar Tour de Java, SBY Safari Politik di Cimahi(Bangkit Rizki/IDN Times)

Bagi SBY, berkunjung ke Kota Cimahi seperti diibaratkan 'pulang kampung'. Sebab, semasa masih aktif menjadi prajurit TNI Angkatan Darat ia pernah tinggal di Cimahi, tepatnya di wilayah Gunung Bohong. Ketika itu ia masih berpangkat Kapten dan Mayor.

"Benar sekitar 4 tahun mulai tahun 1982 sampai 1986 saya tinggal di kaki Gunung Bohong, Cimahi," kata SBY dalam pidatonya.

Ketika mendapat tugas dan mengharuskannya tinggal di Kota Cimahi, SBY ketika itu memboyong istrinya Ani Yudhoyono (almarhum) beserta kedua anaknya yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas).

"Kedua anak saya masih kecil. Agus Harimurti Yudhoyono masih kela 1, 2 dan 3 SD, dan an adiknya Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas masik TK kemudian naik kelas 1," ujar SBY.

2. Selalu naik angkot

Partai Demokrat Gelar Tour de Java, SBY Safari Politik di Cimahi(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dalam kesempatan itu, ia juga menceritakan tantangan yang harus dilaluinya semasa menjadi prajurit TNI AD dan tinggal di Cimahi. SBY mengaku ketika itu kerap menggunakan angkutan umum untuk bepergian ke Kota Bandung.

Begitupun mobilitas sekolah kedua putranya yang selalu menggunakan angkutan umum.
"Hidup sebagai keluarga prajurit waktu itu penuh dengan tantangan, sering tidak mudah pepergian dari Cimahi ke Bandung naik oplet, naik angkutan kota. Demikian juga anak-anak kalau bersekolah itu juga naik angkutan kota," kata dia.

Pengalaman-pengalaman itu tentu saja tak akan pernah ia lupakan karena Cimahi adalah bagian dari saksi perjalanan hidupnya hingga menjadi Presiden RI ke-6. SBY menjabat sebagai kepala negara periode 2004-2009 dan periode 2009-2014.

"Pengalaman seperti itulah yang saya alami. Ketika saya mengemban amanah menjadi presiden saya tidak pernah lupa bahwa ada sodara-sodara kita yang hidupnya penuh dengan tantangan, permasalahan dan kesulitan," tuturnya.

3. SBY dapat sambutan hangat

Partai Demokrat Gelar Tour de Java, SBY Safari Politik di Cimahi(Bangkit Rizki/IDN Times)

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Cimahi Agung Budi Santoso mengatakan, masyarakat di Kota Cimahi sangat senang dengan kehadiran SBY yang memang memiliki kedekatan khusus. Sebab, ia pernah tinggal di Cimahi sebelumnya.

"Kami menyambut suka cita, dengan senangk karena masyarakat rindu dengan kehadian Pak SBY. Beliau punya kenangan khusus di Cimahi, pernah tingggal di Cimahi tahun 82-86. Jadi ini rangkaian kunjungan beliau mengunjungi kader, memompa semangat menjelang Pemilu," kata Agung.

Baca Juga: Minim Tempat Hiburan Tapi Pajak Daerah di Cimahi Memuaskan, Kok Bisa?

Baca Juga: SBY Ingin Demokrat Berjaya di Sumut Seperti Tahun 2009

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya