Kabar Gunung Tangkuban Parahu Erupsi, Tim Pemantau Pastikan Hoax!

Video yang beredar adalah kejadian lama

Bandung Barat, IDN Times - Sebuah video yang menampilkan erupsi di Gunung Tangkuban Parahh yang berada di perbatasan Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kabupaten Subang, bikin heboh jagat maya pada Kamis (7/12/2023).

Video berdurasi 06.30 menit yang beredar itu memperlihatkan hembusan abu vulkanik menjulang tinggi ke udara. Warna hitam pekat, disertai teriakan dari pedagang dan wisatawan yang panik juga mewarnai video tersebut.

Saat dikonfirmasi, Ketua Pos Pengamatan Gunungapi Tangkuban Parahu, Adzan Anugrah Indiarsyah angkat bicara terkait video yang menunjukan erupsi di Gunung Tangkuban Parahu. Dia memastikan video itu adalah kejadian tahun 2019.

"Mengenai isu video yang beredar dan viral kembali, itu kejadian erupsi (Gunung Tangkuban Parahu) tahun 2019 lalu," kata Adzan saat dihubungi.

1. Tangkuban Parahu dalam kondisi normal

Kabar Gunung Tangkuban Parahu Erupsi, Tim Pemantau Pastikan Hoax!Ilustrasi (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Dia menegaskan berdasarkan pengamatan aktivitas, Gunung Tangkuban Parahu hingga saat ini masih normal. Sehingga dipastikan tidak terjadi erupsi seperti yang sedang viral di media sosial.

"Untuk tingkat aktivitas Gunung Tangkuban Parahu, sampai saat ini masih Normal Level I," ucapnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB juga sudah melakukan langsung pemantauan ke Gunung Tangkuban Parahu. Petugas Lapangan BPBD KBB, Suheri, mengatakan saat ini kondisi di Gunung Tangkuban Parahu juga dalam keadaan normal.

"Kami langsung mengecek ke lokasi setelah beredar informasi tersebut bersama BPBD Kabupaten Subang dan Polsek Jalan Cagak. Saat ini kondisi di Gunung Tangkuban Parahu normal dan baik-baik saja," ujar dia.

2. Pengunjung dan pedagang tidak terpengaruh

Kabar Gunung Tangkuban Parahu Erupsi, Tim Pemantau Pastikan Hoax!IDN Times/Galih Persiana

Nyatanya per hari ini, pengunjung dan pedagang tak terpengaruh oleh viralnya video Erupsi Gunung Tangkuban Parahu yang terjadi pada tahun 2019 silam itu. Pengunjung sudah mengetahui kejadian tersebut sudah lama.

"Pengunjung dan pedagang juga tidak terpengaruh, kondisi semuanya aman-aman saja. Mungkin mereka juga paham bagaimana kondisi di atas," ucap Suheri.

Gunung Tangkuban Parahu terakhir kali mengalami erupsi pada 26 Juli 2019. Menurut informasi dari Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Geofisika (PVMBG), erupsi di kawah Gunung Tangkuban Parahu itu berada setinggi 200 meter di atas puncak.

Baca Juga: Wisata Tangkuban Perahu Bandung: Info Lokasi, Harga, dan Legendanya

Baca Juga: Kebakaran di Kaki Gunung Tangkuban Parahu Diduga Akibat Panas Bumi

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya