KPU Ingatkan 3 Paslong Patuhi PKPU Selama Kampanye Pilkada 

Pelaksanaan kampanye Pilkada 2024 resmi dimulai

Cimahi, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi mengajak semua pasangan calon Wali dan Wali Kota Cimahi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 untuk berkampanye damai. Hal itu dilakukan agar Pilkada di Kota Cimahi tetap aman dan kondusif.

Simbolis dan kick off pelaksanaan kampanye damai Pilkada 2024 di Kota Cimahi berlangsung pada Rabu (25/9/2024) di Alun-Cimahi. Kampanye damai diikuti semua pasangan calon Wali dan Wakil Wali Kota Cimahi.

Yakni pasangan nomor urut 1 Dikdik Suratno Nugrahawan-Bagja Setiawan, pasangan nomor urut 2 Ngatiyana-Adhitia Yudisthira dan pasangan nomor urut 3 Bilal Insan Priatna-A Mulyana. Hadir juga unsur Forkopimda di Kota Cimahi.

"Alhamdulillah kita mulai tahapan kampanye. Kita semua sepakat persatuan merupakan pondasi bagi pembangunan dan kehidupan yang lebih baik di Kota Cimahi," kata Ketua KPU Kota Cimahi, Anzhar Ishal Afriyand.

1. Semua paslon diminta tak langgar aturan

KPU Ingatkan 3 Paslong Patuhi PKPU Selama Kampanye Pilkada Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi Menandatangani Deklarasi Damai. (Rizki/IDN Times)

Dirinya meminta ketiga pasangan calon yang menjadi peserta Pilkada 2024 di Kota Cimahi untuk tidak melanggar aturan. Pelaksanaan kampanye Pilkada 2024 tercantum dalam Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2024 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati Wakil Bupati dan Wali Kota, Wakil Wali Kota.

"Karena itu semua pasangan calon untuk menaati aturan kampanye seperti yang tercantum dalam PKPU Nomor 13 Tahun 2024. Termasuk foto 'Kampanye Kantun Kacai," tegas Anzhar.

Sementara itu Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cimahi Fathir Rizkia Latif mengingatkan bahwa kampanye merupakan pendidikan politik. Sehingga semua pasangan calon diminta tak melakukan kampanye negatif.

"Kampanye itu pendidikan politik yang ujungnya partisipasi masyarakat. Harapan kami tidak menjadi alat perpecahan, saling dompleng negatif isu, menjelek-jelekan satu sama lain," kata Fathir.

2. Paslon diminta konsultasi

KPU Ingatkan 3 Paslong Patuhi PKPU Selama Kampanye Pilkada Tiga Pasangan Calon Wali dan Wakil Wali Kota Cimahi Sepakat Berkampanye Damai. (Rizki/IDN Times)

Dirinya mengajak semua pasangan calon Wali dan Wali Kota Cimahi untuk berkonsultasi terkait aturan pelaksanaan kampanye sehingga nantinya tidak terjadi pelanggaran.

"Lebih baik konsultasi daripada diklarifikasi, beri kesadaran bahwa regulasi begitu penting untuk mencapai Pilkada sukses 2024," ucap Fathir.

Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dicky Saromi berharap pelaksanaan kampanye santun dan cinta damai ini menjadi komitmen semua pasangan calon di Pilkada 2024. Sehingga proses pesta demokrasi tahun ini berjalan aman dan kondusif.

"Saya berharap deklarasi ini jadi komitmen kita semua hingga sampai semua tahapan Pilkada. Kita juga berharap partisipasi masyarakat akan meningkat dari 5 tahun lalu," kata dia.

3. Pj Wali Kota Cimahi minta paslon adu gagasan

KPU Ingatkan 3 Paslong Patuhi PKPU Selama Kampanye Pilkada Para Calon Wali dan Wakil Wali Kota Cimahi Beserta KPU dan Bawaslu Parade Kampanye Damai. (Rizki/IDN Times)

Dirinya meyakini hasil pilkada yang berkualitas bakal melahirkan pemimpin yang berkualitas yang bisa memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.

Sehingga Dicky mengajak semua pasangan calon menjual program, visi misi dan gagasan dengan baik sejalan dengan deklarasi damai. Hindari kampanye negatif, ujaran kebencian dan menjelekkan antara paslon.

"Saya meyakini pasangan punya visi dan misi dan program yang baik. Saya harap semua pasangan adu gagasan, program sehingga masyarat bisa melihat," kata Dicky.

Rizki Photo Community Writer Rizki

Sehat, soleh, rezeki nomplok

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya