Kisah Wisatawan Luar Daerah yang Ketagihan Melancong ke Lembang

Ini faktor yang bikin wisatawan ketagihan dari Lembang

Bandung Barat, IDN Times - Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat tetap jadi kawasan wisata yang laris manis didatangi wisatawan luar daerah untuk mengisi waktu berlibur. Lantas apa yang membuat kawasan Lembang bertahan jadi destinasi wisata favorit?

Pada libur lebaran Idulfitri 1445 Hijriah ini kawasan Lembang kembali diserbu wisatawan pada Kamis (11/4/2024). Dari arus lalu lintas pada H+1 lebaran, terjadi sedikit kepadatan arus lalu lintas. Banyak kendaraan asal luar daerah yang masuk ke kawasan yang berada di dataran tinggi itu.

Menariknya, ternyata tak sedikit wisatawan yang ketagihan berkunjung ke kawasan wisata Lembang. Bahkan ada yang datang rutin setiap libur lebaran, seperti Ani Herman (55 tahun) dan keluarganya, wisatawan asal Tangerang, Banten.

1. Udara jadi faktor wisatawan ketagihan

Kisah Wisatawan Luar Daerah yang Ketagihan Melancong ke Lembang(Bangkit Rizki/IDN Times)

Salah satu yang dikunjungi Ani dan keluarganya asalah The Great Asia Africa (TGAA) Lembang. Dia bersama enam anggota keluarga lainnya sudah berada di kawasan Lembang sejak Rabu (10/4/2024) atau hari H lebaran.

"Dari kemarin sudah di Lembang, nginep. Jadi beres silarurahmi langsung refreshing ke Lembang sengaja dan sudah direncanakan," tutur Ani.

Dia mengatakan setiap tahun menyempatkan berwisata ke Lembang. Meski sudah sering dan selalu masuk daftar tujuan wisatanya, namun Lembang tidak pernah membuat Ani dan keluarganya bosan. Ada satu hal yang selalu dirindukannya dari Lembang.

"Memang ke sini, bisa dibilang ketagihan. Yang bikin ketagihan itu udaranya seger dan makin banyak objek wisatanya," kata Ani.

2. Wisatawan tak permasalahkan kemacetan

Kisah Wisatawan Luar Daerah yang Ketagihan Melancong ke Lembang(Bangkit Rizki/IDN Times)

Berada di kawasan Lembang, Ani dan keluarganya akan berkunjung ke berbagai objek wisata. Dia tak peduli dengan kepadatan yang selalu terjadi di jalur objek wisata karena menurutnya hal itu wajar terjadi saat musim libur lebaran.

"Macet mah gak apa-apa, dinikmati aja. Yang penting jalan-jalan, refreshing," ucap dia.

Bukan hanya bagi Ani, kawasan wisata Lembang juga membuat Gina Janah (21 tahun) ketagihan. Dia bersama suaminya, Firdaus (22) sengaja datang jauh-jauh dari Cirebon untuk berwisata ke kawasan Lembang.

"Saya dari Cirebon, kemarin ke Bandung naik bus ke saudara dulu. Baru ke Lembang hari ini. Sebelumnya sudah pernah, tapi ijgin lagi wisata ke sini," ujarnya.

Kondisi georgafis adalah alasan Gina selalu ingin berwisata ke Lembang. Selain itu, banyaknya pilihan objek wisata membuatnya selalu merindukan wisata Lembang.

"Yang bikin ketagihan itu cuacanya adem aja gitu. Rencananya mau nyoba ke beberapa objek wisata," ujar Gina.

3. Volume arus lalu naik 20 persen

Kisah Wisatawan Luar Daerah yang Ketagihan Melancong ke Lembang(Bangkit Rizki/IDN Times)

Kanit Keamanan dan Keselamatan Satlantas Polres Cimahi Ipda Andriansyah mengatakan volume kendaraan di kawasan Lembang memang mengalami kenaikan 20 persen di banding hari biasa. Angka tersebut diprediksi bakal terus meningkat hingga sore nanti karena wisatawan belum sepenuhnya datang naik ke Lembang.

"Arus lalu lintas di jalur wisata Lembang Bandung Barat mulai terjadi kenaikan meski belum signifikan. Catatan kami kenaikan sebanyak 20 persen pada pagi ini," kata Andriansyah di Lembang.

Baca Juga: Strategi Cegah Getok Parkir dan Macet Disiapkan di Kawasan Lembang

Baca Juga: H+1 Libur Lebaran, Kawasan Lembang Mulai Diserbu Wisatawan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya