Jelang Ramadan, Tradisi Ziarah Makam Ramai di Kota Cimahi

Pedagang bunga ketiban rezeki

Cimahi, IDN Times - Menjelang Ramadan 1445 Hijriah, sejumlah Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kota Cimahi, Jawa Barat ramai dikunjungi peziarah. Salah satunya TPU Embah Nurkarim yang berada di Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah.

Pantauan IDN Times di lokasi pada Minggu (10/3/2024), banyak motor yang terpakir di kawasan pemakaman itu. Para peziarah yang didominasi oleh keluarga terus berdatangan. Mereka terlihat berdoa dengan khusyuk dan menabur bunga dan air ke makam keluarganya.

Tak hanya pengunjung, TPU Embah Nurkarim juga dipenuhi pedagang bunga maupun pedagang makanan. Selain itu, ada pula yang menawarkan jasa bersih-bersih makam.

1. Nyekar jadi tradisi sebelum puasa

Jelang Ramadan, Tradisi Ziarah Makam Ramai di Kota Cimahi(Bangkit Rizki/IDN Times)

Salah satunya Reza Syaef Nur Alie (20), peziarah asal Kelurahan Cigugur Tengah. Ia bersama ibunya berkunjung dan berdoa hingga menaburkan bunga di makam alharhum ayahnya yang meninggal September 2022.

"Iya lagi ziarah ke makam bapak. Ini tahun kedua puasa tanpa almarhum. Jadi sebelum puasa ngunjungin makam bapak dulu, kirim doa," kata Reza.

2. Pedagang bunga ketiban rezeki Ramadan

Jelang Ramadan, Tradisi Ziarah Makam Ramai di Kota Cimahi(Bangkit Rizki/IDN Times)

Adanya tradisi ziarah atau nyekar jelang bulan puasa ini dimanfaatkan warga untuk mengais rezeki. Seperti menjadi pedagang bunga dadakan yang dilakukan Neng Jupe (37). Ia mengaku setiap momen sebelum puasa atau lebaran kerap berjualan bunga di sekitar pemakaman.

"Memang setiap ada momen mau puasa atau lebaran selalu jualan bunga di sini. Jadi gak setiap hari," ucap Neng Jupe.

Dia mengatakan, TPU Embah Nurkarim mulai ramai dikunjungi peziarah sejak pekan lalu. Namun mendeekati bulan Ramadan yang hanya tinggal menghitung hari ini kunjungan semakin meningkat.

"Sekarang ini udah ramai kan mau deket ke puasa. Mulai naik kunjungan yang ziarah itu kemarin dari hari Jumat, hari ini lebih banyak lagi," ujarnya.

3. Pedagang bunga kebanjiran pembeli

Jelang Ramadan, Tradisi Ziarah Makam Ramai di Kota Cimahi(Bangkit Rizki/IDN Times)

Meningkatkan peziarah yang datang ke pemakaman otomatis berdampak terhadap penjualan bunga yang dijajakannya. Dalam sehari Neng Jupe bisa menjual sekitar 100 bungkus dan tangkai lebih bunga untuk ditabur di makam.

Ia menjualnya Rp5.000 per bungkus bunga atau per tangkai bunga. "Kadang ada juga yang nawar Rp10.000 dapat 3 tangkai. Alhamdulillah laris karena kan memang momennya juga lagi ramai yang ziarah. Nanti jualan lagi pas lebaran," katanya.

Baca Juga: Dishub Cimahi Buka Program Mudik Gratis, Simak Syarat dan Jadwalnya

Baca Juga: Raih 5 Kursi DPRD Cimahi, NasDem Berambisi Usung Kadernya di Pilkada

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya