Menengok Wajah Baru Alun-alun di Kawasan Wisata Lembang

Alun-alun Lembang baru diresmikan

Cimahi, IDN Times - Alun-alun di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) akhirnya dibuka untuk umum usai diresmikan Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat Arsan Latif pada Jumat (8/12/2023).

Alun-alun di kawasan wisata itu nampak lebih refresentatif karena ada beragam fasilitas di ruang publik itu. Seperti taman beralas rumput sintetis, lapangan basket, skatepark, playground, serta pelataran yang berisi informasi soal landmark di kawasan Lembang.

"8 Desember 2023 ini, (Alun-alun Lembang) sah kita buka untuk umum. Sebagai meeting point masyarakat, makanya kita kasih fasilitas untuk semua," ujar Arsan Latif usai peresmian Alun-alun Lembang.

1. Pengelolaan Alun-alun Lembang diserahkan ke kecamatan

Menengok Wajah Baru Alun-alun di Kawasan Wisata Lembang(Bangkit Rizki/IDN Times)

Setelah diresmikan, Pemkab Bandung Barat langsung menyerahkan pengelolaan alun-alun tersebut ke Pemerintah Kecamatan Lembang. Hal itu ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) yang ditandatangani Pj Bupati Bandung Barat.

Arsan Latif menjelaskan, penyerahan dilakukan untuk memaksimalkan pengelolaan. Namun untuk biaya pemeliharaan akan tetap menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) KBB.

"Untuk memaksimalkan penggunaannya memang yang tepat mengelola dan mengawal ini (alun-alun) dari kecamatan. Oleh karena itu, hari ini telah kami serahkan SK penggunaan ke kecamatan," kata Arsan.

2. Arsan minta penghunjung jaga kebersihan

Menengok Wajah Baru Alun-alun di Kawasan Wisata Lembang(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dia meminta pengunjung untuk sama-sama menjaga kebersihan dan segala fasilitas yang ada di Alun-alun Lembang. Ia melarang pengunjung merokok di area alun-alun.

"Ini kebanggaan Lembang, jadi harus dijaga dengan baik. Tidak ada yang merokok dan membuang sampah sembarangan, tidak mencorat-coret fasilitas di sini. Anggaran pengelolaan tentu nanti dari APBD," ujar Arsan.

3. Warga langsung menyerbu Alun-alun Lembang

Menengok Wajah Baru Alun-alun di Kawasan Wisata Lembang(Bangkit Rizki/IDN Times)

Wajah baru Alun-alun Lembang itu langsung disambut antusia masyarakat yang langsung menyerbunya. Ada anak-anak yang bermain di area playground dan bermain sepakbola di rumput sintetis hingga emak-emak yang asyik melakukan swafoto atau selfie.

Kendati senang dengan wajah baru Alun-alun Lembang, namun masyarakat menganggap keberadaan skatepark dinilai tak terlalu penting. Ada yang menilai lebih baik area itu digunakan untuk tempat bermain anak.

"Yang kurang pas itu skatepark, nggak ada yang main skateboard di Lembang. Mending diubah jadi taman bermain anak saja, yang sekarang terlalu kecil," kat Depi (50) salah seorang warga Lembang.

Baca Juga: Viral Truk Bawa Rombongan Mahasiswa Terguling di Perkebunan Lembang

Baca Juga: Polisi Selidiki Insiden Minibus Seruduk Pengendara di Lembang

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya