Lirik Sekda Cimahi di Pilkada 2024, Golkar: Pak Dikdik Ingin Maju

Nasib Sekda Cimahi akan diputuskan Agustus

Cimahi, IDN Times - Partai Golkar melirik Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi, Jawa Barat, Dikdik Suratno Nugrahawan untuk dicalonkan menjadi wali kota dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Partai berlambang pohon beringin itu sudah memberinya surat tugas untuk melakukan serangkaian tahapan sebelum diputuskan nanti.

"Sejauh ini Partai Golkar untuk Cimahi kami telah merekomendasikan saudara Dikdik (Sekda Kota Cimahi) untuk maju," kata Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat TB Ace Hasan Syadzily saat dikonfirmasi, Rabu (24/4/2024).

1. Harus mengundurkan diri dari jabatan sekda

Lirik Sekda Cimahi di Pilkada 2024, Golkar: Pak Dikdik Ingin MajuIlustrasi Pilkada (IDN Times/Mardya Shakti)

Ia meminta Dikdik segera melakukan tahapan survey dan terjun ke masyarakat untuk melihat elektabilitas dan popularitas, sebelum akhirnya nanti diputuskan sebahai bakal calon Wali Kota Cimahi yang akan diusung Partai Golkar.

"Segera untuk bekerja lakukan survey dan tentu bukan hanya survey, turun ke masyarakat bekerja memastikan supaya elektabilitas semakin meningkat sehingga pada saatnya nanti akan ditetapkan oleh Partai Golkar sebagai calon wali kota," ujar Ace Hasan.

Jika nantinya diusung Partai Golkar di Pilkada Kota Cimahi, kata dia, khusus Dikdik tentunya harus mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Tapi pengunduran diri itu nanti setelah mendaftarkan diri ke KPU, jadi kita hormati mekanisme yang berlaku dalam tahapan Pilkada 2024 nanti," kata Ace.

2. Golkar Cimahi akui Dikdik ingin maju

Lirik Sekda Cimahi di Pilkada 2024, Golkar: Pak Dikdik Ingin Maju(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dihubungi terpisah, Ketua DPD Partai Golkar Kota Cimahi Ali Hasan membenarkan bahwa Sekda Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan menjadi salah satu figur yang dilirik partainya untuk menjadi Calon Wali Kota Cimahi di Pilkada 2024.

Dia mengatakan bahwa Dikdik sendiri sudah menyatakan keseriusannya. "Kalau Pak Dikdik inginnya maju, ada (pembahasan jelas). Masih Sekda dia, belum mundur," kata Ali Hasan.

Dia mengatakan sejauh ini memang ada beberapa nama yang bertandang ke rumahnya sebagai Ketua DPD Partai Golkar selain tentunya Dikdik. Nama lainnya adalah eks Wali Kota Cimahi Ngatiyana dan pengusaha muda Adhitia Yudisthira.

Ali Hasan mengatakan penjaringan hingga kini masih berlangsung.

"Sudah dua yang merapat tapi apakah betul dia mau nyalon kita kan belum tahu. Kemarin Pak Ngatiyana ke rumah, Pak Dikdik juga. Mungkin dia silaturhami ke orangtua saja," ujar Ali Hasan.

3. Golkar Cimahi akan galang koalisi

Lirik Sekda Cimahi di Pilkada 2024, Golkar: Pak Dikdik Ingin MajuIlustrasi Pilkada Serentak 2024 (ANTARA/Afif/fqh)

Ali melanjutkan Partai Golkar sudah menjalin komunikasi dengan partai politik lain untuk menghadapi Pilkada Kota Cimahi 2024, meski belum membentuk koalisi karena proses penjaringan juga masih berlangsung.

Ali Hasan mengatakan partainya sangat terbuka untuk menjalin koalisi dengan semua partai.

"Kalau koalisi dengan siapa saja. Kami sempat bertemu semua partai waktu buka puasa, untuk ngobrol saja. Kami mau pertemuan lagi yang kedua. Kalau saya pikir ini kan hajat partai, kenapa gak dari partai saja calonnya," kata Ali Hasan.

Baca Juga: DPR Minta Pemerintah Percepat Relokasi Rumah Korban Bencana di KBB

Baca Juga: Demi Pilkada 2024, Eks Kadis di KBB ini Tawarkan Diri ke Banyak Partai

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya