Jumlah Warga Lembang yang Diduga Keracunan Capai 68 Orang

Korban mayoritas sudah pulang ke rumah

Bandung Barat, IDNTimes - Kepala Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat Oman Haryanto menyebutkan total jumlah warganya yang diduga mengalami keracunan mencapai 68 orang. Korban sempat mendapat perawatan di sejumlah fasilitas kesehatan.

"Total jumlah warga yang mengalami dugaan keracunan itu ada 68 orang. Sampai pagi ini mayoritas sudah pulang," kata Oman saat dikonfirmasi, Kamis (20/6/2024).

1. Warga awalnya mengalami mual

Jumlah Warga Lembang yang Diduga Keracunan Capai 68 OrangIlustrasi keracunan.Pixabay/Rewind

Dia mengatakan, awal mula dugaan keracunan itu dimulai pada Rabu (19/6/2024) petang ketika ada warganya yang tiba-tiba mengalami gejala mual terus-menerus.
Namun, pada pukul 19.00 WIB, jumlah masyarakat yang merasa mual-mual terus bertambah.

"Awalnya ada warga yang mual terus, tapi jumlahnya semakin bertambah. Ada yang dibawa ke Puskesmas, klinik, sama rumah sakit," ucapnya.

2. Berawal dari acara hajatan

Jumlah Warga Lembang yang Diduga Keracunan Capai 68 Oranghttps://hellosehat.com/

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kata Oman, dugaan keracunan yang dialami warganya itu terjadi beberapa jam setelah mereka mengonsumsi hidangan hajatan yang digelar pada Rabu siang.

"Hajatannya hari Rabu, gak terlalu besar juga jadi hanya keluarga besar. Acaranya jam 12.00 WIB, jam 18.00 WIB baru ada keluhan mual," ucapnya.

3. Tak ada korban meninggal dunia

Jumlah Warga Lembang yang Diduga Keracunan Capai 68 Orang(Dok/Istimewa)

Sementara soal kabar ada warga yang diduga keracunan lalu meninggal dunia, Oman membantahnya. Dia mengatakan memang warganya hari ini ada yang meninggal, namun tidak ada kaitannya dengan dugaan keracunan.

"Jadi jangan dikaitkan yang meninggal itu karena keracunan. Memang hari ini ada yang meninggal, tapi beliau itu sudah tua dan sakitnya sudah lama. Gak datang ke hajatannya juga," tandas Oman.

Baca Juga: Warga Lembang Diduga Keracunan Usai Konsumsi Hidangan Hajatan

Baca Juga: Sepinya Kawasan Wisata Lembang saat Libur Panjang Iduladha

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya