Libur Lebaran, Lembang Dikunjungi 185 Ribu Lebih Wisatawan 

Sektor kuliner ikut terdampak momen libur lebaran

Bandung Barat, IDN Times - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat mencatat kunjungan wisatawan ke kawasan Lembang mencapai 185.299 orang selama libur lebaran 2024. Angka kunjungan wisata itu diklaim mengalami peningkatan dibandingkan libur lebaran 2023.

Kepala Bidang Pariwisata pada Disparbud KBB David Oot mengatakan, jumlah kunjungan itu hanya terdata dari 12 12 destinasi wisata yakni adalah Maribaya Natural Hot Spring, The Lodge Maribaya, Dago Dream Park, Farm House, Floating Market, The Great Asia Africa, Curug Malela, Dusun Bambu, Taman Lembah Dewata, dan Lembang Park and Zoo.

"Kami hanya mendata kunjungan wisatawan ke destinasi yang besar saja, sesuai data form dari Disparbud Provinsi Jawa Barat," kata David saat dihubungi, Selasa (23/4/2024).

1. Kunjungan wisata tahun ini naik

Libur Lebaran, Lembang Dikunjungi 185 Ribu Lebih Wisatawan (Bangkit Rizki/IDN Times)

Menurut David, tingkat kunjungan wisatawan ke destinasi wisata jika dibandingkan dengan data kunjungan tahun lalu ada yang mengalami kenaikan signifikan.

"Tapi ada yang kurang karena tahun lalu hari libur Idulfitri-nya lebih panjang. Untuk tahun 2024 Idulfitri mulai ada peningkatan kunjungan setelah H+1, H+2, H+3 dan H+4 kenaikannya 5 sampai 10 persen," ujar dia.

Meningkatnya kunjungan juga berdampak terhadap okupansi restoran di Bandung Barat. David mengatakan masyarakat yang datang untuk menikmtai makanan an minuman ke resto, cafe dan sebagainya. Begitu juga dengan data okupansi hotel mulai ada peningkatan sejak H+2 H+3 ada salah satu hotel Lembang sampai tingkat huniannya atau okupansi mencapai 94 persen.

2. Terdapat 162 objek wisata di KBB

Libur Lebaran, Lembang Dikunjungi 185 Ribu Lebih Wisatawan Penerapan CB One Way di Kawasan Wisata Lembang, KBB. (Bangkit Rizki/IDN Times)

David mengungkapkan di Bandung Barat sendiri total ada162 destinasi wisata. Dari 162 destinasi wisata di KBB terdiri dari 73 destinasi berbasis alam, 19 destinasi berbasis budaya, dan 70 destinasi berbasis buatan atau manmade.

Selain di wilayah Lembang Raya, destinasi wisata di Bandung Barat ada di Padalarang 7 destinasi, Cipatat 8, Ngamprah 3, Rongga 20, Sindangkerta 8, Gununghalu 13, Cililin 9, Cikalongwetan 6, Cipongkor 4, Cipeundeuy 4, Saguling 3, dan Batujajar 1.

"Yang dihitung sementara itu hanya dari 12 destinasi wisata terbesar. Kan, masih banyak destinasi lain yang juga ramai dikunjungi seperti Stone Garden, Sanghyang Heleut, dan destinasi lainnya.
Tentunya kalau ditotal pasti di atas angka 185 ribuan. Secara total terjadi kenaikan sekitar 5 persen dibandingkan libur lebaran tahun lalu," tuturnya.

3. Inovasi berpengaruh terhadap kunjungan wisata

Libur Lebaran, Lembang Dikunjungi 185 Ribu Lebih Wisatawan (Bangkit Rizki/IDN Times)

Ia mengungkapkan, tingkat kunjungan wisatawan bergantung kepada inovasi dari destinasi itu sendiri. Seperti Dusun Bambu yang menampilkan wahana baru sehingga pada libur lebaran tahun ini mengalami kenaikan pengunjung.

"Wisatawan juga ingin sesuatu yang baru dan menarik, jika pengelola destinasi tak berinovasi bisa saja para wisatawan akan mengalihkan kunjungan ke destinasi lain," tandasnya.

Menurutnya, inovasi menjadi kata kunci yang harus selalu terus dilakukan pengelola destinasi wisata. Jangan sampai monoton, setiap tahunnya tidak ada sesuatu yang baru.
"Harapannya kan , wisatawan yang sudah datang ke destinasi A misalnya, bisa jadi pada liburan berikutnya akan datang lagi. Karena tertarik dengan wahana baru yang ada di sana," ujarnya.

Baca Juga: Liburan Selesai, 103 Ribu Kendaraan Wisatawan Mulai Tinggalkan Lembang

Baca Juga: Kisah Wisatawan Luar Daerah yang Ketagihan Melancong ke Lembang

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya