Layani Mudik Perdana, 115 Ribu Tiket Whoos Ludes Terjual

70 ribu orang sudah gunakan Whoosh selama arus mudik lebaran

Bandung Barat, IDN Times - Kereta Cepat Whoosh Jakarta-Bandung kebanjiran penumpang selama arus mudik lebaran 2024. Manager Corporate Communication PT KCIC Emir Monti mengatakan, jumlah tiket itu yang sudah dipesan hingga 18 April 2024.

"Secara total itu pemesanan dari 3-18 April sudah ada 115 ribu tiket pada masa angkutan lebaran, angkanya masih terus bergerak," kata Emir di Stasiun Whoosh Padalarang, Bandung Barat, Selasa (9/4/2024).

1. Sebanyak 70 persen penumpang dari arah Jakarta ke Bandung

Layani Mudik Perdana, 115 Ribu Tiket Whoos Ludes Terjual(Bangkit Rizki/IDN Times)

Berdasarkan pantauan di Stasiun Whoosh Padalarang, pergerakan penumpang pada H-1 Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 masih terlihat.
Seperti diketahui Kereta Cepat Whoosh Jakarta-Bandung untuk perdana melayani arus mudik lebaran sejak beroperasi secara komersil pada Oktober 2023.

Emir mengatakan, penumpang yang menggunakan kereta cepat sejak arus mudik lebaran 2024 sudah mencapai 70 ribu orang.

"Kalau yang sudah naik menggunakan kereta cepat di masa angkutan lebaran sampai tanggal 8 April sudah 70 ribu. Pagi tadi saja dari Halim menuju Bandung sudah 5 ribu penumpang," ujar Emir.

Ia mengungkapkan, dari penumpang yang sudah tercatat menggunakan Kereta Cepat Whoosh pada arus mudik lebaran ini didominasi dari Jakarta menuju Bandung. Mayoritas turun di Stasiun Padalarang dan melanjutkan perjalanan menggunakan Kereta Api feeder serta transportasi lainnya.

"Memang hampir 60-70 persen penumpang harian datang dari arah Jakarta menuju Bandung. Sebaliknya hanya 30 persen saja dan mayoritas turun di Padalarang," kata Emir.

2. Harga tiket Whoosh selama lebaran

Layani Mudik Perdana, 115 Ribu Tiket Whoos Ludes Terjual(Bangkit Rizki/IDN Times)

Untuk harga tiket lebaran tahun ini, terang Emir, dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti jam sibuk (peak hour) atau jam non-sibuk (off peak hour), momentum liburan (high season) atau non-liburan (low season), atau hari kerja ataupun akhir pekan.

Untuk harga tiket first class Rp600.000, business class Rp450.000 dan premium economy class Rp250.000-Rp300.000. Sebagai operator dari kereta cepat, Whoosh menerapkan skema tarif dinamis atau dynamic pricing untuk seluruh perjalanannya.

"Harga tiket kami menerapkan tarif dynamic pricing atau menyesuaikan berdasarkan jam, hari dan sebagainya," ucap dia.

3. PT KCIC tambah perjalanan Whoosh

Layani Mudik Perdana, 115 Ribu Tiket Whoos Ludes Terjual(Bangkit Rizki/IDN Times)

Untuk mengantisipasi membludaknya penumpang pada momentum mudik lebaran ini, PT KCIC sudah menambah jumlah perjalanan Kereta Cepat Whoosh sejak 3 hingga 18 April 2024. Awalnya, perjalanan Kereta Cepat Whoosh hanya 40 kali per hari. Namun khusus momentum ini ditambah 12 kali sehingga menjadi 52 kali perjalanan dalam sehari.

Kereta Cepat Whoosh sendiri akan beroperasi mulai dari 06.40 WIB sampai pukul 20.30 WIB untuk relasi Stasiun Halim-Stasiun Tegalluar dan pukul 05.50 WIB sampai pukul 20.30 WIB untuk relasi Stasiun Tegalluar-Stasiun Halim.

"Untuk mengantispasi peningkatan jumlah penumpang di masa angkutan lebaran ini KCIC akan mengoperasikan sebanyak 40 perjalanan Whoosh reguler dan ditambah 12 perjalanan Whoosh tambahan. Jadi ada peningkatan sekitar 30 persen dari jadwal reguler sehingga total KCIC akan melakukan 52 perjalanan," kata Emir.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik Terlewati, 250 Ribu Sepeda Motor Melintas di KBB

Baca Juga: Sepenggal Kisah Pemudik yang Pilih Pulang Kampung Pakai Whoosh

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya