Mau Nyalon Bupati KBB Independen di Pilkada 2024? Ini Syaratnya

Pendaftaran bakal segera dibuka

Bandung Barat, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) membuka kesempatan bagi warga yang ingin maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 tanpa partai politik. Warga bisa maju melalui jalur perseorangan atau independen yang tentunya harus memenuhi syarat.

Komisioner KPU KBB, Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu, Cep Suryana mengatakan pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan maju di Pilkada KBB 2024 tanpa lewat partai politik atau independen minimal harus mengumpulkan sebanyak 85.662 dukungan yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk.

"Untuk pemenuhan persyaratan dukungan untuk pasangan calon perseorangan atau independen hingga pendaftaran dilaksanakan mulai 5 Mei hingga 19 Agustus 2024," kata Cep Suryana saat dihubungi, Selasa (30/4/2024).

1. Paslon minimal dapat dukungan dari delapan kecamatan

Mau Nyalon Bupati KBB Independen di Pilkada 2024? Ini SyaratnyaIlustrasi Pilkada (IDN Times/Mardya Shakti)

Dia menyebutkan, angka minimal 85.622 dukungan bagi pasangan calon independen di Pilkada 2024 merupakan 6,5 persen dari jumlah penduduk terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap ( DPT) Pilkada 2024. Sebaran dukungan itu minimalnya harus mewakili setidaknya 50 persen kecamatan di Bandung Barat.

"Sebaran dukungan bakal pasangan calon perseorangan harus tersebar di delapan kecamatan atau 50 persen dari total kecamatan di Bandung Barat. Jadi 85.662 dukungan itu harus menyebar minimal di delapan kecamatan. Enggak hanya misalnya di lima atau bahkan tujuh kecamatan," tuturnya.

2. Belum ada warga yag konsultasi

Mau Nyalon Bupati KBB Independen di Pilkada 2024? Ini SyaratnyaIlustrasi Pilkada Serentak 2024 (ANTARA/Afif/fqh)

Cep Suryana menjelaskan,  syarat pencalonan perseorangan mengacu pada Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bandung Barat Nomor 56 Tahun 2024 tentang Syarat Minimal Dan Persebaran Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat Tahun 2024.

Sementara mengenai sudah ada atau tidaknya bakal calon perseorangan yang berkomunikasi dengan KPU, Cep Suryana mengungkapkan, hingga kini belum ada. Bagi warga yang berminat tinggal mengundung formulirnya di website resmi KPU KBB.

"Kalau ke saya, belum ada yang berkonsultasi atau pun menanyakan syarat untuk maju di Pilkada jalur perseorangan. Tapi enggak tahu kalau ke komisioner yang lain. Untuk formulir dapat diunduh di website kab-bandungbarat.kpu.go.id," katanya.

3. Tahapan Pilkada KBB 2024

Mau Nyalon Bupati KBB Independen di Pilkada 2024? Ini SyaratnyaIlustrasi pilkada serentak.ANTARA

Sementara itu, berdasarkan jadwal resmi dari KPU tahap penyelenggaraan Pilkada 2024 dimulai dari pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan pada 5 Mei 2024  sampai 19 Agustus 2024.

Kemudian, pengumuman pendaftaran pasangan calon digelar dari 24-26 Agustus 2024. Dilanjutkan pendaftaran pasangan calon dari 27-29 Agustus 2024, kemudian penelitian pasangan calon pada 27 Agustus-21 September 2024, dan penetapan pasangan calon 22 September 2024.

Untuk pelaksanaan kampanye dari 25 September-23 November 2024, dan pelaksanaan pemungutan suara pada 27 November 2024. Dilanjutkan penghitungan suara dan
rekapitulasi hasil penghitungan suara pada 27 November-16 Desember 2024.

Sementara penetapan calon terpilih paling lama tiga hari setelah Mahkamah Konstitusi secara resmi memberitahukan permohonan yang teregistrasi dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) kepada KPU Penyelesaian Pelanggaran dan Sengketa.

Untuk hasil pemilihan paling lama lima hari setelah salinan penetapan, putusan dismisal atau putusan Mahkamah Konstitusi diterima oleh KPU. Sedangkan pengusulan pengesahan pengangkatan calon terpilih oaling lama tiga hari setelah penetapan pasangan calon terpilih

Baca Juga: Tanpa Hengky Kurniawan, PDIP KBB Jaring 9 Nama untuk Pilkada 2024

Baca Juga: Demi Pilkada 2024, Eks Kadis di KBB ini Tawarkan Diri ke Banyak Partai

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya