Jalur Mudik di Bandung Barat Diawasi 129 Kamera ATCS

Pergerakan pemudik terpantau dari ruang kontrol

Bandung Barat, IDN Times - Ruas jalur mudik di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat akan diawasi diawasi Automatic Traffic Control System (ATCS). Sistem itu
dioperasikan dari ruangan kontrol di lingkungan Kantor Dinas Perhubungan KBB yang dioperatori belasan personel terlatih.

Seperti diketahui wilayah Bandung Barat mulai Rajamandala dan Cikalongwetan hingga Gadobangkong yang berbatasan dengan Kota Cimahi merupakan jalur arteri yang biasa dilewati pemudik. Khususnya yang menggunakan sepeda motor menuju wilayah timur sepertu Sumedang, Garut, Tasik, Banjar dan sebagainya.

"Kita pasang untuk membantu memonitor jika terjadi kepadatan lalu lintas sehingga akan memudahkan pergerakan personel untuk bersama-sama mengatur atau mengurai kepadatan arus lalu lintas," kata Kepala Dinas Perhubungan KBB Fauzan Azima saat dikonfirmasi, Rabu (3/4/2024).

1. Sebanyak 129 kamera terpasang di 50 titik

Jalur Mudik di Bandung Barat Diawasi 129 Kamera ATCSJalur di Kawasan Padalarang, KBB Terpantau Alami Kemacetan. (Bangkit Rizki/IDN Times)

Fauzan menyebutkan total ada sebanyak 129 kamera yang dipasang di 40 titik ruas jalan arteri serta persimpangan yang tersebar dari mulai wilayah Lembang, Padalarang, Cipatat hingga wilayah selatan seperti Batujajar, Cihampelas, Cililin dan sekitarnya.

ATCS tersebut juga sudah dilengkapi dengan sistem pengeras suara yang bisa menengur atau memberikan peringatan kepada pengemudi yang melanggar. Perlengkapan ATCS itu dibangun dengan anggaran hingga Rp19 miliar.

"Ada 40 titik simpang yang kita monitor dari mulai Lembang Padalarang hingga Selatan. Yang prioritas memang Lembang dan Padalarang untuk monitoring," ujar Fauzan.

2. Pergerakan pemudik diawasi ratusan kamera

Jalur Mudik di Bandung Barat Diawasi 129 Kamera ATCS(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dirinya menjelaskan, pengoperasian ATCS tersebut juga bertujuan untuk pengawasan lalu lintas di Bandung Barat. Khususnya untuk mengawasi arus mudik dan balik 2024 hingga libur panjang usai lebaran yang diawasi 129 kamera CCTV.

"Semua pergerakan kita antisipasi menggunakan salah satunya kamera CCTV.
Jadi kita bisa melakukan perintah ke setiap personel yang ada di lapangan untuk mengurai kemacetan dan dasar pengambilan kebijakan kelalulintasan. Secara umum kita ingin memberikan informasi dan edukasi," kata Fauzan.

3. Jalur Padalarang alami kepadatan

Jalur Mudik di Bandung Barat Diawasi 129 Kamera ATCS(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dirinya melanjutkan hingga Rabu (3/4/2024) atau H-7 Idul Fitri sudah terlihat adanya sedikit kepadatan di jalur Simpang Padalarang. Namun Fauzan menilai hal itu masih wajar karena masih didominasi kendaraan lokal aglomerasi Bandung Raya.

Pihaknya memprediksi pemudik akan mulai memadati jalur di wilayah Bandung Barat dimulai akhir pekan ini. Fauzan berharap para pemudik bisa pulang kampung lebih awal agar arus lalu lintas tidak mengalami penumpukan mendekati lebaran nanti.

"Puncaknya diperkirakan nanti tanggal 6-8 April karena sudah pada libur. Tapi kami harapkan pemudik tidak bergerak bersamaan, jadi bisa menyebar waktu mudiknya," ucap Fauzan.

Baca Juga: Kasus Terus Meningkat, 12 Warga KBB Meninggal Dunia Akibat DBD

Baca Juga: Pastikan Keselamatan, Dishub Kota Cimahi Periksa Bus Mudik Gratis

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya