Nobar Timnas Indonesia di Alun-alun Cimahi, Pemkot: Sudah Direstui MNC

Masyarakat diminta tertib selama jalannya pertandingan

Cimahi, IDN Times - Nonton bareng (nobar) semifinal Piala Asia U-23 yang mempertemukan Timnas Indonesia vs Timnas Uzbekistan akan digelar di sejumlah titik di Kota Cimahi, Jawa Barat pada Senin (29/4/2024) malam. Nobar tersebut bersifat umum, meski penonton dilarang membawa barang berbahaya seperti senjata tajam.

Di Kota Cimahi, nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan akan dipusatkan di Alun-alun Kota Cimahi. Rencanannya nobar itu akan dihadiri sejumlah pejabat seperti Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dicky Saromi dan Sekretaris Daerah Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan.

Sebelumnya Timnas Indonesia melaju ke semifinal usai mengalahkan Korea Selatan pada babak perempatfinal yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar pada Jumat (26/4/2024) dini hari.

Pertandingan berlangsung sengit di mana pada babak normal kedua tim harus berbagi skor 2-2, hingga harus dilanjutkan melalui babak extra time dan adu penalti. Garuda muda akhirnya sukses mengukir sejarah usai menang dengan skor 11-10 melawan penendang dari Korea Selatan.

"Sesuai arahan Pak Pj kita akan menyelenggarakan nobar akan dikonsentrasikan di Alun-alun Cimahi," kata Sekretatis Daerah Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan di Pemkot Cimahi, Senin (29/4/2024).

1. Nobar gratis tanpa pungutan biaya

Nobar Timnas Indonesia di Alun-alun Cimahi, Pemkot: Sudah Direstui MNC(Dok/Istimewa)

Dia menegaskan nobar semifinal Piala Asia U-23 di Alun-alun Cimahi terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Pemkot Cimahi pun sudah meminta izin kepada MNC selaku pemegang hak siar Piala Asia 2024 untuk menggelar nobar terdebut.

"Saya dengar sudah mendapatkan restu dari MNC. Ini gratis, gak harus bayar," ujar Dikdik.

Untuk itu, Dikdik mengimbau masyarakat Kota Cimahi untuk sama-sama menyaksikan laga Timnas Indonesia itu di Alun-alun Cimahi. Dia juga meminta penonton yang hadir nanti untuk tertib.

"Dengan harapan masyarakat bisa mengikuti nobar di Alun-alun Cimahi dan tentunya semua harus tertib. Nanti kami siapkan petugas dan mungkin juga ada razia," kata Dikdik.

2. Dikdik prediksi Indonesia menang

Nobar Timnas Indonesia di Alun-alun Cimahi, Pemkot: Sudah Direstui MNCSkuad Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 Qatar 2024. (Dok. PSSI)

Ia melanjutkan, sebelum laga laga dimulai pukul 21.00 WIB akan ada doa bersama untuk kemenangan Timnas Indonesia atas Uzbekistan. Dikdik memprediksi Ernando Ari dan kawan-kawan akan memenangi laga semifinal ini dengan skor 2-0.

"Kita harus menang, skor 2-0 untuk Indonesia. Insya Allah ada doa bersama, masa tidak mendoakan?" ucapnya.

3. Nobar juga digelar di Bandung Barat

Nobar Timnas Indonesia di Alun-alun Cimahi, Pemkot: Sudah Direstui MNCpotret Nathan Tjoe-A-On (instagram.com/nathantjoeaon)

Sementara di Kabupaten Bandung Barat, nobar akan diselenggarakan di Lapangan Sepak Bola Desa Gudangkahuripan, Kecamatan Lembang yang akan dimulai pukul 19.30 WIB. Nobar rencananya akan dihadiri Pj Bupati Bandung Barat Arsan Latif.

"Untuk nobar rencananya akan dipusatkan di Desa Gudangkahuripan. Insya Allah Pak Pj hadir," kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik pada Diskominfotik KBB, Taufik Kurnaefhi.

Pada event Piala Asis U-23 di Qatar tahun ini Timnas Indonesia sukses mengukir sejarah usai lolos ke semifinal. Pada babak penyisihan grup, tim asuhan Shin Tae Yong itu berada di peringkat kedua dengan koleksi enam poin hasil dari dua kemenangan atas Timnas Australia dan Yordania. Sedangkan peringkat pertama diduduki tuan rumah Qatar.

Lolosnya timnas Garuda ke babak delapan besar Piala Asia U-23 memperpanjang daftar rekor dan sejarah. Keikutsertaan Indonesia di Piala Asia U-23 2024 adalah yang pertama kali sejak turnamen tersebut digelar pada 2012.

Pada babak delapan besar atau perempat final, Indonesia sukses memulangkan raksasa Asia, Korea Selatan.

Sehingga berkah atas jatah semifinal dan akan berhadapan dengan Timnas Uzbekistan. Jika sukses mengalahkan Uzbekistan dan masuk final, maka Timnas Indonesia berhak atas jatah Olimpiade Paris 2024. Namun jika kalah, asa Indonesia menuju Olimipade masih terbuka dengan syarat harus menang dalam perebutan juara ke-3 di Piala Asia 2024.

Baca Juga: Lenggak-lenggok 1.000 Penari di Jalan Gandawijaya dan Alun-alun Cimahi

Baca Juga: Rumah dan Sekolah di Cimahi dan KBB Rusak Terdampak Gempa di Garut

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya