Mudik Lebaran, Stasiun Padalarang Bakal Diserbu 20 Ribu Pemudik Whoosh

PT KCIC tambah jumlah perjalanan Kereta Cepat Whoosh

Bandung Barat, IDN Times - Stasiun Whoosh Padalarang di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat siap menyambut mudik perdana Lebaran 2024. Diperkirakan akan ada 23 ribu warga yang akan mudik menggunakan Kereta Cepat Whoosh Jakarta - Bandung pada momen Idul Fitri 1445 Hijriah/2024.

Manager Corporate Communication PT KCIC Emir Monti mengatakan, untuk menyambut mudik lebaran perdana bagi Kereta Cepat Whoosh ini, pihaknya sudah menyiapkan pelayanan terbaik. Termasuk peningkatan fasilitas di Stasiun Whoosh Padalarang, KBB.

"Stasiun Padalarang menyambut musim mudik sudah disiapkan layanan-layanan seperti posko keamanan ada peningkatan layanan passanger servis mobile, fasilitas kesehatan, kebersihan toilet dan musala kita tingkatkan," kata Emir di Padalarang, Jumat (5/4/2024).

1. Mayoritas pemudik akan turun di Stasiun Padalarang

Mudik Lebaran, Stasiun Padalarang Bakal Diserbu 20 Ribu Pemudik Whoosh(Bangkit Rizki/IDN Times)

Pihaknya memperkirakan akan ada sekitar 23 ribu warga yang mudik menggunakan Kereta Cepat Whoosh baik relasi Stasiun Halim - Stasiun Padalarang - Stasiun Tegalluar maupun sebaliknya. Namun, kata dia, mayoritas penumpang kebanyakan akan turun di Stasiun Padalarang.

"Kami prediksi ada peningkatan 22-23 ribu.
Jadi penumpang dari Halim sekitar 70 persen turun di Padalarang dan melanjutkan menggunakan feeder ke Stasiun Bandung," ujar Emir.

Dirinya membeberkan hingga saat ini tiket Kereta Cepat Whoosh yang sudah terjual pada momen mudik lebaran sudah mencapai 80 persen. Kebanyakan akan melakukan perjalanan mulai tanggal 5 April 2024 atau H-5 lebaran karena sudah memasuki cuti bersama.

"Kami prediksi jumlah akan terus meningkat sampai nanti lebaran dan mungkin juga setelah lebaran dimana makin banyak orang yang berlibur. Jadi Whoosh ini dapat digunakan masyarakat angkutan ke Bandung maupun ke Jakarta untuk libur lebaran," ucap dia.

2. Perjalanan Kereta Cepat Whoosh nambah 30 persen

Mudik Lebaran, Stasiun Padalarang Bakal Diserbu 20 Ribu Pemudik Whoosh(Bangkit Rizki/IDN Times)

Untuk mengantisipasi membludaknya penumpak pada momen mudik lebaran ini, PT KCIC sudah menambah jumlah perjalanan Kereta Cepat Whoosh sejak 3 hingga 18 April 2024. Awalnya, perjalanan Kereta Cepat Whoosh hanya 40 kali per hari. Namun khusus momen ini ditambah 12 kali sehingga menjadi 52 kali perjalanan dalam sehari.

Kereta Cepat Whoosh sendiri akan beroperasi mulai dari 06.40 WIB sampai pukul 20.30 WIB untuk relasi Stasiun Halim - Stasiun Tegalluar dan pukul 05.50 WIB sampai pukul 20.30 WIB untuk relasi Stasiun Tegalluar - Stasiun Halim.

"Untuk mengantispasi peningkatan jumlah penumpang dimasa angkutan lebaran ini KCIC akan mengoperasikan sebanyak 40 perjalanan Whoos reguler dan ditambah 12 perjalanan Whoos tambahan. Jadi ada peningkatan sekitar 30 persen dari jadwal reguler sehingga total KCIC akan melakukan 52 perjalanan," kata Emir.

3. Pemudik diminta datang 30 menit sebelum keberangkatan

Mudik Lebaran, Stasiun Padalarang Bakal Diserbu 20 Ribu Pemudik Whoosh(Bangkit Rizki/IDN Times)

Emir melanjutkan dengan bertambahnya jadwal perjalanan, waktu antara Kereta Cepat Whoosh di jam sibuk mencapai hingga 25 menit baik dari arah Jakarta - Bandung maupun sebaliknya. Untuk itu, dirinya mengimbau agar masyarakat sudah berada di stasiun 30 menit sebelum keberangkatan.

Sebab jika ketinggalan perjalanan Kereta Cepat Whoosh maka tiketnya tidak bisa digunakan lagi atau hangus. "Jarak antarjadwal itu 25 menit sekali. Kalau penumpang ketinggalan hangus. Jadi 30 menit harus sudah datang, gate ditutup 5 menit sebelum keberangkatan," ucap Emir.

Baca Juga: 3 Titik di KBB Ini Rawan Macet Saat Mudik Lebaran

Baca Juga: Polisi Bersenjata Kawal Mudik Lebaran 2024 di Cimahi dan KBB

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya