Long Weekend, Kereta Cepat Whoosh Diserbu Rombongan Wisatawan

Rombongan mayoritas turun dan naik di Stasiun Padalarang

Bandung Barat, IDN Times - Rombongan yang menggunakan Kereta Cepat Whoosh Jakarta-Bandung pada momentum libur panjang Iduladha 1445 Hijriah/2024 mengalami lonjakan. Total Kereta Cepat Whoosh sudah melayani sebanyak 60 rombongan yang menggunakan kereta peluru itu.

"Rata-rata setiap harinya terdapat 12 rombongan yang memilih Whoosh sebagai transportasinya untuk menghabiskan libur akhir pekannya kali ini," kata GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa saat dikonfirmasi, Sabtu (15/6/2024).

Dia mengatakan, jumlah ini meningkat hingga 2,5 kali lipat jika dibandingkan hari biasanya, di mana Kereta Cepat Whoosh melayani sebanyak 4-5 rombongan per hari. Rute yang menjadi favorit penumpang rombongan adalah rute Stasiun Halim-Padalarang, dan sebaliknya.

1. Penumpang Kereta Cepat Whoosh melonjak

Long Weekend, Kereta Cepat Whoosh Diserbu Rombongan Wisatawan(Dok/Istimewa)

Pada libur long weekend Iduladha ini total sebanyak 1.500 penumpang rombongan yang akan diberangkatkan. "Rombongan tersebut berasal dari perusahaan, pemerintahan, sekolah, tour and travel, dan masyarakat umum," ucap dia

Secara keseluruhan, ungkap Eva, penumpang yang menggunakan Kereta Cepat Whoosh mengalami peningkatan pada long weekend periode 14-18 Juni 2024 ini dibandingkan hari biasanya. Mereka memprediksi jumlah penumpang akan mencapai 18 ribu orang per hari atau meningkat sekitar 20 persen jika dibandingkan dengan hari-hari biasa yang melayani 15-16 ribu penumpang per hari.

"Animo masyarakat untuk menggunakan Whoosh semakin hari semakin baik. Hal ini tercermin dari terus meningkatnya rata-rata jumlah penumpang Whoosh per harinya," ujar Eva.

2. Peningkatan penumpang terlihat sejak kemarin

Long Weekend, Kereta Cepat Whoosh Diserbu Rombongan Wisatawan(Dok/Istimewa)

Peningkatan penumpang juga mulai terlihat untuk keberangkatan Sabtu (15/6/2024) dari Stasiun Halim. Mulai jadwal keberangkatan pukul 06.40 hingga15.35 WIB, rata-rata okupansi di setiap perjalanan mencapai 70 sampai dengan 90 persen.

Sebagai bentuk peningkatan layanan kepada penumpang dalam long weekend Iduladha, KCIC juga akan menempatkan customer service mobile tambahan untuk memberikan informasi dan bantuan di tengah peningkatan jumlah penumpang .

"Secara total terdapat hingga 45 petugas layanan di setiap stasiun. Selain itu untuk memastikan keamanan di stasiun dan jalur trase, KCIC juga menempatkan hingga 550 petugas pengamanan per hari," kata Eva.

3. KCIC operasikan 48 perjalanan Kereta Cepat Whoosh

Long Weekend, Kereta Cepat Whoosh Diserbu Rombongan Wisatawan(

Di samping itu, lanjut dia, dari segi fasilitas, terdapat penambahan tenant food and beverage baik di Stasiun Halim, Padalarang ataupun Tegalluar. Penambahan tenant ini diharapkan bisa menambah kenyamanan penumpang kala menunggu jadwal keberangkatan.

"KCIC berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik pada penumpang. Evaluasi dan inovasi layanan terus kami lakukan agar kepuasan penumpang terus meningkat," tutup Eva.

Sebelumnya, KCIC telah mengoperasikan 48 perjalanan Kereta Cepat Whoosh dengan jumlah 28.848 kursi setiap harinya. Pada momentum libur panjang pekan ini, sejak Jumat (14/6/2024) hingga selasa (18/6/2024), akan terdapat 240 perjalanan kereta dengan ketersediaan tempat duduk sekitar 140 ribu.

Baca Juga: Perundungan Berujung Kematian di KBB, Keluarga Korban Lapor Polisi

Baca Juga: Demi Pilkada KBB, Kader Golkar Siap Mundur Sebagai Anggota DPRD Jabar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya