KPU KBB Siapkan Strategi Antisipasi Kematian Petugas KPPS

KPU KBB siapkan petugas medis

Bandung Barat, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyiapkan strategi untuk mengantisipasi kasus kelelahan dan kematian petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pemilu 2024. Ada sebanyak 35.616 petugas KPPS yang bertugas di KBB.

Ketua KPU KBB Rifqi Ahmad Sulaeman mengatakan, untuk strategi awal KPU 
mewajibkan calon KPPS yang mendaftar melakukan medical check up, sehingga penyakit bawaan para petugas bisa dideteksi sejak dini.

Selain itu, KPU juga menyaring secara ketat proses pendaftaran KPPS agar mengutamakan warga di bawah usia 55 tahun.

"Semua calon KPPS diperiksa kesehatannya, khawatir ada penyakit bawaan. Terus secara usia kami utamakan yang di bawah 55 tahun, karena yang kemarin meninggal itu rata-rata lansia dan komorbid," kata Rifqi di Padalarang, KBB, Kamis (25/1/2024).

1. KPU KBB bakal siapkan petugas medis

KPU KBB Siapkan Strategi Antisipasi Kematian Petugas KPPS(Dok/Istimewa)

Sedangkan untuk mengantisipasi kelelahan saat hari H pencoblosan pada 14 Februari 2024, KPU akan menyediakan petugas medis serta ambulans untuk bersiaga. Dengan begitu, ketika terjadi keadaan darurat, anggota KPPS bisa segera diberi tindakan.

Rifqi mengatakan ia akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan KBB dan pihak terkait untuk menyiapkan petugas medis dan peralatan lainnya. Rencananya, KPU KBB akan membuat tim kesehatan yang akan dibagi di setiap tempat pemungutan suara (TPS) di KBB.

"Pada saat Pemilu, di setiap TPS kami akan sediakan tim kesehatan. Satu tim kesehatan akan dibagi-bagi untuk menangani, maksimal satu orang petugas kesehatan untuk sepuluh TPS. Mereka akan berjaga dengan ambulans," ujarnya.

2. Petugas KPPS di KBB dilantik dan diambil sumpah

KPU KBB Siapkan Strategi Antisipasi Kematian Petugas KPPSpixabay

Rifqi menjelaskan petugas KPPS di Bandung Barat yang berjumlah 35.616 orang baru saja dilantik dan diambil sumpah. Mereka dilantik secara serentak yang dipusatkan di Kecamatan Padalarang, Ngamparah, Cikalongwetan, Sindangkerta, Rongga, dan desa masing-masing.

Setelah dilantik dan diambil sumpah, puluhan ribu petugas KPPS yang akan bertugas di Pemilu 2024 menjalani pelatihan. Mereka akan bertugas di 5.088 TPS yang tersebar di 16 kecamatan dan 165 desa di Bandung Barat.

"Hari ini kami serentak melaksanakan pelantikan 35.616 anggota KPPS tersebar di 16 kecamatan dan 165 desa dan 5.088 TPS. Ini dilaksanakan di lima titik," ucapnya.

3. Honor petugas KPPS

KPU KBB Siapkan Strategi Antisipasi Kematian Petugas KPPSRRI

Besaran honor yang akan didapat Ketua KPPS mencapai Rp1,2 juta, dan anggota KPPS Rp1,1 juta. Besaran honor KPPS di Pemilu 2024 itu tercantum dalam Surat Menteri Keuangan Nomor S-647/MK.02/2022 pada 5 Agustus 2022, perihal Satuan Biaya Masukan Lainnya (SBML) untuk Tahapan Pemilihan Umum dan Tahapan Pemilihan.

"Untuk honor Ketua KPPS itu Rp1,2 juta dan anggota KPPS Rp1,1 juta sesuai aturan yang sudah ditetapkan. Adapun masa kerja KPPS tersebut hanyalah satu bulan saja," ujar Rifqi.

Baca Juga: Partai Hanura Berambisi Kembali Masuk DPRD KBB di Pemilu 2024

Baca Juga: Ambisi PDIP Geser PKS dari Kursi Ketua DPRD KBB di Pemilu 2024

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya