Lahiran di Tempat Pangkas Rambut di Cimahi, Ibu Ogah Urus Bayinya

Kedua orang tua bayi ini enggan mengurus buah hatinya

Cimahi, IDN Times - Bayi berjenis kelamin laki-laki ditinggalkan orang tuanya di salah satu bidan di Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat. Ibu dan ayahnya disebut enggan mengurusnya padahal baru dilahirkan dua hari lalu.

Proses kelahiran bayi itu mengegerkan warga pada Sabtu (16/3/2023) sekitar pukul 14.30 WIB. Pasalnya, ibunya melahirkan di sebuah tempat pangkas rambut di Jalan Gunung Batu, RT 3/10, Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cimahi Utara. Warga yang saat itu ada di lokasi kejadian, sontak memberikan bantuan sebisa mungkin agar proses persalinan berjalan lancar.

Kejadian itu diceritakan Eka (49) salah seorang warga. Ketika ia sedang berada di tokonya ada seorang pria yang mendatanginya dan mengatakan istrinya akan melahirkan. Eka pun menyuruhnya membawa ke bidan yang tidak jauh dari lokasi.

"Terus saya suruh ke bidan karena kebetulan dekat, tapi dia bilang sudah nggak kuat. Akhirnya saya suruh masuk ke tempat cukur yang kebetulan lagi tutup di sebelah toko saya," di lokasi kejadian saat ditemui, Senin (18/3/2024).

1. Warga membantu perempuan yang melahirkan

Lahiran di Tempat Pangkas Rambut di Cimahi, Ibu Ogah Urus Bayinya(Bangkit Rizki/IDN Times)

Ibu muda berinisial FS, sebetulnya saat itu sedang dalam perjalanan menuju ke bidan untuk memeriksakan kandungannya bersama sang suami. Namun di tengah jalan motor yang mereka tumpangi mendadak mogok karena kehabisan bensin.

Dia kemudian masuk ke dalam tempat pangkas rambut ditemani suaminya. Hanya dalam waktu singkat, Eka kemudian mendengar suara tangisan bayi dari dalam tempat tersebut. Setelah melahirkan, bidan akhirnya datang.

"Jadi bidang sedang dijemput sama linmas di sini, dia sudah melahirkan. Soalnya saya dengar ada suara bayi menangis. Jadi dia ini melahirkan sendiri, cuma ditemani suaminya," ucap Eka.

Eka mengatakan setelah itu bidan yang dijemput akhirnya datang. Ia membantu mengurus ibu melahirkan serta mengecek kondisi bayi yang dilahirkannya.

"Jadi yang potong ari-ari sama menjahit si ibu melahirkan itu bidan. Anaknya langsung dicek juga dibawa ke bidan, alhamdulillah sehat kondisinya," kata Eka.

2. Kedua orang tua tak ingin urus bayinya

Lahiran di Tempat Pangkas Rambut di Cimahi, Ibu Ogah Urus Bayinyabayi matahari Teletubbies melahirkan anak pertama (instagram.com/j.smith_1995)

Namun setelah melalui proses melahirkan yang membuat geger warga, muncul masalah pada Minggu (17/3/2024) yang membuat Ketua RW 10, Kelurahan Pasirkaliki heran. Pasalnya, suami istri itu disebutkan enggan membawa sang buah hati pulang bersama mereka.

"Jadi kita bantu dengan menyiapkan ambulans kelurahan. Nah sehari setelah lahiran, saya dapat kabar dari pekerja sosial (peksos) kelurahan kalau ibu bapaknya itu enggak mau membawa anaknya," kata Ranta.

Berdasarkan keterangan suami istri itu pada peksos, mereka beralasan tidak mau membawa anak yang baru dilahirkan itu karena mereka sibuk bekerja sehingga tak ada yang bisa merawat.

"Alasannya katanya mereka bekerja, jadi tidak ada yang merawat anaknya. Jadi sampai hari ini, mereka tidak ada muncul mau membawa anaknya. Tapi kalau masalah administrasi ke bidan, katanya sudah diselesaikan,"ujar Ranta.

3. Kelurahan koordinasi dengan dinsos

Lahiran di Tempat Pangkas Rambut di Cimahi, Ibu Ogah Urus Bayinyailustrasi bayi yang sedang tertidur (unsplash.com/Ciprian Sam)

Sementara itu, Lurah Pasirkaliki, Andri Nurwantoro mengatakan sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial terkait bayi yang diterlantarkan kedua orangtuanya setelah dilahirkan. Dirinya memastikan bayi tersebut dalam kondisi sehat.

"Kita fokus dulu merawat bayinya, alhamdulillah kondisinya sehat. Memang orangtua tidak mau membawa bayinya, makanya kita koordinasi dengan Dinas Sosial Kota Cimahi memastikan siapa nanti yang akan bertanggungjawab merawat bayi ini," kata Andri.

Baca Juga: Ngabuburit Unik di Kota Cimahi Sambil Nunggu Kereta Cepat Whoosh Lewat

Baca Juga: Perang Sarung di Bulan Puasa, 12 Remaja di Cimahi Ditangkap Polisi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya