Liburan Selesai, 103 Ribu Kendaraan Wisatawan Mulai Tinggalkan Lembang

Puncak arus balik Lebaran diprediksi Minggu besok

Bandung Barat, IDN Times - Ribuan wisatawan mulai meninggalkan kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Sabtu(13/4/2024). Wisatawan domestik ini memilih meninggalkan kawasan Lembang meskipun libur Lebaran 2024, belum berakhir.  

Puncak kunjungan ke kawasan wisata di kawasan Bandung Raya diprediksi sudah terjadi sejak dua hari lalu. Berdasarkan pantauan IDN Times sejak pukul 16.00 WIB hingga malam tadi, kondisi arus lalu lintas di kawasan wisata Lembang realtif ramai lancar.

Pengunjung memiliki dua alternatif untuk kembali ke daerahnya melalui jalur Kota Bandung dan masuk Tol Cipularang dan juga yang melanjutkan melewati Kabupaten Subang menuju akses Tol Cipali.

"Untuk hari ini Alhamdulillah mengalami penurunan, mulai meninggalkan kawasan Lembang," kata Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Adhi Prasidya Danahiswara di Lembang.

1. Polisi sempat berlakukan oneway

Liburan Selesai, 103 Ribu Kendaraan Wisatawan Mulai Tinggalkan Lembang(Bangkit Rizki/IDN Times)

Menurut Adhi, puncak kunjungan wisata di kawasan Lembang sudah terjadi dua hari lalu dimana arus lalu lintas mengalami kepadatan. Banyak kendaraan luar daerah yang masuk yang masuk ke kawasan wisata Lembang.

"Puncaknya terjadi dua hari yang lalu. Volume kendaraan baik dari arah Bandung menuju Lembang maupun dari ke Subang itu mengalami peningkatan," ujarnya.

Untuk mengurai kepadatan itu, pihaknya menerapkan cara bertindak (CB) one way atau satu arah sepenggal. Sistem itu diterapkan baik dari arah Kota Bandung menuju kawasan Lembang maupun sebaliknya yang menyesuaikan dengan kondisi.

"Kami menerapkan CB one way sepenggal dari arah Bandung menuju Lembang kemudian dari arah Lembang menuju ke Bandung. Kita melihat situasional arus lalu lintas," ucapnya.

2. Jalur Subang jadi opsi alternatif wisatawan untuk pulang

Liburan Selesai, 103 Ribu Kendaraan Wisatawan Mulai Tinggalkan Lembang(Bangkit Rizki/IDN Times)

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Perhubungan KBB, jumlah kendaraan yang masuk ke kawasan wisata Lembang, KBB dari H lebaran hingga H+2 mencapai 103.209 unit yang didominasi kendaraan roda dua.

"Total dari hari H sampai H+2 103.209 kendaraan yang didominasi sepeda motor. Rata-rata kenaikan 6% yang didominasi kendaraan plat B," ujar Kepala Dinas Perhubungan KBB Fauzan Azima.

Dia mengatakan memang untuk arus balik wisatawan ini ada dua pilihan yakni melewati Tol Cipali via Subang maupun Kota Bandung. Namun menurut Fauzan, wisatawan yang pulang ke daerah asalnya melalui jalur Kabupaten Subang merupakan wisatawan yang memang sudah mengetahui rutenya. Sementara kebanyakan tetap melalui Kota Bandung.

"Kalau yang ke Subang itu yang sudah tahu jalur ya, lewat Subang nantinya masuk ke Cipali. Di sepanjang jalur Cikole ke Subang itu kan banyak wisata juga, jadi sekalian pulang," kata Fauzan.

3. Puncak arus balik mudik diprediksi Minggu

Liburan Selesai, 103 Ribu Kendaraan Wisatawan Mulai Tinggalkan LembangPolisi Menerapkan One Way di Kawasan Wisata Lembang, KBB. (Bangkit Rizki/IDN Times)

Ia menyebut puncak kunjungan wisatawan ke Lembang terjadi sejak Jumat (12/4/2024) serta Sabtu ini. Kemudian arus balik wisatawan dan pemudik terjadi mulai Sabtu sore hingga Minggu (14/4/2024).

"Kemudian untuk arus balik, khususnya yang di KBB itu memang tetap menggunakan Jalan Raya Padalarang, sekarang juga sedang oneway. Terutama roda dua," ujar Fauzan.

Baca Juga: H+1 Libur Lebaran, Kawasan Lembang Mulai Diserbu Wisatawan

Baca Juga: Akibat Hujan dan Banjir, Jalan Wisata ke Lembang Rusak Parah

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya